Persyaratan dan Perhitungan Biaya untuk Kuliah S2 di Indonesia

March 19, 2023

Bekerja atau S2 adalah pilihan yang kerap membuat fresh graduates pusing. Salah satu alasan mengapa S2 menjadi pilihan yang akhirnya jarang dipilih adalah biaya kuliah S2, baik di dalam maupun di luar negeri. 

Meski begitu, S2 menjadi impian banyak orang, bahkan bertahun-tahun setelah mereka memutuskan untuk bekerja. Bahkan, salah satu motivasi bagi banyak orang untuk bekerja adalah agar kelak bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Bagi kamu yang juga tertarik untuk melanjutkan pendidikan, simak dulu artikel ini! Di sini, kita akan membahas persyaratan, keuntungan, dan biaya kuliah S2 di Indonesia!

Jenjang Pendidikan di Perguruan Tinggi

Sebelum membahas apa itu S2, mari kita bahas berbagai jenjang pendidikan yang ada di perguruan tinggi. Perguruan tinggi sendiri terdiri dari berbagai jenis, seperti politeknik, universitas, institut, sekolah tinggi, dan akademi.

Perguruan tinggi berjenis politeknik lebih fokus pada praktik, dengan jenjang pendidikan dari D1, D2, D3, D4, hingga S1. Namun, perguruan tinggi seperti universitas dan institut biasanya lebih fokus pada pendidikan teoritis dan terdiri dari D3, S1, S2, hingga S3. Berbeda lagi dengan sekolah tinggi, yang biasanya hanya terdiri dari satu fakultas spesifik saja. Akademi mirip dengan sekolah tinggi, namun hanya menyediakan pendidikan praktik untuk satu jenis rumpun ilmu/pendidikan saja.

Mendalami Arti S2

biaya kuliah s2
Sumber: Unsplash

S2 atau Strata 2 adalah jenjang pendidikan yang ditempuh setelah lulus pendidikan sarjana atau S1. Maka dari itu, jenjang ini juga kerap disebut sebagai pendidikan pascasarjana. Mahasiswa yang sudah menyelesaikan program pascasarjana akan mendapatkan gelar “M” atau Magister (Masters di luar negeri). 

Pendidikan S2 adalah pendidikan lanjutan yang menunjukkan pengetahuan lanjutan seseorang tentang subjek atau bidang keilmuan tertentu. Biasanya, program ini terdiri dari 36 SKS yang bisa diselesaikan dalam kurun 2 tahun atau empat semester. Untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang S2, kamu harus sudah lulus S1, diutamakan dari jurusan yang berhubungan dengan program pascasarjana yang kamu ingin tuju. 

Pendidikan pascasarjana di beberapa bidang, seperti kedokteran atau kedokteran gigi, akan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas dan meningkatkan value-mu, sehingga bisa meningkatkan gajimu.

Biaya Kuliah S2 Beberapa Kampus dan Jurusan Di Indonesia

Biaya kuliah S2 di Indonesia bervariasi, bergantung pada kampus dan jurusan yang dikejar. Simak contoh biaya kuliah S2 di berbagai kampus di Indonesia di bawah ini!

1. MBA SBM ITB

MBA SBM ITB memiliki beberapa kampus, di antaranya adalah di Jakarta dan di Bandung. Untuk menempuh program magister Administrasi Bisnis di SBM ITB Jakarta pada tahun ajaran 2022/2023, kamu membutuhkan biaya mulai dari Rp25.000.000/semester. 

Untuk jurusan General Management dan Entrepreneurship Rp30.000.000/semester. Sementara itu, untuk program Business Leadership dan Non-Executive MBA (double degree) Rp30.000.000/semester. Lalu, untuk Executive MBA (double degree) biayanya sebesar Rp40.000.000/semester.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Mahasiswa yang berkuliah S2 di Universitas Gadjah Mada hanya perlu membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) tiap semester. Mereka tidak memiliki kewajiban untuk membayar uang pangkal atau uang gedung. Dan, biaya UKT per semester juga beragam, bergantung pada jurusan perkuliahan yang dipilih. Berikut adalah rincian biaya kuliah untuk beberapa jurusan S2 di Universitas Gadjah Mada:

  • Fakultas Ekonomika dan Bisnis: Rp11-61,7 juta/semester
  • Fakultas Hukum: Rp9-21 juta/semester
  • Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan: Rp13-43 juta/semester
  • Fakultas Kedokteran Gigi: Rp13-33 juta/semester
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: Rp11-37 juta/semester
  • Fakultas Pertanian: Rp9-15 juta/semester
  • Fakultas Psikologi: Rp11-35 juta/semester
  • Fakultas Teknik: Rp5,5-37 juta/semester

3. Universitas Indonesia (UI)

Jika kamu ingin berkuliah di Universitas Indonesia, kamu wajib membayar Uang Pangkal (UP) dan Biaya Operasional Pendidikan (BOP). Sama seperti kampus-kampus sebelumnya, biaya tersebut beragam tergantung jurusan yang kamu tempuh. 

Uang Pangkal biasanya berkisar antara Rp7-68 juta, sedangkan Biaya Operasional berkisar antara Rp10,5-60 juta/semester.

Baca Juga: Fresh Graduate Mending Lanjut Kuliah S2 atau Kerja Dulu?

4. Universitas Airlangga (UNAIR)

Calon mahasiswa S2 di Universitas Airlangga (Unair) wajib membayar Uang Kuliah Semester (UKS) yang dikurung setiap semester. Calon mahasiswa juga wajib membayar Uang Kuliah Awal (UKA) sebagai uang pangkal uang harus lunas di awal perkuliahan. 

Sama dengan kampus-kampus sebelumnya, biaya UKA dan UKS di Universitas Airlangga pun beragam. Biaya UKA di Unair sekitar Rp0-75 juta, sedangkan biaya UKS sekitar Rp8-30 juta/semester.

5. Institut Pertanian Bogor (IPB)

Bagi kamu yang tertarik untuk mendaftarkan diri ke program S2 di Institut Pertanian Bogor, ada 3 jalur pendidikan yang bisa kamu pilih. Tiga jalur tersebut adalah Jalur Reguler, Jalur Khusus, dan Jalur Penelitian (Research/riset).

  • Jalur Reguler

Jalur Reguler adalah jalur pelatihan yang dilakukan sesuai jadwal ajar mengajar reguler, yaitu Senin-Jumat, dengan hari Sabtu opsional. Standar biayanya untuk S2 sebesar Rp9.000.000/semester.

  • Jalur Khusus

Jalur Khusus adalah jalur pendidikan yang diadakan pada hari Jumat (malam) dan Sabtu (pagi-sore). Perkuliahan Jalur Khusus hanya dibuka untuk program studi tertentu dan diadakan di kampus IPB Baranangsiang, Kota Bogor. Biaya untuk jenjang S2 sebesar Rp10-15 juta/semester.

  • Jalur Penelitian (Research/riset)

Jalur Penelitian (Research/riset) adalah program pendidikan Magister dengan fokus pada penelitian yang diajukan oleh calon peserta. Jenis pendidikan ini membuka kesempatan bagi kamu yang ingin mendapatkan gelar S2 sambil tetap menekuni riset di institusinya. Biaya untuk jenjang S2 sebesar Rp9.000.000/semester, ditambah biaya pendaftaran sebesar Rp750.000.

Syarat Kuliah S2

Ada beberapa syarat dan dokumen yang wajib kamu lengkapi untuk mendaftarkan diri untuk program S2. Tiap program memiliki persyaratan yang berbeda-beda, bergantung pada jenis kampus dan bidang pendidikan. Berikut ini adalah contoh syarat dan dokumen yang dibutuhkan untuk mendaftar program MBA di ITB:

  1. Lulus dari universitas yang berakreditasi minimal B.
  2. Lulusan Diploma IV (D4 atau Sarjana Terapan) atau Sarjana (S1) atau lulus minimal 144 SKS atau yang sederajat.
  3. Wajib memberikan skor TPA Bappenas minimum atau skor UPDA ITB (tidak diperlukan untuk kandidat asing), dan skor kecakapan bahasa Inggris.
  4. Mengumpulkan dokumen berikut:
    1. Dokumen transkrip nilai.
    2. Ijazah S1
    3. ELPT ITB/TOEFL/IELTS/TOEIC
    4. UPDA ITB/TPA
    5. Surat rekomendasi
    6. Bukti pembayaran biaya pendaftaran
    7. Asuransi Kesehatan
    8. Proposal Bisnis (untuk MBA Kewirausahaan)*

Periode Kuliah S2

Seperti yang sudah dibahas di atas, umumnya program magister atau S2 diselesaikan dalam 2 tahun atau 4 semester. Periode waktu tersebut adalah waktu yang biasanya ditempuh agar kamu bisa menyelesaikan studimu secara tepat waktu. Namun, jika kamu tidak bisa menyelesaikan studi S2 dalam periode waktu 2 tahun tersebut, kamu bisa mendapatkan tambahan masa studi menjadi total 4 tahun atau 8 semester.

Kelebihan Kuliah S2

Jenjang pendidikan yang lebih tinggi tentunya membawa keuntungan atau benefit tambahan. Yuk kita ulas satu persatu keuntungan melanjutkan pendidikan ke jenjang S2! 

1. Gaji yang Lebih Tinggi

Gelar yang lebih tinggi tentunya menandakan bahwa kamu memiliki sertifikasi dan pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini bisa menjadi penunjang ketika kamu menegosiasikan gaji.

2. Benefit yang Kompetitif

Sejalan dengan gaji yang lebih tinggi, gelar S2 juga bisa membantumu menegosiasikan benefit yang lebih baik ketika bekerja di suatu perusahaan. Benefit ini bisa dalam bentuk asuransi, waktu cuti, bahkan fasilitas kantor seperti laptop dan handphone.

3. Peluang Kesempatan Kerja yang Lebih Baik

Gelar magister membantumu mendapatkan posisi dan jenjang karier yang lebih baik karena kamu memiliki value tambahan yang lebih menarik. Tak hanya itu, pengetahuan dan ilmu yang kamu miliki dari pendidikan S2 bisa menjadi bekal yang berharga ketika kamu bekerja. Sehingga nantinya memberikanmu kesempatan yang lebih baik ketika mengejar jenjang karier yang lebih tinggi.

4. Peluang Mendapatkan Relasi

Menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi bisa ajang tempat bagimu untuk bertemu orang baru dari berbagai latar belakang dan industri. Kesempatan ini menjadi peluang berharga untuk menjalin networking yang luas.

5. Persiapan untuk Pendidikan yang Lebih Tinggi

Jika kamu tertarik untuk menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi, S2 adalah langkah pertama yang tepat. Pastikan bahwa pendidikan S2 yang kamu tempuh berhubungan atau relevan dengan pendidikan lanjutan yang kamu inginkan.

6. Pengembangan Diri

Pendidikan pascasarjana adalah tempat yang tepat untuk mengembangkan kemampuan diri di bidang spesifik yang kamu inginkan. Tak hanya mendapatkan gelar baru, kamu juga bisa mendapatkan ilmu baru dari dosen-dosen yang ahli di bidangnya masing-masing. 

7. Kesempatan Alih Karier

Pendidikan S2 merupakan media yang cocok jika kamu tertarik untuk alih karier atau career switching. Pendidikan S2 memberikan kamu kesempatan untuk belajar lagi bidang baru bersama para ahlinya.

8. Akses ke Kampus dan Fasilitasnya

Berkuliah S2 menjadi kesempatan bagimu untuk mendapatkan akses ke kampus dan fasilitas yang tersedia di kampus. Fasilitas ini beragam, misalnya jurnal berbayar, perpustakaan, dan laboratorium kampus.

Dapat Ilmu Setara S2 & Hemat Biaya dengan Mini MBA dari Kuncie & SBM ITB

Mendapatkan ilmu tidak harus menguras dompet. Bagi kamu yang ingin belajar lebih lanjut seputar bidang Business Administration, program Mini MBA dari Kuncie dan SBM ITB sudah dibuka!

Mini MBA adalah program online fast track untuk mempelajari manajemen bisnis lebih dalam, dengan fokus pada pengembangan bisnis. Program non-degree ini berisi materi kelas Master Business Administration (MBA) yang dipadatkan. Program ini terdiri dari pertemuan selama 13 minggu yang diajar langsung oleh dosen-dosen ITB. Jadi, ilmu yang kamu dapatkan sama dengan S2 dari kurikulum yang mirip dan narasumber yang sama!

Ayo dapatkan ilmu MBA dengan harga terjangkau di Mini MBA dari Kuncie dan SBM & ITB!

Referensi:

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/benefits-of-earning-a-masters-degree
https://www.sbm.itb.ac.id/academic-programs/mba/admission/
https://www.detik.com/jabar/berita/d-6273185/kuliah-s2-berapa-tahun-dan-berapa-semester-ini-penjelasannya#:~:text=Strata%2D2%20atau%20S2%20adalah,nama%20lulusan%20program%20studi%20Magister.
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/06/01/simak-biaya-kuliah-s2-administrasi-bisnis-di-sbm-itb#:~:text=Adapun%20rincian%20biaya%20pendidikan%20program,MBA%3A%20Rp30.000.000%2Fsemester
https://pasca.ipb.ac.id/pendaftaran/
https://kuliahlagi.com/biaya-kuliah-program-magister-ui/
https://um.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/1425/2022/06/SKR-429-2022_UANG-KULIAH-TUNGGAL-DAN-BIAYA-PENDIDIKAN-TA-2022-2023-Program-Pascasarjana.pdf
https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-6346675/daftar-biaya-kuliah-s2-di-5-ptn-ada-yang-bebas-uang-pangkal
https://ppmb.unair.ac.id/id/biaya-studi-magister?menu=study-fees

Artikel Terkait

Komentar