Pentingnya Manajerial Skill bagi Seorang Manajer

October 8, 2023
Category: Business

Apakah saat ini sedang menjalani peran sebagai seorang manajer, atau sedang dalam proses peningkatan karier dan akan menjadi manajer? Bila ya, kamu menemukan bacaan yang tepat untukmu. Di artikel kali ini, Kuncie akan membahas secara lengkap informasi terkait manajerial skill yang penting untuk kamu ketahui. Bagi seorang manajer atau eksekutif, manajerial skill bagaikan sebuah pondasi. Pondasi tersebut lah yang akan membantu mereka memenuhi tugas tertentu atau mengelola rekan kerja di dalam perusahaan atau organisasi.

Kebayang kan seberapa penting manajerial skill itu? Yuk langsung kita kupas tuntas pembahasannya di sini!

Apa itu Manajerial Skill?

Mari mulai dengan memahami pengertian dari manajerial skill. Secara umum, manajerial skill didefinisikan sebagai keterampilan yang berhubungan dengan suatu kemampuan untuk memenuhi tugas tertentu. Keterampilan ini adalah hal wajib bagi seorang manajer atau eksekutif.

Selain memimpin, peran penting seorang manajer juga memastikan bahwa semua bagian organisasi berfungsi secara kohesif. Di sinilah manajerial skill mengambil perannya. Seorang manajer dengan manajerial skill yang baik akan mampu menghindari situasi krisis dan segera memecahkan masalah jika terjadi sewaktu-waktu. 

Manajerial skill biasanya melekat pada pribadi tertentu yang secara alamiah memilikinya. Namun, bukan berarti manajerial skill adalah hal yang tidak bisa dipelajari. Seseorang bisa mengembangkan kemampuan ini melalui pembelajaran dan pengalaman sebagai seorang manajer.

Jenis-Jenis Managerial Skill

Jika kamu sudah lebih memahami pengertian dari manajerial skill, sekarang waktunya untuk beralih ke pembahasan mengenai jenis-jenis manajerial skill. Ada 3 jenis dasar manajerial skill:

1. Keterampilan Teknis

Keterampilan teknis berkaitan dengan kemampuan dan pengetahuan terhadap suatu bidang tertentu. Melalui kemampuan teknis yang dimiliki, seorang manajer akan menggunakan berbagai teknik khusus yang telah dipelajari untuk mencapai tujuan.

Keterampilan ini tidak hanya melibatkan kemampuan pengoperasian mesin atau perangkat. Lebih dalam dari itu, kemampuan yang dimaksud adalah kemampuan spesifik seperti skill meningkatkan penjualan, merancang berbagai jenis produk dan layanan, atau memasarkan layanan dan produk.

Pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki manajer harus bisa memandu semua orang yang diawasi dan membantu mereka mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi. 

2. Keterampilan Konseptual

Keterampilan konseptual tercermin dari kemampuan seorang manajer dalam hal pengetahuan dan kemampuan untuk berpikir secara abstrak dan merumuskan ide-ide. Dengan keterampilan ini, seorang manajer akan dapat melihat keseluruhan konsep, menganalisis dan mendiagnosis masalah, serta menemukan solusi kreatif yang tepat. 

Manajer dengan keterampilan konseptual yang baik juga akan secara efektif memprediksi rintangan yang mungkin dihadapi departemennya atau bisnis perusahaan secara keseluruhan.

3. Keterampilan Interpersonal atau Humanis

Keterampilan interpersonal menggambarkan kemampuan seorang manajer untuk berinteraksi, bekerja, atau berhubungan secara efektif dengan orang-orang lain di perusahaan. Keterampilan ini memungkinkan para manajer untuk memanfaatkan potensi sumber daya manusia di perusahaan dan memotivasi anggota timnya untuk bersemangat menghasilkan sesuatu yang lebih baik.

Baca Juga: Pentingnya Kemampuan Analytical Thinking Untuk Perkembangan Karier

Contoh Manajerial Skill 

Untuk dapat mengimplementasikan manajerial skill dengan baik dan menghasilkan kinerja yang efektif dan efisien, ada enam hal penting yang harus dilakukan oleh seorang manajer. Yuk simak penjelasan dari masing-masingnya! 

1. Perencanaan

Perencanaan mengacu pada kemampuan seseorang untuk mengatur serangkaian kegiatan dengan memanfaatkan sumber daya yang dimiliki perusahaan agar tetap sejalan dengan pedoman dan kemampuan perusahaan.

Proses perencanaan melibatkan kegiatan mengidentifikasi dan menetapkan tujuan yang dapat dicapai, mengembangkan strategi yang diperlukan, dan menguraikan tugas serta jadwal agar dapat mencapai tujuan yang ditetapkan.

2. Komunikasi

Komunikasi adalah kunci. Oleh karenanya, keterampilan komunikasi yang baik, bahkan sangat baik, adalah penting untuk seorang manajer untuk memilikinya. Kemampuan komunikasi manajer mempengaruhi kualitas penyebaran informasi dalam suatu tim atau organisasi.

Makin baik komunikasi manajer, makin baik pula kualitas organisasinya. Hal ini dikarenakan berkat komunikasi lah prosedur dapat diikuti, tugas dan aktivitas dapat diselesaikan, dan hubungan baik sesama karyawan dapat diciptakan.

3. Pengambilan Keputusan

Hal yang tidak kalah penting bagi seorang manajer adalah kemampuannya dalam mengambil keputusan. Keberhasilan perusahaan atau organisasi sangat bergantung pada keputusan-keputusan yang diambil oleh orang-orang di dalamnya. Terutama orang-orang pada level manajerial.

Agar organisasi berjalan efektif dan lancar, keputusan yang jelas dan tepat harus dibuat. Seorang manajer harus dapat mempertanggungjawabkan setiap keputusan yang diambil dan juga bersedia mempertanggungjawabkan akibat dari keputusannya tersebut.

4. Pendelegasian

Delegasi adalah sebuah tindakan penyerahan tugas dan/atau wewenang terkait pekerjaan kepada karyawan atau bawahan. Seorang manajer dengan keterampilan delegasi yang baik mampu menugaskan kembali tugas secara efektif dan efisien. Selain itu, seorang manajer juga harus mengetahui siapa orang yang tepat untuk mengemban tugas tertentu. 

Delegasi membantu manajer untuk mengoptimalkan produktivitasnya. Setiap manajer harus memiliki kemampuan delegasi yang baik untuk mencapai hasil yang optimal dan mencapai hasil produktivitas yang dibutuhkan.

5. Penyelesaian Masalah

Manajer yang baik mampu mengatasi dan memecahkan masalah yang menghadang dalam kondisi apapun. Pemecahan masalah dalam manajemen melibatkan identifikasi masalah atau situasi tertentu dan kemudian menemukan cara terbaik untuk menangani masalah tersebut.

6. Motivasi

Manajer yang dapat memotivasi anggota timnya adalah aset berharga bagi perusahaan. Pemimpin seperti ini bukan hanya akan dijadikan contoh namun juga akan meningkatkan produktivitas karyawannya.

Motivasi membantu memunculkan perilaku atau respons yang diinginkan dari karyawan atau pemangku kepentingan tertentu. Ada dua jenis motivasi utama yang dapat digunakan oleh seorang manajer, yakni motivasi intrinsik dan ekstrinsik.

Pentingnya Manajerial Skill

Ada berbagai alasan yang akhirnya menjadikan manajerial skill sebagai hal yang penting. Manajerial skill menjadikan para pemimpin untuk bertindak secara efektif dengan cara:

  • Membuat keputusan yang baik
  • Berkomunikasi dengan baik agar dapat menginspirasi tim
  • Memecahkan masalah yang dapat memperjelas situasi

Makin banyak pengetahuan manajerial, maka makin baik pula kualitas pekerjaan dan pribadi seorang manajer.

Tingkatkan Manajerial Skill Kamu di Program New Manager 101

Menjadi seorang manajer bukanlah hal yang mudah. Menjadi jembatan antara anggota tim dan pemangku kepentingan tentunya bukan hal yang dapat dianggap sepele. Maka dari itu, banyak talenta yang kesulitan ketika sudah mendapatkan posisi manajer. 

New Manager 101 adalah suatu program berisi serangkaian kelas yang bisa mempersiapkan Anda untuk posisi manajerial apapun. Dari mulai pelatihan kepemimpinan hingga tips berkomunikasi dengan berbagai pemangku kepentingan, kurikulum program ini dibuat sesuai dengan kriteria seorang manajer yang ideal

Tunggu apalagi? Ayo daftar New Manager 101 dengan klik di sini!

Referensi:

https://edukedar.com/managerial-skills/
https://corporatefinanceinstitute.com/resources/management/management-skills/
https://www.fastcompany.com/90711378/6-managerial-skills-you-need-to-be-a-great-boss#:~:text=Management%20skills%20are%20important%20for,bring%20clarity%20to%20any%20situation.

Artikel Terkait

Komentar