Apa Itu Ide Cerita dan Bagaimana Cara Mengembangkannya?

April 2, 2023
Category: Creative

Banyak orang yang mengira bahwa menjadi seorang penulis merupakan hal yang mudah. Tentu saja menulis adalah kegiatan yang menyenangkan bagi mereka yang menyukainya. Namun, untuk menjadi seorang penulis pasti memerlukan pengetahuan dan pengalaman di bidang tersebut.

Kamu punya kegemaran menulis dan ingin mempelajari cara menulis cerita? Nah, kamu bisa memulainya dengan mencari tahu tentang ide cerita dan cara mengembangkannya. Apa yang dimaksud dengan ide cerita itu? Yuk, simak selengkapnya ya!

Apa itu Ide Cerita?

Untuk memahami pengertian dari ide cerita, kamu harus mengenal dulu apa arti dari frasa ide cerita. Ide cerita terdiri dua kata, yaitu “ide” dan “cerita”. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ide merupakan rancangan-rancangan yang tersusun di dalam pikiran, sedangkan cerita adalah tuturan atau karangan tentang suatu hal atau kejadian.

Berdasarkan pengertian masing-masing kata di atas, maka ide cerita dapat didefinisikan sebagai rancangan kejadian ataupun masalah serta penyelesaian suatu karangan yang tersusun di dalam pikiran. Ide cerita juga dapat diartikan sebagai gagasan dasar dari suatu cerita atau karangan.

Ide cerita menjadi dasar yang sangat penting dalam proses penulisan cerita. Semua karangan atau cerita pasti berangkat dari suatu ide yang muncul atau dimiliki oleh penulisnya. Dari situlah, cerita baru bisa mulai ditulis dan dikembangkan menjadi runtutan kejadian atau peristiwa utuh yang menarik bagi pembacanya.

Cara Menentukan Ide Cerita

Setelah mengetahui apa itu ide cerita, kita bisa mulai membahasnya lebih lanjut. Sebuah ide cerita dapat muncul dari mana saja, bahkan dari suatu hal yang tidak terpikiran olehmu sebelumnya. Lantas, bagaimana cara menentukan ide cerita? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk menentukan ide cerita.

1.     Memilih Ide yang Menarik

Sebagai gagasan dasar dari sebuah cerita atau karangan, ide yang menarik menjadi pilihan yang paling baik untuk digunakan. Semakin menarik ide cerita, maka semakin besar pula kemungkinan orang untuk tertarik dan membaca cerita yang kamu tulis.

Kamu harus pandai dalam mengamati target audiensmu untuk bisa mengetahui minat pembaca. Seorang penulis yang bisa menyampaikan ide-ide yang menarik untuk ditulis akan menghasilkan karya yang banyak diminati. Dengan mengamati minat pembaca, kamu bisa menentukan ide cerita yang menyentuh lapisan target pembacamu sehingga karya tulismu bisa dibaca oleh banyak orang.

2.     Memilih Ide dari Isu Terkini

Cara kedua untuk menentukan ide cerita adalah dengan mengangkat isu terkini atau tren yang sedang berjalan. Proses pengamatan atau research sangatlah penting untuk dilakukan seorang penulis dalam menentukan ide cerita.

Mulai perhatikan isu-isu apa saja yang sedang terjadi di sekitar maupun di tempat kamu berada. Topik, isu, atau tren yang sedang hangat diperbincangkan bisa menjadi sumber yang membantumu menentukan ide cerita. Selain menarik, tulisanmu juga bisa menjadi semakin relevan dengan minat pembaca pada waktu yang tepat.

3.     Mencari Ide dari Referensi yang Mudah Ditemukan

Dalam menentukan ide cerita, kamu juga harus memastikan bahwa referensi atau acuan dari cerita tersebut mudah didapatkan. Berbagai jenis cerita tetaplah membutuhkan referensi, termasuk cerita fiksi. Pasalnya, dalam cerita fiksi pun tentunya kamu akan mengangkat atau bertemu dengan suatu hal yang membutuhkan referensi.

Sebagai contoh, kamu ingin menulis cerita fiksi bergenre romantis dengan tokoh yang yang memiliki profesi sebagai dokter. Nah, karakter seorang dokter yang ada di dalam ceritamu ini harus dikembangkan agar sesuai dengan kehidupan nyata. Oleh karena itu, kamu membutuhkan data atau referensi agar bisa menggambarkan tokoh dengan baik. Dengan begitu, ceritamu akan menjadi lebih hidup dan dekat dengan realita.

4.     Sesuaikan ide dengan Genre

Jika kamu tertarik untuk mendalami cerita dengan genre tertentu, kamu juga sebaiknya menyesuaikan ide cerita dengan genre tersebut. Sebagai contoh, kamu ingin menekuni penulisan cerita dengan genre misteri.

Ide cerita bisa tentukan sesuai dengan genre tersebut, agar tidak terlalu melebar dan bisa memperkaya pengalaman penulisan cerita pada genre yang ingin kamu dalami.

5.     Menentukan Ide yang Mudah Dikuasai

Agar proses penulisan lebih mudah dan menarik untukmu, pastikan kamu menentukan ide cerita yang mudah dikuasai. Setiap ide cerita pastinya menuntut penulisnya untuk bisa memahami seluk-beluk dari ide tersebut agar hasil karya menjadi lebih berbobot.

Ide cerita yang kamu kuasai atau mudah untuk dipelajari akan membuat hasil karya tulisanmu menjadi lebih mengalir. Penulis juga tentunya sudah memiliki pemahaman dasar sebelumnya, sehingga proses penulisan bisa lebih mendalam.

Tips Menentukan Ide Cerita

Menentukan ide cerita memang banyak caranya, namun tidak jarang pula seorang penulis mengalami writer’s block atau kehabisan ide untuk menulis cerita. Tapi jangan khawatir, ada beberapa tips dari Kuncie untuk menentukan ide cerita, nih!

1.     Mengamati Kehidupan Masyarakat di Sekitar

Tips yang pertama adalah dengan mengamati kehidupan masyarakat di sekitar. Mulai dari isu yang sedang hangat dibicarakan, sebuah kasus yang menarik, maupun hal kecil yang terjadi di sekitarmu. Berbagai kejadian yang kamu amati bisa menjadi ide cerita yang menarik untuk dikembangkan, lho!

2.     Memberi Sentuhan Personal pada Kisah yang Sudah Ada

Ide cerita memang biasanya berasal dari ide baru. Walaupun begitu, ide cerita baru bisa muncul dari sebuah kisah yang sudah ada. Nah, kamu bisa menggali ide cerita dari sebuah kisah atau cerita yang sudah ada dan menggunakan perspektif personal yang baru.

Tidak ada salahnya untuk menentukan ide cerita yang terinspirasi dari sesuatu. Asal jangan lupa untuk memberikan sentuhan personal dan pintar-pintar mencari hal baru yang bisa diangkat untuk ide cerita tersebut, ya!

3.     Pikirkan Akhir Cerita

Tips yang satu ini mungkin terdengar sedikit unik. Dalam menentukan ide cerita, banyak penulis yang umum memikirkan konflik atau latar belakang dari sebuah cerita terlebih dahulu. Namun, kamu juga bisa menentukan ide cerita dengan memikirkan kira-kira ending atau akhir dari cerita seperti apa yang ingin kamu tulis.

Jika kamu terpikirkan sebuah akhir dari cerita yang menarik, maka kamu bisa menarik garis mundur untuk menentukan ide ceritanya. Tips yang menarik dan patut dicoba, bukan?

4.     Merekam Setiap Kejadian Menarik

Ide cerita memang bisa berasal dari mana saja dan kapan saja, namun terkadang kamu tidak bisa menghabiskan banyak waktu untuk mencari ide. Untuk itu, ada baiknya jika kamu merekam atau mencatat setiap kejadian menarik yang kamu temui.

Walaupun terlihat tidak terlalu penting, kejadian menarik tersebut bisa menjadi sumber dari munculnya inspirasi akan ide cerita, lho! Ketika kamu sudah meluangkan waktu untuk mencari ide cerita, maka kamu bisa mengambil rekaman atau catatan akan kejadian menarik tersebut dan mencari inspirasi ide cerita.

5.     Memilih Tokoh yang Dikenal dengan Baik

Tidak jarang pula sebuah cerita memiliki ide yang berasal dari seorang tokoh. Bukan hanya kejadian, sumber ide cerita juga bisa kamu ambil dari tokoh yang kamu kenal dengan baik.

Mulai dari keluarga, sahabat, rekan kerja, atau siapapun yang memiliki karakter atau perjalanan hidup yang menarik bisa kamu jadikan sebagai inspirasi dari sebuah ide cerita. Biasanya kamu akan lebih mudah untuk menuliskannya karena kamu sudah mengenal baik tokoh tersebut dan mengetahui alur cerita yang ingin kamu tulis.

6.     Sering Membaca dari Berbagai Sumber

Sebagai penulis, kamu juga harus sering-sering memberi ‘makan’ otakmu dengan suatu informasi. Kamu bisa mulai dengan sering membaca buku, naskah film, artikel, majalah, atau sumber manapun. Dengan sering membaca, maka kamu akan mendapatkan paparan yang lebih luas tentang banyak hal yang bisa memunculkan ide cerita baru di otakmu.

7.     Menonton Film atau Acara TV

Selain membaca, kamu juga bisa memperkaya wawasan dan mendapatkan percikan ide dengan menonton film atau acara TV. Kegiatan yang menjadi hiburan ini pasti mengandung suatu cerita, tokoh, atau kejadian yang bisa menjadi inspirasimu dalam menentukan ide cerita.

8.     Segera Catat Jika Terlintas Ide Baru

Jika kamu sedang mencari ide, jangan lupa untuk bersiap membawa catatan atau sesuatu untuk mencatat ide-ide yang terlintas di pikiranmu. Ide cerita bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Oleh karena itu, sebaiknya kamu langsung mencatat ide apapun yang terlintas di pikiranmu, sekecil atau seabstrak apapun itu.

9.     Belajar dari Lingkungan Sekitar

Ide cerita bisa muncul dari hal yang nggak kamu sangka. Mulailah mempelajari lingkungan sekitarmu. Hal sekecil apapun terkadang bisa mengarah kepada ide cerita yang baru & menarik.

Sebagai contoh, kamu melihat kejadian seorang anak kecil yang terjatuh dan ditolong oleh anak lainnya. Mungkin saja sebuah ide cerita tentang persahabatan anak kecil hingga dewasa bisa terbesit di pikiranmu.

10. Jangan Forsir Otak Kamu dan Sesekali Cari Suasana Baru dalam Menulis

Menentukan ide cerita bukanlah proses yang mudah. Ketika kamu sudah merasa tidak ada ide atau buntu, sebaiknya kamu beristirahat dan jangan memforsir otakmu secara terus-menerus. Coba lakukan hal lain agar pikiranmu bisa segar kembali.

Jika kamu merasa bosan dengan lingkunganmu, kamu juga bisa mencari suasana atau lingkungan baru yang bisa kamu kunjungi untuk mencari inspirasi ide cerita.

Belajar Menumbuhkan Ide Menjadi Karya Seni Bercerita Bersama Dee Lestari

Selain mempelajari apa itu ide cerita, cara menentukan, hingga tips untuk mencari ide cerita, seorang penulis juga harus memiliki pengetahuan untuk bisa menumbuhkan ide cerita tersebut menjadi sebuah karya tulis yang menarik. Ilmu dan teknik dalam menulis sangatlah banyak, salah satunya adalah Kaizen, yaitu perbaikan kecil yang dilakukan berkesinambungan a la Dee Lestari.

Jika kamu ingin memulai dari mempelajari tentang Kaizen, kamu bisa mengikuti kelas Kaizen Writing di Kuncie. Pada kelas ini, kamu bisa belajar langsung dari penulis populer di dunia Kesusastraan Indonesia Dee Lestari yang akan berbagi pengalamannya dalam berkarya selama lebih dari 20 tahun.

Referensi:

https://bukunesia.com/ide-cerita/#:~:text=Ide%20cerita%20kemudian%20bisa%20didefinisikan,terbentuknya%20suatu%20cerita%20yang%20utuh.
https://www.idntimes.com/life/inspiration/dian-septi-arthasalina-1/cari-ide-cerita-c1c2?page=all
https://www.idntimes.com/life/education/dahli-anggara/5-tips-buatmu-agar-gak-kehabisan-ide-menulis-di-idn-times-community-c1c2?page=all
https://glints.com/id/lowongan/tips-mencari-ide-menulis/#.ZBKlxnZBxD8

Artikel Terkait

Komentar