Memahami Orientasi Pasar dan Cara Kerjanya

April 4, 2023
Category: Marketing

Pernahkah kamu bertemu dengan seseorang yang sedang mencari suatu barang dan kebetulan kamu tahu cara membuat atau dimana mendapatkannya? Setelah itu terlintas di pikiran kamu untuk menjual barang tersebut. Hal tersebut sering disebut dengan orientasi pasar. 

Sebuah strategi yang berfokus dalam mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan keinginannya dalam rangka pembentukan produk baru. Perusahaan besar seperti Amazon dan Coca-Cola menggunakan orientasi pasar untuk mengimprove dan memperluas produk maupun jasa mereka. 

Meskipun pada umumnya memang semua bisnis menerapkan orientasi pasar, namun pemahaman akan hal ini dan bagaimana cara pasar bekerja tetap harus kamu kuasai. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai orientasi pasar dan cara orientasi pasar bekerja. 

Apa itu Orientasi Pasar?

Orientasi pasar adalah strategi bisnis yang menempatkan kebutuhan dan keinginan pelanggan sebagai fokus utama dalam membuat produk dan layanan. Dalam orientasi pasar, perusahaan berfokus pada pemahaman dan pemenuhan kebutuhan pelanggan melalui penelitian dan umpan balik dari pelanggan. Tujuannya adalah untuk menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. Hal ini membantu perusahaan untuk membedakan diri dari kompetitor dan meningkatkan loyalitas pelanggan. 

Orientasi pasar merupakan filosofi bisnis yang memastikan bahwa perusahaan selalu berfokus pada kebutuhan pelanggan dan mempertahankan fokus tersebut dalam setiap aspek bisnis mereka. Memuaskan pelanggan penting untuk menghasilkan loyalitas dan penjualan berulang dalam jangka panjang, kamu tidak hanya mengembangkan bauran pemasaran yang handal tetapi melakukannya lebih baik daripada pesaing. Dengan begitu, pelanggan memiliki alasan untuk terus membeli produk perusahaan dibandingkan produk pesaing. 

Baca Juga: Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Membuat Strategi Kampanye Politik

Cara Kerja Orientasi Pasar

Perusahaan mengasumsikan kebutuhan dan keinginan pelanggan dan menentukan bagaimana perusahaan mengembangkan, memproduksi, mempromosikan dan menjual produk. Perusahaan memfokuskan upayanya melalui bauran pemasaran yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan. Perusahaan mengidentifikasikan kebutuhan dan keinginan konsumen melalui riset dan segmentasi pasar dan mengembangkan bauran pemasaran yang tepat untuk hal tersebut. Berikut ini bagaimana cara kerjanya

1. Survei Pasar

Perusahaan melakukan survei untuk memahami kebutuhan dan preferensi  pelanggan terhadap produk dan layanan yang ditawarkan.

2. Analisis Data

Data dari survei pasar dianalisis untuk menentukan kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta menilai tren pasar yang berkembang. 

3. Penyesuaian Strategi

Berdasarkan hasil analisis strategi bisnis dan produk untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan. 

4. Pemasaran

Perusahaan melakukan pemasaran untuk mempromosikan produk dan layanan yang ditawarkan dan memastikan bahwa mereka sesuai dengan preferensi dan kebutuhan pelanggan.

5. Evaluasi

Perusahaan melakukan evaluasi terhadap strategi dan produk untuk memastikan bahwa mereka memenuhi kebutuhan dan preferensi pelanggan.  

Keuntungan dari Orientasi Pasar

Menerapkan strategi tersebut tentunya memiliki keuntungan. Berikut ini beberapa keuntungan yang dimaksud: 

1. Kepuasan pelanggan

Tentunya rasa puas pelanggan menjadi tujuan utama dari penerapan orientasi pasar. Dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan pelanggan, Kamu dapat mempertahankan dan memperluas basis pelanggan. 

2. Meningkatkan customer retention

Customer retention adalah tingkat kemampuan perusahaan untuk mempertahankan pelanggan dan membuat mereka terus-menerus melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut. Dengan orientasi pasar, Kamu dapat memastikan bahwa produk dan layanan Kamu sesuai dengan harapan pelanggan. Hal ini dapat membuat pelanggan merasa puas dan setiap pada perusahaan. 

3. Tingkat penerimaan yang lebih tinggi

Maksudnya adalah diharapkan bisa menjual produk yang diinginkan konsumen secara efektif. Hal itu bisa diraih jika riset yang dilakukan perusahaan terhadap orientasi pasar dilakukan secara tepat melalui pendekatan pelanggan. 

4. Loyalitas pelanggan

Terkait dengan pemenuhan kepuasan pelanggan, maka orientasi pasar akan berdampak pada loyalitas pelanggan. Pelanggan yang loyal setidaknya bisa mengamankan penjualan dalam jangka menengah hingga panjang.

5. Lebih banyak ide

Dengan melakukan riset pasar dan memahami kebutuhan pelanggan, perusahaan dapat memperoleh wawasan tentang bagaimana produk atau layanan mereka dapat ditingkatkan atau dikembangkan. Ini dapat membantu perusahaan untuk menemukan ide baru dan inovatif untuk meningkatkan produk atau layanannya.

Belajar Orientasi Pasar di Mini MBA Political Marketing

Orientasi pasar sangat penting sebagai kunci kesuksesan bisnis karena hal tersebut dapat membantu perusahaan untuk menjadi customer-centric, mengerti permintaan pasar dan pendapat konsumen, bisa mendapat data real-time yang relevan. 

Kamu dapat mempelajari orientasi pasar bersama Mini MBA Political Marketing by Kuncie. Mini MBA Political Marketing adalah program Political Marketing pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengakomodasi kebutuhan Anda dalam pemasaran politik. Kuncie berkolaborasi dengan SBM ITB dan LSI untuk menyajikan pembelajaran dasar dalam Political Marketing, seperti:

✅ Mengerti orientasi pasar, manajemen pemasaran, dan customer focus

Market Intelligence untuk karakter pemilih

✅ Strategi pembangunan produk politik

✅ Aspek dalam kampanye dan media kampanye (konvensional & non-konvensional)

Study Case dengan pendekatan yang relevan di Indonesia

Dengan mengikuti Mini MBA Political Marketing, kamu akan dibimbing oleh para pengajar ahli. Pembelajaran akan dilakukan secara online melalui sesi live dan juga recorded video. Program ini sangat cocok untuk petinggi partai politik, kandidat politik dan pendukungnya, pengambil keputusan di pemerintahan, government relations manager & CSR di perusahaan, dan lain sebagainya. Nah, tunggu apa lagi? Ayo daftar program Mini MBA Political Marketing sekarang juga!

Artikel Terkait

Komentar