Memahami Arti, Manfaat, dan Cara Menggunakan Framework Porter’s Five Forces

October 15, 2023
Category: Business

Seperti peribahasa “ada banyak jalan menuju Roma”, ada banyak cara dan pilihan langkah yang bisa diambil ketika ingin mulai merintis suatu bisnis. Seiring berjalannya bisnis anda, pesaing akan perlahan tapi pasti bermunculan. Sebagai pebisnis yang cerdas, tentunya Anda tidak akan tinggal diam.

Mengenali pesaing-pesaing Anda dan bagaimana produk, layanan, dan strategi marketing mereka berdampak kepada bisnis yang Anda miliki adalah aspek yang penting agar bisnis Anda bisa bertahan dan menang. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui profil kompetitor agar bisnis Anda bisa sukses.

Salah satu cara untuk dapat memenangkan kompetisi bisnis adalah dengan meningkatkan kemampuan di bidang bisnis. Hal ini bisa didapatkan dengan mengikuti kelas bisnis intensif atau mempelajari beberapa metode-metode dalam berbisnis. 

Salah satu metode yang bisa Anda gunakan untuk memahami kompetitor adalah Porter’s Five Forces. Untuk memahaminya lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini!

Definisi Porter’s Five Forces

Model Porter’s Five Forces pertama kali dikembangkan oleh Michael E. Porter dari Harvard Business School di tahun 1979. Model ini menganalisis lima faktor penting yang menentukan apakah suatu bisnis bisa untung, dilihat dari hubungannya dengan bisnis lain di industri yang sama. Penggunaan Porter’s Five Forces bersamaan dengan analisis SWOT dapat membantu Anda memahami posisi bisnis/perusahaan Anda di lanskap bisnis.

Berbeda dengan analisis SWOT yang merupakan alat analisis mikro dan berfokus pada data dan analisis perusahaan tertentu, Porter’s Five Forces adalah alat analisis makro yang melihat ekonomi suatu industri secara keseluruhan. Analisis Porter’s Five Forces kerap digunakan untuk mengukur intensitas, menarik atau tidaknya, dan keuntungan suatu industri atau pasar.

“Memahami kekuatan kompetisi dan motivasi mereka akan menguak akar keuntungan suatu industri, sekaligus menyediakan framework untuk mengantisipasi dan mempengaruhi kompetitor (dan keuntungan) seiring berjalannya waktu. Industri yang sehat seharusnya memperhatikan kompetitor secara strategis dan tak hanya fokus pada posisi perusahaannya sendiri,” tulis Porter di suatu artikel Harvard Business Review. 

Memahami Porter’s Five Forces

Seperti yang sudah diulas, ada lima kekuatan atau faktor dalam Porter’s Five Forces. Kelima faktor ini memegang peran besar dalam membentuk pasar dalam berbagai industri di dunia. Perlu diingat, Porter’s Five Forces dapat membantu meningkatkan keuntungan perusahaan, namun perusahaan wajib memantau tiap perubahan yang terjadi dan menyesuaikan strategi bisnis mereka berdasarkan perubahan tersebut.

Kelima kekuatan tersebut adalah:

Kompetisi di Industri yang Sama

Aspek kekuatan ini mengacu kepada jumlah kompetitor dan kemampuan mereka untuk mengambil alih pasar dengan harga yang lebih murah. Makin banyak kompetitor, ditambah dengan banyaknya layanan/produk yang ditawarkan, makin kecil kekuatannya. Ketika perusahaan memiliki sedikit kompetitor, mereka bisa mematok harga lebih tinggi dan memasang target penjualan lebih besar dengan lebih mudah.

Potensi Adanya Pesaing Baru

Makin sedikit waktu yang dibutuhkan bagi pesaing baru untuk masuk ke pasar dan menjadi kompetitor yang efektif, posisi perusahaan Anda bisa melemah dengan cepat.  Perusahaan yang memiliki batasan bisnis lebih jelas dan layanan/produk lebih spesifik akan bisa mematok harga lebih tinggi dan menegosiasikan kebijakan yang lebih baik.

Supplier/Pemasok bahan baku

Tanpa disadari, pemasok memegang peran sangat besar dalam perkembangan bisnis dan efektivitas penjualan. Hal ini berdampak pada jumlah pemasok utama untuk produk/layanan, sejarang apa bahan baku tersebut, dan berapa biaya yang harus ditanggung perusahaan ketika harus ganti pemasok. Apabila bahan baku jarang ditemukan, pemasok bisa dengan mudah menaikkan harga. Namun, jika ada banyak pesaing dan biaya ganti pemasok rendah, perusahaan dapat menjaga harga barang baku dan meningkatkan keuntungan. 

Kekuatan Konsumen

Kemampuan konsumen untuk menurunkan harga dipengaruhi oleh berapa banyak konsumen yang dimiliki, berapa pentingnya tiap konsumen tersebut, dan berapa biaya yang dibutuhkan suatu perusahaan untuk mencari dan mendapatkan konsumen baru. Makin kecil basis klien/konsumen Anda, makin besar kekuatan mereka. 

Ancaman Produk/Layanan Pengganti

Perusahaan yang menyediakan produk/layanan dengan minimal opsi pengganti akan lebih banyak dicari, sehingga memiliki posisi yang lebih kuat di pasar.

Fungsi Porter’s Five Forces

Seperti yang telah diulas di atas, Porter’s Five Forces berguna untuk menganalisis profil pesaing agar Anda bisa membuat strategi bisnis yang lebih holistik. Namun, untuk lebih memahami manfaat dari Porter’s Five Forces, simak poin-poin berikut ini:

  • Memahami skena persaingan di suatu industri
  • Mengidentifikasi posisi bisnis/perusahaan di industri tertentu
  • Mengidentifikasi potensi ancaman dan peluang yang perlu diantisipasi
  • Membuat strategi untuk membuat posisi perusahaan lebih unggul daripada kompetitor

Cara Menggunakan Porter’s Five Forces

Tiap faktor dari Porter’s Five Forces sudah menggambarkan langkah yang perlu anda ambil untuk mulai menganalisis kompetitor anda. Namun, untuk penjelasan lebih lanjut, simak di bawah ini.

  1. Cari tahu siapa saja kompetitor Anda, baik yang sudah ada maupun yang akan menjadi kompetitor
  2. Evaluasi kondisi bisnis Anda (Investasi, lingkungan bisnis, proses bisnis, hak paten, dan peraturan pemerintah yang berkaitan dengan bisnis anda)
  3. Evaluasi kondisi bisnis kompetitor Anda
  4. Identifikasi daya tawar pemasok anda untuk mempertimbangkan harga, kualitas, dan kondisi pasar untuk bahan baku produk/layanan Anda
  5. Pertimbangkan daya tawar dan loyalitas konsumen anda kepada produk/layanan anda
  6. Mengevaluasi kondisi pasar dan potensi adanya pengganti untuk produk/layanan yang Anda sediakan

Contoh Porter’s Five Forces 

Salah satu contoh penggunaan Porter’s Five Forces adalah yang dilakukan oleh firma analisis saham, Trefis, terhadap Under Armour yang berada di industri pakaian dan sepatu olahraga.

Pesaing kompetitif

Under Armour memiliki kompetitor seperti Nike, Adidas, dan merek-merek baru di industri yang sama. Nik dan Adidas sama-sama memiliki sumber daya yang besar untuk memasuki pasar milik Under Armor.

Ancaman pesaing baru

Under Armour membutuhkan biaya besar untuk branding, iklan, dan memenuhi permintaan produk. Hal ini membatasi ruang gerak pesaing baru. Namun, pesaing lama di sektor industri yang sama bisa mengambil alih pasar ini di masa depan.

Daya tawar supplier

Under Armour memiliki keunggulan di aspek ini karena produknya diproduksi dan disuplai oleh berbagai negara.

Daya tawar konsumen

Pelanggan Under Armour termasuk pembeli grosir dan konsumen akhir. Pembeli grosir memiliki potensi untuk mencari merek lain untuk meningkatkan margin keuntungan, sedangkan konsumen akhir menyukai merek Under Armour sehingga cenderung lebih setia.

Ancaman produk pengganti

Pasar pakaian olahraga yang fokus pada performa ditargetkan akan terus tumbuh, sehingga Under Armour tidak akan kehilangan ruang pasarnya.

Pelajari Cara Memanfaatkan Porter’s Five Forces dengan Efektif di Program MINI MBA Kuncie Certified by SBM ITB!

Memahami kompetitor Anda secara keseluruhan membutuhkan waktu yang lama, terutama melihat betapa dinamisnya pergerakan pasar saat ini. Namun, dengan Program Mini MBA, Anda pun bisa menjadi pebisnis andal dengan pengetahuan mendalam tentang pasar dan kompetitor anda!

Program Mini MBA, hasil kerja sama Kuncie dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, adalah program online fast-track untuk mempelajari manajemen bisnis dengan lebih dalam dan berfokus pada pengembangan bisnis. Program ini merupakan program non-degree dengan materi kelas Master Business Administration (MBA) yang dipadatkan.

Pada program ini, anda akan mendapatkan pengetahuan lengkap seputar cara mengelola bisnis, termasuk cara menganalisis profil para pesaing bisnis anda!

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo daftarkan diri Anda untuk mengikuti Program Mini MBA Kuncie Certified by SBM ITB!

Referensi:

https://www.investopedia.com/terms/p/porter.asp https://binus.ac.id/malang/2020/08/porters-five-forces-lima-hal-sebelum-bersaing/ https://www.mindtools.com/at7k8my/porter-s-five-forces https://www.businessnewsdaily.com/5446-porters-five-forces.html https://lib.ui.ac.id/file?file=digital/129565-T%2024796-Analisis%20potensi-Metodologi.pdf  https://samahitawirotama.com/porters-five-forces5-faktor-yang-mempengaruhi-posisi-bisnis-anda 

Artikel Terkait

Komentar