Arti Dividen dalam Investasi Saham dan Cara Pembagian Hasilnya

October 3, 2023
Category: Finance

Ketika membahas saham di dunia investasi, dividen menjadi kata yang sering disebut dan dinanti-nanti. 

Alasannya simpel; karena dividen adalah inti dari investasi menggunakan instrumen saham. Tapi, apa arti dividen dan bagaimana cara menghitung keuntungan berdasarkan dividen perusahaan?

Simak penjelasannya berikut ini!

Definisi Dividen

Salah satu aspek yang menarik ketika seseorang berinvestasi kepada suatu perusahaan adalah pembagian dividen. Namun, apa arti dari dividen ini sendiri?

Menurut Investopedia, dividen adalah pendistribusian sebagian pendapatan perusahaan yang diputuskan dan dikelola oleh direksi perusahaan kepada para pemegang saham. Jadi, secara singkat, dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan per periode yang telah ditentukan sebelumnya. Dividen kerap dianggap sebagai bentuk terima kasih kepada para investor yang telah mempercayakan sebagian dana mereka untuk kebutuhan operasional bisnis mereka. 

Namun, tidak semua perusahaan membagikan dividen kepada investornya. Jadi, jika Anda tertarik untuk mendapatkan dividen dari perusahaan melalui investasi, Anda harus cermat memilih perusahaan yang memang membagikan dividen.

Jenis-Jenis Dividen

Dividen dari suatu perusahaan bisa didapatkan dalam berbagai bentuk. Tentunya perusahaan tersebut akan membicarakan jenis dividen yang akan Anda dapatkan ketika Anda memulai investasi.

Ada lima jenis dividen yang dapat dijumpai, yaitu:

Dividen Tunai

Keuntungan modal investasi yang dibayarkan oleh perusahaan dalam bentuk tunai. Jenis ini adalah dividen yang paling sering dilakukan perusahaan. Biasanya dilakukan 2-4 kali dalam satu tahun, tapi ada pula perusahaan yang membagikannya secara bulanan, per semester, atau per tahun.

Dividen Saham

Keuntungan modal investasi yang dibayarkan oleh perusahaan dalam bentuk lembaran saham baru. Jadi, investor akan mendapatkan tambahan jumlah saham dari saham yang sudah dimiliki. Namun, tidak ada perubahan kapitalisasi pasar karena sistemnya mirip stock split.

Dividen Properti

Keuntungan modal investasi yang dibayarkan oleh perusahaan dalam bentuk barang atau aset. Misal, perusahaan membayarkan dividen dalam bentuk mobil atau rumah yang bernilai sama dengan jumlah dividen yang dibagikan. Biasanya proses pembagian dividen ini lebih rumit, jadi banyak perusahaan dan pemilik saham yang tidak menyukainya.

Dividen Likuidasi

Pembagian hasil berupa pengembalian modal kepada pemilik saham. Dividen satu ini biasanya dibagikan oleh perusahaan yang sudah melakukan joint venture atau bangkrut.

Dividen Janji Utang (Skrip)

Dividen dalam bentuk janji utang atau dividen skrip. Biasanya, perusahaan yang membagikan dividen skrip tidak memiliki uang untuk pembagian dividen dalam waktu dekat. Dividen tipe ini memiliki bunga yang juga harus dibayarkan kepada pemilik saham. 

Tanggal Penting dalam Pembagian Dividen

Bagi Anda yang memiliki saham di perusahaan yang membagikan dividen, ada lima tanggal penting yang harus Anda perhatikan. Tanggal-tanggal ini akan selalu berubah, bergantung pada kebijakan perusahaan. Tapi, biasanya tanggal ini memiliki periode tertentu, sehingga masih bisa diprediksi.

Kelima tanggal penting tersebut adalah:

1. Tanggal pengumuman

Pada tanggal ini, perusahaan membuat pengumuman bahwa akan ada pembagian dividen pada tanggal tertentu. Pada tanggal ini, perusahaan juga akan menyebutkan nilai dividen yang akan diterima investor per lembar saham yang dimiliki.

2. Cum date/cum dividend

Tanggal terakhir bagi investor yang ingin membeli saham tertentu dan berhak mendapatkan dividen yang telah diumumkan sebelumnya. Dengan kata lain, dengan membeli saham sebelum tanggal tersebut, investor berhak mendapatkan pembagian dividen pada tanggal yang telah diumumkan.

3. Ex date/ex divident

Satu hari setelah cum date. Ini adalah hari pertama penjualan saham yang tidak terikat dengan pembagian dividen. Berarti, ketika investor membeli saham di hari ini, ia tidak akan mendapatkan pembagian dividen pada tanggal yang disebutkan sebelumnya.

4. Recording Date

Hari ketika perusahaan mencatat siapa saja investor yang berhak mendapatkan dividen. Investor yang membeli saham hingga cum date akan masuk dalam Daftar Pemegang Saham perseroan dan akan menerima dividen yang telah ditentukan.

5. Payment date

Tanggal yang paling dinanti para investor, atau tanggal pembagian dividen. Pembagian dividen dilakukan sesuai porsi saham yang dimiliki investor. Biasanya, payment date adalah 10 hari setelah ex dividend. Seperti yang sudah dibahas di atas, pembagian dividen umumnya dilakukan dalam bentuk uang tunai atau penambahan kepemilikan lembar saham. Jika pembayaran dilakukan secara tunai, perusahaan sudah memotong pajak sebanyak 10%.

Perhitungan Dividen

Dividen yang dibagikan kepada investor tidak asal hitung. Ada beberapa cara perhitungan dividen yang umum digunakan. Biasanya, metode perhitungan dividen yang digunakan akan dibahas di awal ketika seseorang memutuskan untuk berinvestasi.

Ada 3 cara perhitungan dividen, yaitu:

1. Dividend Payout Ratio (DPR)

Perhitungan rasio berdasarkan berapa banyak laba perusahaan yang dibagikan menjadi dividen bagi pemegang saham.

Contoh:

Perusahaan A mendapatkan laba bersih sebesar 1 milliar Rupiah. Perusahaan menetapkan akan membagikan dividen sebesar 50% dari total laba bersih. 

Berarti, total dividen yang dibagikan perusahaan A berdasarkan perhitungan DPR adalah 500 juta Rupiah.

2. Dividend per Share (DPS)

Perhitungan nilai dividen berdasarkan total jumlah saham yang beredar. 

Contoh:

Perusahaan A memutuskan untuk membagikan dividen dengan total 500 juta Rupiah. Jumlah saham perusahaan yang beredar sebanyak 250 juta lembar.

Maka, DOS yang diterima pemegang saham adalah 500 juta/1 juta = Rp500/lembar.

3. Dividend Yield

Perhitungan saham berdasarkan harga saham yang beredar. 

Contoh:

Perusahaan A membagikan saham dengan nilai Rp500/lembar. Harga saham perusahaan A pada tanggal penutupan adalah Rp10.000,00.

Maka, dividend yield perusahaan A adalah:

5001000 x 100% = 5%

Mekanisme Pemberian Dividen

Ada dua mekanisme pembayaran atau pemberian dividen dari perusahaan kepada para investornya. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Dividen Interim

Mekanisme pemberian dividen dalam kurun waktu tahun berjalan atau sebelum pembukuan keuangan perusahaan ditutup. 

2. Dividen Final

Mekanisme pembayaran dividen setelah proses pembukuan keuangan perusahaan tersebut selesai dilakukan.

Kedua mekanisme pembayaran ini bisa dilakukan secara bersamaan dalam satu tahun. Jadi, Anda sebagai investor dapat menerima dividen dua kali dalam setahun. Namun, ada juga perusahaan yang hanya melakukan mekanisme dividen final.

Perlu diingat, investor tidak selalu mendapatkan besaran dividen yang sama jika perusahaan membagikan dua dividen dalam satu tahun. Jumlah dividen final yang Anda dapatkan sebagai investor bergantung pada hasil RUPS yang dikurangi dividen interim yang sudah Anda terima lebih awal.

Penentuan dan Pemberian Dividen

Untuk memahami bagaimana mendapatkan keuntungan dari dividen, Anda perlu memahami penentuan dan pemberian dividen yang akan diterima. 

Secara umum, dividen suatu perusahaan akan dibagikan merata per saham yang dimiliki investor. Tiap investor berhak mendapatkan dividen atas saham yang dimilikinya sesuai dengan besaran/persentase yang disetujui pada rapat umum pemegang saham. 

Itulah mengapa tidak semua investor mendapatkan jumlah dividen yang sama, karena jumlah dividen yang didapat bergantung pada jumlah saham yang dimiliki. Makin banyak saham yang dimiliki, makin banyak peluang untuk mendapatkan dividen yang besar.

Kenali Dividen Saham Anda dengan Mengikuti Kelas Mini MBA Stock Market!

Mengambil langkah pertama di dunia saham tidak seharusnya menjadi sulit atau menyusahkan diri. Bahkan, alih-alih menjadi beban hidup, pasar saham seharusnya menjadi tempat bagi Anda untuk berinvestasi secara sehat dan menguntungkan!

Untuk membekali Anda, Kuncie pun membuka Kelas Mini MBA in Capital Market! Course yang dibawakan oleh Vivi Vimalasari, cCo-fFounder Akademi Indonesia ini mencakup kurikulum lengkap seputar saham, dipecah menjadi 4 video pembelajaran yang bisa diakses kapan saja, tanpa batas!

Dalam keempat video tersebut, Anda akan mempelajari konsep fundamental pada investasi saham, berbagai tren dan risiko dalam investasi, dan bagaimana cara menganalisis saham dengan berbagai cara. Anda juga akan mendapatkan tips dan trik serta tempat terpercaya untuk transaksi saham dan cara untuk meraup keuntungan melalui investasi saham!

Tunggu apa lagi? Yuk ikuti kelas Mini MBA in Capital Market dan dapatkan dividen yang tepat!

Referensi:

https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/perencanaan/arti-dividen-dalam-investasi-saham-yang-perlu-diketahui https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/investasi/kenali-apa-itu-dividen-dan-cara-pembagian-hasilnya https://glints.com/id/lowongan/dividen-adalah/ https://www.rumah.com/panduan-properti/dividen-adalah-65042 https://www.investopedia.com/terms/d/dividend.asp 

Artikel Terkait

Komentar