Memanfaatkan Premis Mayor dan Premis Minor dalam Pembuatan Kerangka Cerita

October 11, 2023
Category: Creative

Ada banyak metode yang bisa diterapkan dalam menulis cerita. Ada penulis yang langsung menuangkan isi kepalanya dalam bentuk prosa. Ada pula penulis yang bekerja secara sistematis, memulai dengan mencari tema, membuat kerangka cerita, hingga akhirnya menulis cerita berdasarkan kerangka tersebut. Salah satu aspek menulis yang sangat bermanfaat untuk penulisan cerita secara sistematis adalah penggunaan premis. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), premis sebagai kata nomina memiliki arapa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan; dasar pemikiran; alasan. Konsep premis sendiri muncul pertama kali di bidang ilmu matematika, sebagai bentuk validasi atau landasan pemikiran logika matematika.

Dalam konteks pembuatan cerita atau sastra, premis adalah suatu atau beberapa kalimat pernyataan yang menggambarkan permasalahan dalam alur cerita. Secara singkat, premis adalah basis atau landasan pemikiran dari suatu cerita.

Premis akan selalu ada dalam suatu narasi atau teks, baik fiksi maupun nonfiksi. Pada teks nonfiksi, premis kerap digunakan di akhir teks sebagai kesimpulan. Sedangkan pada teks fiksi, premis akan muncul atau terlihat di sepanjang narasi cerita.

Bagi Anda yang sedang atau ingin menulis cerita, premis bisa dimanfaatkan untuk membuat kerangka cerita yang kuat. Untuk memahami lebih lanjut peran dari premis dalam suatu cerita, simak penjelasan di bawah ini!

Pengenalan Premis Mayor dan Minor

Seperti yang sudah diulas di atas, premis adalah pernyataan yang menggambarkan alur cerita atau landasan pemikiran dari suatu cerita. Di sastra, ada dua jenis premis, yaitu premis mayor dan premis minor.

Premis mayor adalah hasil pemikiran utama dari suatu cerita atau garis besar dari alur cerita yang disampaikan. Biasanya hasil dari premis mayor dijadikan grand theory, dengan term predikat (P) dan berupa kelas (M).

Premis minor adalah keterangan turunan dari premis mayor. Premis minor juga bisa dalam bentuk pernyataan khusus yang tidak umum seputar cerita. Premis minor biasa disebut sebagai middle range theory, mengandung term subyek (S) dan berupa anggota kelas (M).

Peran Premis dalam Cerita

Premis memiliki peran yang sangat besar dalam membangun dunia, karakter, dan penggambarannya dalam suatu cerita. Bagi seorang penulis, premis berguna sebagai langkah pertama dalam mewujudkan suatu ide. 

Premis adalah dasar dari semua tulisan dan sesuatu yang dapat dilihat kembali oleh penulis ketika ingin mengembangkan karya tulisnya. Maka dari itu, premis biasa 

Contoh, ketika Anda sedang buntu ketika menulis suatu novel, Anda bisa mengacu kembali ke premis yang sudah dibuat untuk menambahkan konflik atau situasi baru ke dalam cerita.

Contoh Penggunaan Premis Mayor dan Minor dalam Struktur Cerita

Meski premis mayor dan minor sangat berguna ketika membuat kerangka di tahap awal penulisan cerita, pembaca pun bisa menyimpulkan premis mayor dan minor untuk mempermudah proses membaca cerita.

Apabila cerita yang ditulis dibuat berdasarkan premis yang kuat, semua aspek dari cerita yang ditulis akan menunjukkan kesimpulan atau premis cerita yang sama, baik premis mayor maupun minornya.

Salah satu contoh penggunaan premis mayor dan minor yang kuat adalah pada novel Tenggelamnya Kapal Van der Wijck karya Buya Hamka atau Abdul Malik Karim Amrullah. Pertama-tama, mari kita lihat sinopsisnya di bawah ini:

Seorang pemuda yatim piatu kembali ke kampung halaman ayahnya di Minangkabau dan berjumpa seorang gadis cantik yang segera membuat ia jatuh cinta dan berniat menikahinya, namun karena adat budaya dan harta, keinginannya tidak tercapai. Pemuda itu hampir putus sebelum akhirnya bangkit dan berjuang menjadi seorang penulis terkenal.

Setelah melihat sinopsis tersebut, kita bisa mengidentifikasi premis mayor dan minornya:

  • Premis Mayor:

Pemuda yatim piatu yang kembali ke kampung halaman ayahnya di Minangkabau dan berjuang untuk menjadi seorang penulis terkenal.

  • Premis Minor:
    • Pemuda tersebut jatuh cinta pada seorang gadis cantik dari kampung tersebut.
    • Pertimbangan adat budaya dan harta yang menghalangi pernikahan mereka.
    • Perjuangan dan tantangan yang dihadapi pemuda untuk mencapai impiannya menjadi seorang penulis terkenal.

Dari sini kita bisa lihat bahwa premis mayor adalah inti dari cerita, yaitu perjalanan pemuda yatim piatu yang kembali ke kampung halaman dan berjuang untuk meraih kesuksesan sebagai seorang penulis. Premis minor adalah elemen-elemen yang mendukung premis mayor, seperti kisah cinta pemuda dan perjuangannya melawan hambatan budaya dan harta untuk mencapai tujuannya.

Manfaatkan Premis Mayor dan Minor dalam Cerita dengan Mengikuti Kelas Kaizen Writing!

Seperti yang sudah dibahas di atas, penggunaan premis mayor dan minor dapat membantu Anda menyusun cerita yang lebih kuat, dengan elemen-elemen tambahan yang memperkaya kisah Anda. Tak hanya itu, keberadaan premis mayor dan minor juga dapat membantu Anda membangun karakter yang lebih tiga dimensi dan tidak terkesan dangkal.

Bagi Anda yang tertarik untuk melatih penggunaan premis mayor dan minor dalam menyusun cerita, Kuncie punya Kelas Kaizen Writing bersama Dee Lestari! 

Kaizen Writing adalah kelas di mana Anda akan diajarkan metode penulisan dengan cara perbaikan kecil yang dilakukan secara berkesinambungan. Metode menulis ini adalah prinsip yang dijalani, diyakini, dan diterapkan oleh Dee Lestari dalam menulis. Bersama Kuncie, Dee Lestari membuka kelas penulisan dengan metode penulisan Kaizen Writing yang terbukti efektif dan kerap ia terapkan dalam menulis. 

Di kelas ini, Dee Lestari akan menunjukkan tahap-tahap yang ia lakukan ketika menulis, hal apa saja yang perlu dicermati ketika berproses, dan berbagai perbaikan yang bisa diterapkan agar kemampuan menulis Anda terus bertumbuh. Rangkaian kelas ini terdiri dari dari live-in class dan diskusi langsung bersama Dee Lestari sebagai mentor.

Kelas ini akan berjalan selama 1 minggu dan terbuka bagi siapapun, dengan level kemampuan menulis apapun. Jadi, jangan ragu mengambil langkah untuk mengasah kemampuan menulis Anda bersama salah satu penulis terbaik Indonesia!

Yuk daftarkan diri untuk ikut Kelas Kaizen Writing bersama Dee Lestari sekarang!

Referensi:

https://literaryterms.net/premise/  https://penulisgunung.id/2022/06/09/premis-novel/#1_Pengertian_Premis_Novel  https://www.urbanasia.com/edu/premis-definisi-jenis-fungsi-dan-contoh-penerapannya-U68923 

Artikel Terkait

Komentar