Biaya Kuliah dan Jurusan S2 di Universitas Terbuka (UT)

March 21, 2023

Pernahkan Anda memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi misalnya S2? Tapi sayangnya hingga sekarang impian untuk kuliah S2 tersebut masih belum terwujud karena kendala waktu, jarak, biaya, atau bahkan kesibukan pekerjaan. Kuliah S2 di UT menjadi salah satu solusinya.

Seperti yang sudah dibahas di atas, setiap masalah, pasti ada solusinya! Begitupun dengan cita-cita Anda untuk S2 yang masih belum terwujud. Apakah Anda pernah mendengar tentang Universitas Terbuka? UT atau Universitas Terbuka adalah salah satu solusi terbaik untuk menjawab kebingungan yang dirasakan dalam melanjutkan studi. Artikel ini akan membantu Anda mendapat informasi tentang Universitas Terbuka lebih jauh lagi termasuk biaya kuliah S2 di UT dan daftar jurusannya. Yuk, simak artikelnya!

Apa itu Universitas Terbuka?

Menurut KBBI, Universitas Terbuka merupakan perguruan tinggi yang terbuka bagi siapa saja asal mempunyai ijazah SLTA. Tanpa batas usia, tanpa ujian masuk, tanpa batas waktu belajar, tanpa jam belajar yang tetap, dan diselenggarakan secara tidak langsung, tidak dengan tatap muka, tetapi melalui penjualan atau pengiriman diktat, brosur, dan bahan kuliah kepada mahasiswa.

Berdasarkan informasi dari laman web Universitas Terbuka Indonesia, UT adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia. Pendiriannya diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 Tahun 1984. UT menyediakan pembelajaran untuk Program Diploma, Sarjana, Pascasarjana, dan Doktor.

Pembelajaran untuk Program Pascasarjana di UT sudah berlangsung sejak tahun 2004. Sementara itu, untuk Program Doktor pada UT baru dibuka pada tahun 2019 lalu. Untuk bidang pembelajaran, UT memiliki empat fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik (FHISIP), Fakultas Sains dan Teknologi (FST), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Seperti pengertian yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya, pembelajaran pada UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi).

Sementara itu, makna terbuka merujuk pada tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau sederajat).

Jurusan-jurusan S2 UT (Universitas Terbuka)

Bagi Anda yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan S2 di UT, ini beberapa jurusan program pascasarjana yang tersedia:

1.    Program Magister Ilmu Administrasi

Program ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan tenaga ahli administrasi publik yang mampu mengambil peran dalam pembangunan nasional. Mahasiswa akan diajarkan tentang teori dan praktik dalam manajemen organisasi, pengambilan keputusan publik, perencanaan evaluasi kebijakan, manajemen sumber daya manusia, dan mata kuliah lainnya.

Berikut bidang minat yang ditawarkan oleh UT dan kuota untuk Program Magister Ilmu Administrasi:

  • Bidang Minat Administrasi Publik (Reguler/90)
  • Bidang Minat Administrasi Publik (Online/590)

2.    Program Magister Manajemen

Mengambil program ini, Anda akan dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan manajemen yang diperlukan dalam dunia bisnis dan organisasi modern. Program ini mencakup mata kuliah inti dalam manajemen, seperti manajemen strategi, manajemen operasi, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, keuangan, da manajemen proyek.

Diharapkan, lulusan Program Magister Manajemen di UT mampu mengembangkan kemampuan analisis dan keterampilan manajemen yang memadai untuk memimpin bisnis maupun organisasi yang efektif.  Berikut bidang minat yang ditawarkan oleh UT dan kuota  untuk Program Magister Manajemen:

  • Bidang Minat Manajemen Keuangan (Reguler /594)
  • Bidang Minat Manajemen Keuangan (Online /598)
  • Bidang Minat Manajemen Pemasaran (Reguler/595)
  • Bidang Minat Manajemen Sumber Daya Manusia (Reguler/596)
  • Bidang Minat Manajemen Pendidikan (Reguler/597)

3.    Program Magister Ilmu Kelautan

Di program ini mahasiswa akan dibekali berbagai topik yang berkaitan dengan lingkungan laut, sumber daya laut, serta aspek sosial-ekonomi kelautan. Mahasiswa juga akan mempelajari berbagai disiplin ilmu seperti biologi laut, kimia laut, fisika laut, teknologi kelautan, manajemen sumber daya laut, dan perikanan. Selain itu, program ini juga mengajarkan teknik dan metode penelitian terkait ilmu kelautan tingkat lanjut.

Berikut bidang minat yang ditawarkan oleh UT dan kuota  untuk Program Magister Ilmu Kelautan:

  • Bidang Minat Manajemen Perikanan (Reguler/93)
  • Bidang Minat Manajemen Perikanan (Online/593)

4.    Magister Pendidikan Matematika

Program ini dirancang untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan baik secara teori dan praktik mengenai pembelajaran matematika, khususnya untuk para calon dosen dan guru. Selain itu, dengan mengikuti program ini Anda juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang kurikulum dan metode pengajaran matematika.

Materi pembelajaran untuk Magister Pendidikan Matematika di UT meliputi teori pembelajaran matematika, pengembangan kurikulum matematika, metode pembelajaran matematika, evaluasi pembelajaran, penelitian tindakan kelas, serta pengembangan perangkat untuk pembelajaran matematika. Berikut kuota untuk Program Magister Pendidikan Matematika:

  • Program Magister Pendidikan Matematika (Reguler/92)
  • Program Magister Pendidikan Matematika (Online/592)

5.    Magister Pendidikan Dasar

Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan kurikulum, merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif, serta mampu melakukan penelitian di bidang pendidikan dasar.

Para mahasiswa akan belajar mengenai teori dan praktik pengajaran, psikologi anak, desain pembelajaran, serta strategi pengembangan kurikulum untuk pembelajaran di tingkat dasar.  Berikut kuota untuk Program Magister Pendidikan Dasar:

  • Program Magister Pendidikan Dasar (Reguler/599)

6.    Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Program ini terbuka  untuk pendidik Bahasa Inggris di berbagai jenjang pendidikan, seperti pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi. Dengan mengikuti program ini, para guru Bahasa Inggris mendapatkan kesempatan untuk menghembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang kurikulum, mengevaluasi program, dan mengembangakan teknik pembelajaran yang lebih efektif.

Pembelajaran pada Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris di UT mencakup materi Pengajaran dan Pembelajaran Keterampilan Berbicara, Keterampilan Menulis Akademik, Evaluasi Pembelajaran, serta Pengembangan Kurikulum Bahasa Inggris. Berikut kuota untuk Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris:

  • Program Magister Pendidikan Bahasa Inggris (Reguler/580)

Biaya Kuliah S2 UT (Universitas Terbuka)

Untuk mengikuti perkuliahan S2 di UT, tentunya Anda tetap akan dikenakan biaya. Biaya perkuliahan S2 UT yang akan dikenakan meliputi biaya tes masuk biaya uang kuliah, biaya ujian sidang akhir, hingga biaya wisuda. Anda bisa simak rangkuman biaya apa saja yang harus disiapkan sebelum memutuskan untuk S2 di UT. Berikut penjelasanya!

1.     Tes Masuk

Merupakan biaya yang diperlukan untuk mendaftar dan mengikuti tes masuk program S2 di Universitas Terbuka. Kisaran biayanya mulai dari Rp500.000,-

2.     Uang Kuliah PPS Program Magister Online

Uang Kuliah PPS (program Pascasarjana) yang berkisar mulai dari Rp7.450.000,00/ semester harus dibayarkan oleh mahasiswa untuk mengikuti program magister online di UT. Biaya ini meliputi biaya pembelajaran, administrasi, dan biaya lainnya yang terkait dengan proses pembelajaran.

3.     Biaya Program Matrikulasi

Program matrikulasi adalah program persiapan yang ditujukan untuk mahasiswa baru yang akan memulai studi pada program S1 dan S2 Universitas Terbuka. Program ini bertujuan untuk memberikan pengenalan terkait mata kuliah yang akan dipelajari. Selain itu, mahasiswa biasanya akan mendapatkan bahan ajar dan pengantar tentang tata cara belajar di UT.

Mahasiswa akan dikenakan biaya Rp100.000/SKS untuk mengikuti program ini sebelum menempuh S2 di UT.

4.     Biaya Ujian Sidang Tugas Akhir Program Magister (TAPM)

Ujian sidang TAPM berkisar mulai dari Rp6.000.000/mahasiswa. Pembayaran ini merupakan syarat wajib untuk dapat memperoleh gelar Magister di UT. Biaya ujian sidang TAPM meliputi biaya administrasi untuk mengajukan permohonan ujian sidang, biaya pemeriksaan tugas akhir, biaya transportasi dan akomodasi penguji, dan biaya lainnya terkait pelaksanaan sidang tersebut.

5.     Biaya Registrasi Ulang Mata Kuliah

Mahasiswa yang ingin mendaftar ulang mata kuliah pada suatu semester setelah masa registrasi awal telah berakhir akan dikenakan biaya Rp1.000.000/mata kuliah. Pendaftaran ulang ini biasanya diperlukan apabila seorang mahasiswa ingin memperbaiki nilai yang diperoleh pada mata kuliah tertentu, mengulang mata kuliah yang tidak lulus, atau memilih mata kuliah tambahan di luar rencana studi awal.

6.     Biaya Layanan Administrasi Lewat Masa Studi

Biaya ini dikenakan kepada mahasiswa yang ingin mengambil layanan administrasi tertentu setelah masa studinya berakhir atau melebih batas waktu studi yang ditetapkan. Biaya ini sebesar RP1.000.000/semester yang meliputi biaya administrasi, biaya pengiriman dokumen, serta biaya lainnya yang berkaitan dengan layanan tersebut.

7.     Biaya Wisuda/Upacara Penyerahan Ijazah (UPI)

Biasanya, mahasiswa UT juga dikenakan biaya Rp1.000.000 untuk penyelenggaraan wisuda atau upacara penyerahan ijazah. Upacara ini dilakukan sebagai tanda penghormatan dan pengakuan atas pencapaian akademik mahasiswa selama menempuh studi di universitas.

Secara keseluruhan, UT dalam beberapa tahun ke belakang telah menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S2. Dengan berbagai program studi yang ditawarkan, fleksibilitas belajar yang tinggi, dan biaya kuliah S2 di UT yang terjangkau menjadi daya tarik yang cukup kuat bagi Universitas Terbuka.

Namun, perlu diketahui di masa seperti sekarang, Anda mempunyai banyak peluang untuk mempelajari berbagai hal hanya melalui internet. Anda ingin belajar skill baru, belajar mengembangan bisnis, atau ingin mendapatkan pembelajaran setara S2? Semuanya bisa diakses secara online dengan belajar di Kuncie.

Keuntungan Kuliah S2 di Universitas Terbuka

kuliah s2 ut
Sumber: Pexels

1.    Waktu yang fleksibel

UT menawarkan sistem belajar jarak jauh atau online. Sistem belajar ini memungkinkan mahasiswa untuk belajar dengan waktu dan tempat yang disesuaikan dengan jadwal masing-masing.

Dengan waktu yang fleksibel ini memungkinkan mahasiswa untuk tetap bekerja meskipun sambil menempuh pendidikan kuliah S2 di UT.

2.    Biaya yang terjangkau

UT juga menawarkan biaya kuliah S2 di UT yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan universitas lainnya. Salah satu faktor yang membuat universitas ini bisa menawarkan biaya yang lebih murah adalah metode pembelajaran yang hanya menerapkan pembelajaran jarak jauh.

Dalam hal ini, UT tidak perlu menyediakan infrastruktur fisik seperti gedung perkuliahan, laboratorium, dan sebagainya. Oleh karena itu, biaya operasional UT jauh lebih rendah dibandingkan dengan universitas yang menerapkan metode pembelajaran tatap muka.

3.    Pionir Pendidikan Jarak Jauh untuk Masyarakat Luas

UT memiliki misi untuk menyediakan kesempatan pendidikan yang terjangkau, fleksibel, dan berkualitas tinggi bagi masyarakat luas. UT juga berdedikasi untuk menyediakan akses pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat yang tidak mampu mengakses pendidikan formal di perguruan tinggi yang konvensional.

4.    Institusi yang Meraih Banyak Prestasi

Tak kalah dari universitas konvensional lainnya, UT juga meraih sederet prestasi dan penghargaan baik dari dalam dan luar negeri. Beberapa penghargaan tersebut diantaranya The Best e-Learning Implementation pada ajang Indonesia Brand Champion Award dan Top Brand Award.

Selain itu, UT juga terus bergerak untuk inovasi dan riset di berbagai bidang, terutama terkait pendidikan jarak jauh. UT juga terus berkolaborasi dengan institusi-institusi lain dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan.

5.    Terakreditasi

Untuk menjamin kualitas akademik, Universitas Terbuka telah mendapatkan akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang diakui secara nasional. Hal ini menandakan bahwa program-program pendidikan yang diselenggarakan sudah memenuhi standar yang ditetapkan baik dari segi kurikulum, fasilitas, dosen, maupun manajemen akademik.

6.    Tidak ada batasan umur

UT memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk melanjutkan pendidikan. Dalam sistem pembelajaran universitas ini, tidak ada batasan umur bagi mereka yang ingin mengikuti program pendidikan jarak jauh yang ditawarkan.

Ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mungkin terhalang untuk melanjutkan pendidikan di kampus reguler karena faktor usia atau keterbatasan fisik, tetapi memiliki semangat belajar yang tinggi.

7.    Metode belajar lebih variatif

Sistem pembelajaran di UT memang berbeda dengan universitas lainnya. UT menyediakan program pendidikan dengan metode belajar mandiri melalui media pembelajaran yang fleksibel. Adapun pembelajaran dapat melalui bahan ajar, modul pembelajaran, video pembelajaran, dan tutorial tatap muka yang dilaksanakan di Pusat Pembelajaran dan Layanan (PPL).

Dapatkan Ilmu Setara S2 di Program Mini MBA Kuncie X SBM ITB

Bila Anda tertarik untuk mendapatkan pembelajaran yang setara dengan S2 untuk peningkatan pengetahuan dan pengembangan karier, Program Mini MBA Kuncie X SBM ITB akan jadi pilihan yang cocok. Ini merupakan program online fast track untuk mempelajari lebih dalam tentang manajemen bisnis yang berfokus pada pengembangam bisnis. Pembelajaran diampu oleh dosen praktisi yang berpengalaman dari SBM ITB. Tentunya, program ini menawarkan durasi yang lebih singkat dan biaya yang lebih terjangkau.

Di akhir program, Anda akan mendapatkan sertifikat yang akan menambah kredibilitas, serta alumni networking untuk terhubung dengan mentor ataupun learners profesional guna pengembangan karier kedepannya.

Anda bisa mendaftar dan simak informasi lebih lanjut tentang Program Mini MBA Kuncie X SBM ITB di sini, ya!

Referensi:

https://kbbi.web.id/universitas
https://www.ut.ac.id/tentang-ut#:~:text=Universitas%20Terbuka%20(UT)%20adalah%20Perguruan,RI%20Nomor%2041%20Tahun%201984.
https://www.ut.ac.id/sejarah-ut
https://www.ut.ac.id/2015/fakultas-a-program/pascasarjana
https://pasca.ut.ac.id/
https://www.ut.ac.id/biaya-pendidikan/magister
https://www.urbanasia.com/edu/apa-saja-keunggulan-kuliah-di-universitas-terbuka-U43373

Artikel Terkait

Komentar