5 Contoh Penggunaan Artificial Intelligence dalam Bisnis

October 2, 2023
Category: Tech

Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan menjadi topik diskusi yang hangat akhir-akhir ini. Tak terkecuali di dunia bisnis dan berbagai sektor industrinya.

Secara sekilas, AI terkesan dapat menggantikan sumber daya manusia yang selama ini menjadi elemen penting dalam berbagai industri. Namun, tentunya ini tidak benar. Meski memiliki banyak manfaat, hingga saat ini AI belum bisa menggantikan manusia

Tapi, tak bisa dipungkiri, keberadaan AI membawa banyak manfaat bagi bisnis. Manfaat penggunaan Artificial Intelligence di dunia bisnis adalah:

  • Meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga kerja
  • Menghemat biaya (cost)
  • Meningkatkan kualitas pelayanan konsumen
  • Mempermudah pekerjaan sehari-hari 

Jika dibandingkan dengan pekerjaan manual, pemanfaatan AI untuk pekerjaan sehari-hari jauh lebih efisien. Maka dari itu, ini saatnya Anda memanfaatkan AI untuk pekerjaan sehari-hari!

Untuk memudahkan penyusunan strategi penggunaan Artificial Intelligence pada bisnis Anda, simak berbagai contoh pemanfaatan AI di berbagai industri berikut ini!

1. AI untuk Customer Service

Salah satu bidang yang sudah memanfaatkan AI sejak lama adalah bidang customer service. Bidang ini adalah salah satu bidang pekerjaan paling menantang karena kerap menghadapi pelanggan yang komplain atau protes mengenai produk/layanan yang Anda sediakan. 

Namun, bidang ini juga merupakan salah satu cara Anda dapat merawat relasi dengan konsumen produk Anda. Di situ lah salah satu manfaat AI.

Beberapa manfaat AI di bidang customer service adalah:

  • Waktu respon yang lebih cepat
  • Efektivitas yang lebih tinggi
  • Dapat dicapai 24 jam sehari, 7 hari seminggu
  • Dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa
  • Dapat menyimpan informasi dan data konsumen secara otomatis untuk dokumentasi keluhan/survei
  • Mengurangi burnout atau stres yang dapat dialami staf customer service di perusahaan

Melihat berbagai manfaat tersebut baik untuk perusahaan maupun untuk pelanggan Anda, penggunaan AI menjadi sangat penting bagi perusahaan Anda.

Ada banyak cara memanfaatkan AI untuk bidang customer service. Beberapa di antaranya adalah:

  • Men-generate balasan yang sesuai dengan konteks masalah yang dihadapi pelanggan
  • Chatbot, di mana pelanggan bisa mendapatkan balasan langsung selama 24/7, sehingga response time bisa berkurang
  • Analisis sentimen, di mana AI bisa menganalisis intonasi, konteks, atau kata yang digunakan pelanggan untuk melihat apakah responnya positif, negatif, atau netral, sebagai bahan perbaikan perusahaan di kemudian hari
  • Analisis prediktif, di mana AI bisa mengantisipasi kebutuhan pelanggan melalui data transaksi, pola perilaku, maupun informasi lainnya yang diberikan oleh pelanggan
  • Sistem rekomendasi, di mana AI bisa menganalisis pola perilaku pengguna dan merekomendasikan produk/layanan lain yang cocok dengannya
  • Self-service, di mana AI menjadi semacam personal assistant untuk pengguna yang mencari produk/layanan atau solusi untuk masalah yang sedang dialaminya
  • Intelligent routing, di mana AI bisa menyalurkan komplain yang diberikan pengguna kepada departemen/tim yang relevan

2. Pengoptimalam Supply Chain dengan AI

Artificial Intelligence juga mulai digunakan untuk optimasi proses rantai suplai produk atau logistik. Meski logistik dan supply chain adalah bidang yang sangat bergantung pada hard goods, AI dapat mengoptimalkan sistem dan proses pengambilan keputusan dalam rantai suplai.

Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan AI dalam rantai suplai:

  • Meningkatkan visibilitas pergerakan produk
  • Meningkatkan efisiensi pengambilan keputusan 
  • Mempersiapkan risk management atau manajemen risiko
  • Membuat analisis prediksi untuk kebutuhan suplai dan proses pengirimannya
  • Meningkatkan efisiensi proses dan biaya

Beberapa contoh penggunaan AI dalam rantai suplai adalah:

  • Mempersingkat rantai suplai dengan bantuan machine learning
  • Otomasi proses menggunakan robotika AI
  • Analisis tren untuk melihat kebutuhan suplai barang menggunakan AI
  • Analisis proses produksi untuk mengefisienkan proses dan penggunaan bahan baku
  • Sistem traceability untuk melihat rekam jejak produk yang dikirimkan

3. Prediksi dan Analisis Data Menggunakan AI

Salah satu bahan yang dibutuhkan oleh AI agar dapat menghasilkan informasi, tulisan, angka, bahkan gambar adalah data. Dalam konteks ini, data dapat dipergunakan ke dalam wawasan bisnis yang relevan sehingga AI bisa memberikan output sesuai yang diharapkan.

Namun di luar itu, AI pun dapat membantu Anda membuat prediksi dan analisis data berdasarkan informasi yang telah diberikan. Maka dari itu, AI cocok untuk dimanfaatkan ketika Anda butuh mengolah dan mengambil keputusan berdasarkan sejumlah data yang relevan.

Biasanya di bidang analisis data, AI digunakan untuk membersihkan, menginspeksi, dan membuat model berdasarkan data yang ada. Jadi, alih-alih menyerahkan pekerjaan tersebut ke manusia, Anda bisa memanfaatkan AI untuk mengerjakan pekerjaan yang monoton dan repetitif, dan memberikan pekerjaan lain yang lebih signifikan ke manusia.

4. AI dalam Digital Marketing

Di bidang digital marketing, AI dimanfaatkan untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas strategi, proses, dan kampanye penjualan yang dijalankan. Perlu diingat bahwa meski AI pada zaman kini sudah canggih, sebaiknya AI digunakan untuk menyempurnakan, bukan membuat dari nol. 

Hal ini karena digital marketing merupakan bidang yang tetap membutuhkan sentuhan manusia agar target pembeli, yang merupakan manusia juga, lebih tertarik untuk bertransaksi.

Beberapa contoh pemanfaatan AI dalam digital marketing adalah:

  • Analisis bahasa dan visual
  • Analisis penggunaan kata/SEO yang tepat untuk menarget segmen konsumen tertentu
  • Meningkatkan kualitas tulisan dan gambar yang digunakan untuk promosi
  • Menganalisis target konsumen dengan tepat sehingga mendapatkan data/insight yang tepat untuk penjualan

5. Keamanan Bisnis dan AI

Keamanan bisnis Anda tidak bisa dijaga dengan cara tradisional lagi. Meski penjagaan tradisional menggunakan satpam masih dibutuhkan, sisi digital dari bisnis Anda juga wajib dilindungi

Baik secara fisik maupun digital, AI dapat membantu Anda menjaga keamanan bisnis yang Anda jalani. Hal ini karena AI dapat membantu Anda melindungi secara langsung menggunakan perangkat IoT (Internet of Things) dan secara digital, melalui algoritma pelindung data yang kuat.

Dapatkan Strategi Penggunaan Artificial Intelligence untuk Bisnis Anda bersama Kuncie!

Adanya Artificial Intelligence di masa kini tidak seharusnya menjadi suatu ketakutan besar bagi para golongan kerja, namun sebuah kesempatan yang perlu diraih dan dimanfaatkan. 

Agar Anda bisa mengejar ketertinggalan dan melesat jadi yang terdepan di bidang AI, Kuncie punya jawabannya! Yuk ikuti Program AI for Business Acceleration dari Kuncie dan SBM ITB!

Di rangkaian kelas ini, Anda akan mendapatkan ilmu fundamental cara penerapan AI dalam bisnis untuk menghasilkan output terbaik. Anda akan belajar AI untuk pemula, menganalisis potensi AI untuk optimalisasi bisnis, hingga proses dan strategi efektif mengimplementasikan AI untuk membuat inovasi bagi pertumbuhan bisnis perusahaan.

Ayo ikuti Program AI for Business Acceleration dari SBM ITB dan Kuncie dan optimalkan penggunaan AI untuk bisnis Anda!

Referensi:

https://terralogiq.com/penerapan-artificial-intelligence/ https://www.linkedin.com/pulse/role-ai-modern-business-opportunities-challenges-zack-roberts/ https://blog.hubspot.com/service/examples-of-ai-in-customer-service  https://www.ibm.com/thought-leadership/institute-business-value/en-us/report/cognitivesupplychain  https://www.ucumberlands.edu/blog/role-ai-supply-chain-optimization  https://www.upwork.com/resources/ai-in-data-analysis  https://www.linkedin.com/pulse/role-artificial-intelligence-digital-marketing-jitendra-bhardwaj/ https://www.linkedin.com/pulse/role-artificial-intelligence-enhancing-cybersecurity-techcorlab/ https://medium.com/@firmanunpam22/peran-artificial-intelligence-dalam-cyber-security-ad4fc17e1b14  

Artikel Terkait

Komentar