Pentingnya Menguasai Interpersonal Skills Bagi Pemimpin

September 18, 2023

Interpersonal skills merupakan kemampuan untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan membangun hubungan baik dengan orang lain. Misalnya saja dengan menjadi pendengar yang baik dan mampu bekerja sama dalam tim. Maka dari itu, keterampilan pribadi atau interpersonal skills sangat penting untuk dikuasai oleh seorang pemimpin.

Setiap orang memiliki interpersonal skills yang berbeda-beda. Ternyata, kemampuan tersebut tidak muncul begitu saja, melainkan harus dilatih dan membutuhkan waktu. Lantas, sebenarnya seberapa penting interpersonal skills untuk dikuasai oleh seorang pemimpin dan apa saja contoh skills tersebut? Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Apa itu Interpersonal Skills?

Interpersonal skills atau kemampuan antarpribadi, merujuk pada kemampuan individu untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan berhubungan dengan orang lain secara efektif. Ini mencakup sejumlah keterampilan yang memungkinkan seseorang untuk membentuk hubungan baik, berkomunikasi dengan jelas, memahami dan merespons dengan tepat perasaan ataukebutuhan orang lain, serta bekerja secara kolaboratif dalam tim.

Keterampilan antarpribadi yang kuat sangat penting dalam berbagai konteks, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional. Tidak heran jika kemampuan ini juga sangat penting untuk dikuasai oleh seorang pemimpin. Dengan interpersonal skill yang baik, seorang pemimpin bisa membentuk hubungan baik dengan pengikutnya, meningkatkan komunikasi dalam tim, memimpin secara efektif, hingga menciptakan lingkungan kerja yang positif dan kolaboratif.

Seberapa Penting Interpersonal Skill untuk Pemimpin?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa interpersonal skills sangat penting bagi seorang pemimpin.

1. Meningkatkan Komunikasi

Interpersonal skill akan berimplikasi langsung dengan kemampuan komunikasi seseorang. Dengan interpersonal skills yang mumpuni, seorang pemimpin bisa meningkatkan kemampuan komunikasinya. Kemampuan ini membuat seorang pemimpin bisa melakukan komunikasi dengan anggota tim secara lebih jelas dan efektif. Tentunya, ini sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman dan konflik yang mungkin terjadi. 

Di samping itu, berkomunikasi yang baik dari, seorang pemimpin dapat memotivasi dan menginspirasi anggota tim lainnya. 

2. Membangun Hubungan yang Baik

Interpersonal skills membantu seorang pemimpin dalam membangun hubungan yang baik dengan berbagai pihak, mulai dari anggota tim, rekan kerja, dan pemangku kepentingan lainnya.

Kemampuan untuk membina hubungan yang positif dan saling percaya adalah kunci untuk menciptakan lingkungan kerja harmonis dan produktif. Dengan demikian, akan lahirlah sebuah tim yang kuat dan solid.

3. Memfasilitasi Kepemimpinan yang Inklusif

Interpersonal skills mencakup kemampuan untuk menghargai perbedaan, memahami perspektif orang lain, dan membangun lingkungan inklusif. Pemimpin yang mampu membangun hubungan inklusif dapat memastikan bahwa semua anggota tim merasa didengar, dihormati, dan dihargai. Ini membantu dalam menciptakan budaya kerja yang adil, di mana setiap individu memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dan berkontribusi.

4. Menangani Konflik

Sebuah tim pasti akan menghadapi konflik di situasi tertentu. Pemimpin dengan interpersonal skills yang baik akan mampu menangani konflik dengan bijaksana. Mereka mampu mengelola emosi dengan baik, memfasilitasi diskusi yang produktif, dan mencari solusi yang saling menguntungkan. Pada akhirnya, pemimpin dan anggota tim berhasil merumuskan sebuah solusi yang tepat. 

5. Memimpin dengan Empati

Interpersonal skills juga melibatkan kemampuan untuk memahami dan merespon perasaan orang lain. Seorang pemimpin dengan interpersonal skills yang baik akan mampu berempati, menunjukkan perhatian, dan memotivasi anggota tim dengan tepat. Selain itu, dengan skill ini pemimpin juga dapat menciptakan iklim kerja yang sehat, sehingga membantu menciptakan budaya kerja positif dan meningkatkan keterlibatan tim.

Contoh-contoh Interpersonal Skill

Berikut beberapa contoh interpersonal skill yang penting dan sebaiknya dikuasai oleh seorang pemimpin. 

1. Komunikasi Verbal

Contoh interpersonal skill yang pertama adalah komunikasi verbal. Hal meliputi adalah kemampuan untuk berbicara dengan jelas dan efektif. Seorang individu dengan kemampuan ini mampu menyampaikan gagasannya dengan baik dan memberikan respon yang tepat dengan lawan bicaranya. Orang dengan kemampuan verbal yang baik juga mampu memilih kata dan intonasi yang tepat dalam sebuah percakapan. 

2. Komunikasi Non-verbal

Manusia sejatinya tidak hanya berkomunikasi secara verbal, melainkan juga secara non-verbal yang meliputi ekspresi, gestur, hingga kontak mata. . Komunikasi verbal dan non-verbal bekerja saling melengkapi dalam menciptakan komunikasi yang efektif. 

Maka dari itu,  kemampuan komunikasi non-verbal juga sangat penting untuk dikuasai oleh seorang pemimpin.

3. Mendengarkan Aktif

Mendengarkan aktif adalah kemampuan untuk sepenuhnya fokus dan memahami apa yang sedang dikatakan oleh orang lain dan memberikan respon dengan baik. Individu dengan kemampuan ini mampu menghindari gangguan atau noise, bertanya untuk mendapatkan klarifikasi, dan menghargai lawan bicara.

4. Empati

Contoh interpersonal skill yang sebaiknya dikuasai oleh seorang pemimpin adalah empati. Pemimpin dengan kemampuan ini mampu untuk memahami dan merasakan perasaan anggota tim. Kemampuan ini memungkinkan individu untuk melihat suatu hal dari sudut pandang orang lain dan memberikan pertolongan. 

5. Kolaborasi

Kolaborasi adalah salah satu interpersonal skill yang tidak boleh dilewatkan oleh seorang pemimpin. Dengan kemampuan ini, pemimpin mampu untuk bekerja sama dengan anggota tim dalam mencapai tujuan bersama. Selain itu, ia juga akan mampu membangun hubungan tim yang kuat dan menghargai kontribusi anggotanya.

6. Kepemimpinan

Kepemimpinan juga merupakan salah satu contoh interpersonal skill yang pastinya harus dikuasai oleh seorang pemimpin. Kemampuan ini memungkinkan seorang pemimpin untuk dapat memotivasi, menginspirasi,  dan memberi contoh yang baik bagi anggota tim. 

7. Negosiasi dan Penyelesaian Konflik 

Contoh interpersonal skill selanjutnya adalah negosiasi dan penyelesaian konflik. Kemampuan yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan oleh seorang pemimpin. Kemampuan ini sangat penting agar pemimpin dapat mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan dalam perbedaan pendapat. Lebih lanjut lagi, dengan kemampuan ini pemimpin  mampu menangani konflik dengan cara konstruktif dan solutif.

8. Kesadaran Diri

Kesadaran diri adalah kemampuan untuk memahami diri sendiri. Hal ini mencakup kelebihan, kekurangan, emosi, nilai-nilai, dan motivasi. Kemampuan ini memungkinkan individu untuk mengelola diri sendiri dengan baik ketika berinteraksi dengan orang lain.

Saatnya Kuasai Skills yang Dibutuhkan dan Siap Jadi Pemimpin dengan Ikut Program Kuncie Executive Mini  MBA x SBM ITB! 

Sosok pemimpin dengan interpersonal skills yang baik sangat didambakan oleh banyak orang. Hal ini karena pemimpin tersebut bisa mengayomi anggotanya dengan baik dan membawa tim menuju kesuksesan. Jika Anda ingin menjadi seorang pemimpin hebat, segera kuasai berbagai interpersonal skills yang dibutuhkan. 

Untuk membantu Anda menguasai berbagai interpersonal skills, Kuncie bersama SBM ITB menghadirkan program Kuncie Executive Mini MBA General Management by SBM ITB. Ini merupakan program online fast-track untuk mempelajari manajemen bisnis dan kepemimpinan sekelas magister. Program Mini MBA ini merupakan program non-degree dengan waktu yang lebih singkat dan biaya lebih hemat.

Salah satu kurikulum yang akan diajarkan di program Mini MBA ini adalah high performance leadership, yaitu dasar-dasar kepemimpinan dan proses menjadi seorang pemimpin. Dengan rangkaian materi tersebut, Anda akan menjadi strong leader dengan interpersonal skills yang baik, sehingga bisa memimpin tim dengan baik. 

Selain high performance leadership, masih banyak kurikulum lainnya yang sangat bermanfaat bagi kemajuan perusahaan. Kurikulum tersebut antara lain, quality management, strategic management, marketing management, data analytics, dan banyak lainnya. 

Kesempatan untuk menjadi pemimpin hebat sudah ada di depan mata. Jangan lewatkan kesempatan ini, daftarkan diri Anda untuk mengikuti Kuncie Executive Mini MBA General Management by SBM ITB sekarang juga!

Artikel Terkait

Komentar