10 Cara Memotivasi Karyawan dan Dampaknya bagi Perusahaan

August 29, 2023
Category: Business

Melihat suatu perusahaan dari jauh memang terlihat menakjubkan. Apalagi setelah membaca profil para founders-nya, pasti banyak yang merasa terinspirasi. Namun, yang kerap dilewati adalah rumitnya suatu organisasi bekerja. Para pemimpin dan founders pun sadar betul akan hal tersebut karena mereka yakin, tanpa karyawan-karyawan hebat di bawah kepemimpinannya, organisasi tersebut mungkin tidak akan menjadi maju.

Maka dari itu, para pemimpin yang baik pada umumnya akan mencari berbagai cara memotivasi karyawannya. Jika Anda salah satunya, pastikan untuk memberikan motivasi secara tepat, sesuai harapan karyawan, dan juga tulus, seperti berikut ini!

Cara untuk Memotivasi Karyawan

Motivasi bisa datang dari faktor internal. Namun, alangkah baiknya jika Anda merupakan pemicu rasa giat para karyawan atau bahkan menjadi alasan mereka untuk bekerja. Sebab, tidak jarang ada karyawan yang betah di satu organisasi meski mendapatkan penawaran menjanjikan dari perusahaan lain karena sosok mentor yang dimilikinya di perusahaannya saat ini.

Sebenarnya, situasi seperti ini menunjukkan betapa pentingnya kepemimpinan dan hubungan kerja yang baik. Nah, sebagai pemimpin yang berkualitas, ikuti cara memotivasi karyawan berikut ini!

1. Jadilah Transparan

Cara yang satu ini kerap menjadi bahan perbincangan ketika membahas seputar gaya kepemimpinan dan produktivitas tim. Pasalnya, menjadi transparan membawa dampak yang baik bila dilakukan secara tepat, seperti meningkatkan rasa kepercayaan karyawan, membuka jalur komunikasi, serta memunculkan rasa lebih dihargai.

2. Hargai Pencapaian Individu dan Tim

Pernah mendengar sistem reward dari hormon dopamin? Sistem ini menggambarkan bagaimana hormon kebahagiaan muncul setelah kerja keras dan memperoleh hasil yang bisa dibanggakan. Sebagai pemimpin, pastikan untuk mendorong mereka untuk berbangga atas suatu pencapaian, sehingga pencapaian-pencapaian berikutnya akan muncul sendirinya.

3. Minta Feedback dari Setiap Orang

Meski dianugerahi jabatan tinggi, seorang pemimpin tidak luput dari kesempatan untuk belajar. Sayangnya, banyak yang mengira kalau ilmu atau masukan hanya boleh diperoleh dari atasan. Maka dari itu, pastikan anggota tim Anda berani untuk mengutarakan saran konstruktif secara terbuka. Hal ini juga merupakan salah satu upaya agar Anda terus memperbaiki diri untuk menjadi pemimpin yang baik

4. Pimpin Menuju Kemajuan

A sense of purpose atau rasa memiliki tujuan akan memberikan motivasi bagi individu. Sebagai pemimpin, tawarkan jalan yang jelas yang bisa karyawan lewati agar bisa berkembang, misalnya naik jabatan atau melatih keterampilan baru. Jadikan kemajuan mereka sebagai salah satu misi utama Anda.

5. Tunjukkan Rasa Berterima Kasih

Ungkapan terima kasih memang baik. Tapi, pastikan rasa bersyukur atas bantuan karyawan tidak hanya ditunjukkan lewat kata-kata setelah bantuan diperoleh. Tunjukkan kepada mereka lewat gestur-gestur, seperti penghargaan untuk karyawan terbaik pada hal-hal tertentu atau hadiah atas kerja keras signifikan yang karyawan berikan.

6. Menerapkan Sistem Kerja yang Fleksibel

Setelah mencoba working from home kemarin, banyak karyawan yang sadar bahwa urusan pribadi mereka juga tidak kenal waktu. Daripada menyuruh mereka ambil cuti untuk keperluan yang sebetulnya hanya memakan beberapa jam, Anda bisa mempertimbangkan jadwal dan sistem kerja yang fleksibel bagi karyawan.

7. Tawarkan Work-Life Balance

Keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan sangat sulit diraih. Tetapi, Anda masih tetap bisa melakukan berbagai upaya agar karyawan tidak merasa terpaksa untuk menelantarkan kehidupan pribadi mereka.

8. Bangun Kepercayaan dan Otonomi

Hubungan baik jenis apa pun sudah sepatutnya terdapat rasa saling percaya sebagai pondasinya. Percayakan tanggung jawab tertentu kepada karyawan. Dengan begitu, mereka akan merasa kemampuan yang mereka miliki dihargai.

9. Beri Kesempatan untuk Memimpin

Seorang pemimpin yang baik akan menghasilkan pemimpin yang baik juga. Pastikan untuk melakukannya dengan cara yang nyata selain menginspirasi mereka. Berikan karyawan ruang untuk memimpin suatu proyek atau melakukan presentasi.

10. Jadi Pengaruh Positif di Lingkungan Kerja

Hindari menjadi pemimpin yang toksik, arogan, dan agresif. Sebaliknya, jadilah pemimpin yang karyawan tidak ragu jika harus berinteraksi. Pastikan untuk tetap rendah hati, adil, berperilaku baik dan ramah, serta interaktif. Pasalnya, kehadiran pemimpin merupakan faktor besar baik buruknya suatu budaya kerja di suatu organisasi.

Tips untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

Selain melakukan cara memotivasi karyawan, tips tertentu juga bisa Anda masukkan di segala upaya Anda. Sebagai referensi, berikut tips dari kami.

Pimpin dengan Visi dan Libatkan Karyawan

Secara umum, karyawan ingin memahami mengapa mereka melakukan sesuatu. Bantu mereka mengintip visi yang Anda miliki dan upayakan untuk memiliki persepsi yang sama agar target dapat tercapai.

Hindari Memberi Tugas Tanpa Target

Seperti yang disebutkan sebelumnya, karyawan ingin bekerja ketika mereka memiliki tujuan. Dengan begitu, mereka bisa tahu bagaimana caranya untuk memenuhi ekspektasi atau melebihi ekspektasi Anda.

Jangan Sembarangan Memberikan Pengakuan

Recognition atau pengakuan bisa mendukung motivasi karyawan. Namun, jika Anda memberikannya cuma-cuma dan secara sembarangan, pengakuan dari Anda mungkin tidak akan memiliki dampak yang sama di kemudian hari. Tuanglah waktu untuk mengenali karyawan dan berikan pengakuan serta pujian pada mereka yang benar-benar bekerja keras. Terkadang, karyawan-karyawan tersebut sering “tersembunyi” karena suka bekerja diam-diam.

Berikan Waktu Khusus untuk Berdiskusi

Kemampuan memberikan kompensasi berbeda-beda, tergantung seberapa tinggi jabatan Anda. Namun, satu yang semua pemimpin bisa berikan adalah waktu mereka. Karyawan sering kali memiliki pertanyaan, namun tidak ada kesempatan. Dengan meluangkan waktu untuk one-on-one meeting, Anda bisa membantu mereka dan juga melakukan mentoring. Selain itu, sesi one-one-one juga menjadi kesempatan bagi Anda menyampaikan performance review atas kinerja karyawan tersebut. 

Dukung Kolaborasi

Bekerja sendiri tentu akan membosankan. Maka dari itu, sebisa mungkin, dukunglah kolaborasi dengan menugaskan suatu individu dengan individu lainnya yang menurut Anda dapat memberikan manfaat positif untuk satu sama lain.

Manfaat Memiliki Karyawan yang Termotivasi

Setelah membaca tips dan cara memotivasi karyawan, Anda perlu mengetahui manfaatnya jika segala upaya tadi dilakukan. Pada dasarnya, motivasi yang tinggi akan memicu karyawan yang produktif. Di dalam produktivitas tersebut, kemungkinan munculnya inovasi jadi semakin banyak. Nah, inovasi pun akan membangun motivasi, sehingga pola baik ini akan berulang terus menerus.

Namun, bukan hanya itu saja, organisasi Anda pun akan merasakan dampaknya. Pasalnya, karyawan yang termotivasi, produktif, dan terus membuat inovasi akan membuat organisasi lebih kuat. Selain karena karyawan tersebut sudah membangun reputasi pribadi, kinerjanya pun akan tercermin pada tim dan organisasi. Alhasil, proses rekrutmen akan semakin mudah dan turnover karyawan juga makin rendah.

Dapatkan Tips & Trik Ampuh Memotivasi Karyawan Anda di Program Human Capital by UGM!

Meski dengan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya, Anda belum tentu berhasil memotivasi karyawan Anda untuk bekerja lebih giat demi memenuhi target perusahaan. Ada beberapa cara dan tips yang Anda perlukan demi bisa memovitasi tim Anda dengan tepat.

Maka dari itu, Kuncie bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada untuk menyediakan Program Executive Human Capital! 

Melalui program ini, Anda akan memperoleh kemampuan untuk menyusun strategi yang tepat untuk memotivasi karyawan Anda. Selain agar mereka bisa giat bekerja, mereka pun akan merasa diapresiasi oleh Anda/pemimpin mereka dan perusahaan!

Program Kuncie Executive Human Capital by UGM merupakan serangkaian kelas yang disusun dengan materi komprehensif berisi dasar, strategi, hingga tips memaksimalkan Human Capital dan Human Resource Management yang aplikatif. 

Ayo ambil langkah untuk menjadi tim Human Resource atau pemimpin yang inovatif bersama Kuncie Executive Human Capital by UGM!

Referensi:

https://www.perkbox.com/uk/resources/blog/why-employee-motivation-is-important-and-how-to-improve-measure-and-maintain-it https://www.indeed.com/perusahaan/c/info/how-to-motivate-your-employees https://squareup.com/gb/en/townsquare/how-to-motivate-your-employees 

Artikel Terkait

Komentar