Visi dan misi tentu bukan lah hal yang asing di kalangan masyarakat. Semua orang pasti pernah mendengarnya. Namun pertanyaannya, seberapa pentingkah visi dan misi untuk dimiliki suatu perusahaan?

Jawabannya tentu saja, ya! Visi dan misi merupakan hal fundamental bagi perusahaan. Pasalnya, visi dan misi dikaitkan dengan jati diri serta identitas perusahaan. Secara internal, visi dan misi akan menentukan arah bisnis, menetapkan tujuan jangka panjang, dan mewujudkan apa yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Lebih dari itu, visi dan misi bahkan bisa menginspirasi karyawan untuk bekerja secara maksimal dan berkomitmen dengan apa yang mereka kerjakan. Karyawan akan merasa memiliki tujuan yang jelas yang tentunya jika pekerjaan diterapkan ke arah tujuan, pekerjaan tersebut akan memberikan dampak yang besar.

Jadi penasaran kan dengan serba-serbi mengenai visi dan misi? Langsung saja baca pembahasan lengkap mengenai visi dan misi di artikel ini!

Kuncie x SBM ITB: Mini MBA Program

Kelas Mini MBA

Dapatkan pembelajaran setara MBA dengan harga yang lebih terjangkau dan waktu yang lebih singkat di program non-degree Mini MBA bersama SBM ITB di Kuncie!

Daftar Sekarang!

Apa itu Visi dan Misi?

Pertama-tama mari kita bahas pengertian dari pernyataan visi dan misi. Visi merupakan pernyataan berupa deskripsi singkat tentang aspirasi dan dampak luas yang ingin diciptakan perusahaan. Visi akan menjadi landasan dari segala aktivitas yang dilakukan perusahaan.

Lalu, apa itu misi? Misi adalah pernyataan berupa rencana yang disusun oleh perusahaan untuk mencapai tujuan. Bila disimpulkan, misi mencakup tentang aktivitas apa yang akan dilakukan organisasi sebagai alat untuk mencapai visi yang telah ditentukan.

Baca Juga: Panduan Menyusun Bisnis Plan Yang Tepat

Perbedaan Antara Pernyataan Visi dan Misi 

Agar pemahaman mengenai visi dan misi lebih sempurna, sebaiknya kita kenali apa perbedaan mendasar pada visi dan misi. Terkadang visi dan misi digunakan secara bergantian atau bahkan digabungkan menjadi satu pernyataan.

Meski bersifat saling melengkapi, visi dan misi adalah dua hal yang benar-benar berbeda. Perbedaan utama di kedua hal tersebut terdapat pada rentang waktu yang dicakupnya. Visi bersifat jangka panjang, sedangkan misi bersifat sebaliknya. Pernyataan visi pada dasarnya adalah tujuan akhir dari apa yang ingin perusahaan capai. Misi sendiri cenderung mendefinisikan apa yang sedang dilakukan perusahaan. 

Singkatnya, visi adalah perihal mengapa, sedangkan misi adalah perihal apa dan bagaimana. Sekarang, sudah lebih paham kan?

Peran Visi dan Misi bagi Perusahaan

Perusahaan tidak memiliki visi dan misi, pastinya tidak akan memiliki arah serta kesulitan untuk mencapai tujuan bisnisnya. Lagi pula, visi dan misi punya beragam peran lho untuk perusahaan. Peran-peran tersebut di antaranya adalah:

  • Mengkomunikasikan tujuan organisasi kepada pemangku kepentingan
  • Menginformasikan pengembangan strategi
  • Mengembangkan tujuan dan sasaran yang dapat diukur untuk mengukur keberhasilan strategi organisasi

Mengapa Visi dan Misi Penting Bagi Perusahaan?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, visi dan misi memiliki peranan yang sangat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Lalu, mengapa visi dan misi penting bagi perusahaan? Berikut penjelasannya:

  • Pernyataan visi dan misi menentukan tujuan organisasi serta menanamkan rasa kepemilikan dan identitas kepada karyawan. 
  • Pernyataan visi dan misi memberikan titik fokus yang membantu menyelaraskan setiap orang dengan organisasi, sehingga memastikan bahwa setiap orang bekerja menuju satu tujuan. Hal ini membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam organisasi.
  • Pernyataan misi memberikan arah yang harus diikuti oleh organisasi sedangkan pernyataan visi menggambarkan tujuan yang akan dicapai dengan mengikuti arah tersebut.
  • Pernyataan misi memberi perusahaan panduan yang jelas dan efektif untuk membuat keputusan, sementara pernyataan visi memastikan bahwa semua keputusan yang dibuat selaras dengan apa yang ingin dicapai oleh perusahaan.

Cara Membuat Visi dan Misi

Ada banyak cara yang bisa diterapkan dalam membuat visi dan misi perusahaan. Namun, ada 4 langkah umum yang bisa kamu jadikan pedoman untuk membuat visi dan misi perusahaanmu.

  1. Ketahui Tujuan dari Perusahaan

Sebelum menyusun pernyataan visi dan misi perusahaan langkah awal yang harus kamu lakukan adalah mengidentifikasi tujuan dari didirikannya perusahaanmu. Mulai dari keuntungan hingga ruang lingkup perusahaan.

Untuk menyelesaikan lagkah ini, coba jawab tiga panduan pertanyaan berikut: “Mengapa perusahaanmu perlu ada?”, “Apa yang harus dan tidak dilakukan untuk mencapai tujuan?” “Bagaimana perusahaanmu melakukan sesuatu secara berbeda, lebih baik, dan efisien?”.

  1. Ketahui kekuatan perusahaan

Setiap perusahaan yang berdiri pasti memiliki keunikan dan kekuatannya masing-masing. Untuk dapat dikenal baik dan dijadikan pilihan utama oleh target pasarnya, suatu perusahaan harus mengenali hal unik apa yang menjadi kekuatannya.

  1. Proyeksikan rencana lima tahun

Untuk memiliki pernyataan visi dan misi yang tepat, suatu perusahaan harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan terikat waktu. Tentukan rencana lima tahun perusahaan seperti ekspansi bisnis atau ide startup berdasarkan informasi ini.

  1. Buat draft pernyataan

Agar visi dan misi yang disusun menjadi efektif, pastikan untuk memasukkan elemen-elemen inti di bawah ini dalam draft pernyataan:

  • Kejelasan
  • Spesifikasi
  • Ketercapaian
  • Nilai unik
  • Menginspirasi orang di dalam dan di luar organisasi.

Contoh Visi dan Misi Perusahaan Dunia

Jika kamu masih merasa bingung menentukan visi dan misi perusahaanmu, berikut adalah beberapa contoh visi dan misi perusahaan dunia yang bisa kamu jadikan inspirasi untuk membuat visi dan misi versi perusahaanmu sendiri.

Contoh Visi dan Misi

Ikut Kelas Manajemen Bisnis untuk Mematangkan Visi dan Misi Perusahaan

Punya visi dan misi perusahaan yang kuat, bukanlah hal yang mudah. Tapi tenang, kalau kamu mau belajar lebih dalam soal manajemen bisnis, ada program yang menyediakan program online fast track dari Kuncie yang siap membekalimu dengan ilmu-ilmu manajemen bisnis. Program tersebut bernama Mini MBA. Lewat Mini MBA, kamu bisa mendapatkan gelar MBA sementara yang dilengkapi dengan sertifikat penyelesaian non-gelar. Ayo, daftar Mini MBA di sini!

Posted 
Jan 21, 2023
 in 
Upskilling
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Upskilling

 category

View All