Fungsi PowerPoint yang Wajib Kamu Tahu!

Di era digital saat ini, mengelola Microsoft Office jadi salah satu kemampuan yang harus dikuasai agar dapat mempermudah kamu saat melamar pekerjaan atau bahkan saat sudah bekerja. Salah satu kemampuan Microsoft Office yang harus kamu kuasai adalah PowerPoint.

Nah, agar lebih mudah dipahami, artikel ini akan menjelaskan mengenai pengertian dan fungsi dari PowerPoint.

cara presentasi
Yuk Daftar Kelasnya Sekarang Juga!

Apa sih PowerPoint itu?

PowerPoint adalah bagian dari “Office Suite” Microsoft yang dikembangkan oleh di dalam paket aplikasi selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. Nah, biasanya digunakan dalam berbagai cara oleh bisnis, pendidikan, dan pegawai pemerintah untuk menyediakan “tayangan slide” terkomputerisasi untuk meningkatkan presentasi.

PowerPoint mungkin digunakan untuk mengarahkan perhatian pada garis besar presentasi, atau untuk menampilkan grafik dan gambar, atau untuk memfokuskan audiens pada poin-poin penting.

Terus apa sih fungsi Microsoft Power Point? Berikut ini informasi mengenai fungsi Microsoft Power Point yang perlu kamu tahu.

fungsi powerpoint
Sumber: Unsplash

Fitur-Fitur Pada PowerPoint

fungsi power point
Sumber: byjus.com/govt-exams/microsoft-powerpoint/

1.    Home

            Menu Home pada PowerPoint adalah menu kedua yang berfungsi 
          untuk mengatur penulisan dalam membuat sebuah tulisan atau
          kalimat pada slide presentasi. Fitur Menu Home ini terdiri dari Clipboard,
          Slides, Font, Paragraph, Drawing, dan Editing.

2.   Insert

fungsi powerpoint insert
Sumber: byjus.com/govt-exams/microsoft-powerpoint/

Suatu menu bar yang berfungsi untuk menyisipkan objek ke halaman slide PowerPoint. Fitur Menu Insert ini terdiri dari Slides, Tables, Images Illustrations, Links, Comments, Text dan Media.

3.    Slide Design

design
Sumber: byjus.com/govt-exams/microsoft-powerpoint/

PowerPoint memiliki berbagai tema yang menggunakan warna latar belakang dan desain atau tekstur yang dapat ditambahkan ke slide. Hal ini membuat tampilan lebih berwarna dan menarik perhatian orang yang melihatnya.

Fitur ini dapat ditambahkan menggunakan kategori “Desain” yang disebutkan di beranda PowerPoint. Meskipun ada template desain yang tersedia, jika kamu ingin menambahkan tekstur atau warna baru, opsi untuk menyesuaikan desain juga tersedia. Selain itu, desain slide juga dapat diunduh secara online. Fitur Menu Slide Design ini terdiri dari Themes, Variants, dan Customize.

4.    Transitions

transitions
Sumber: byjus.com/govt-exams/microsoft-powerpoint/

Transitions merupakan efek serupa animasi yang terjadi ketika kamu beralih dari satu slide ke slide berikutnya saat presentasi. Tambahkan transisi slide untuk membuat PowerPoint lebih hidup. Pilih slide yang ingin kamu tambahkan transisi. Fitur Menu Transitions ini terdiri dari Preview, Transition to This Slide, dan Timing.

5.    Animations

animations
Sumber: byjus.com/govt-exams/microsoft-powerpoint/

Selama slide dipresentasikan, slide muncul di layar satu per satu. Tambahkan beberapa animasi agar slide kamu jadi lebih menarik. Fitur Menu Transitions ini terdiri dari Preview, Animation, Advanced Animation, dan Timing.

6.    Slide Show

slideshow
Sumber: byjus.com/govt-exams/microsoft-powerpoint/

Pada menu Slideshow, kamu dapat melihat hasil akhir dari Slideshow. Mulai dari tayangan slide pertama atau slide yang sedang diedit. Kamu juga dapat mengatur waktu tampilan untuk setiap slide dari menu Slideshow. Menu Slideshow terdiri dari Start Slide Show, Set up, dan Monitors.

7.    Review Tab

review
Sumber: byjus.com/govt-exams/microsoft-powerpoint/

Berbagai tools yang dapat digunakan pada tab ini adalah Spelling, Research Thesaurus, Translate, Language. Tombol Research membantu penelitian online di buku dan sumber daya internet tentang subjek atau topik yang sedang kamu kerjakan.

Sedangkan thesaurus berisi daftar kata yang disusun menjadi satu menurut kesamaan makna. Dengan menggunakan Thesaurus di PowerPoint dari tab Review orang dapat dengan mudah menemukan sinonim untuk relatif kata-kata dalam konten.

Translate digunakan untuk mengubah kata bahasa Inggris ke bahasa lain. Berikutnya adalah New Comment yang digunakan untuk menulis teks komentar yang terkait dengan kata atau kalimat pada slide. Komentar ini dapat diedit lebih lanjut dengan mengedit komentar dan juga dapat dihapus.

8.    View Tab

view
Sumber: byjus.com/govt-exams/microsoft-powerpoint/

Di menu View Tab, kamu dapat memiliki Normal View dari sebuah presentasi. Ini juga disebut sebagai tampilan default. Menu View Tab terdiri dari Presentation Views, Master Views, Show, Zoom, Color/Grayscale, dan Window Macros.

Baca Juga: 10 Cara Presentasi yang Dapat Memikat Hati Audiens

Fungsi PowerPoint

Presentasi PowerPoint berguna untuk penggunaan pribadi maupun profesional. Berikut ini adalah beberapa fungsi PowerPoint yang harus kamu tahu:

1.    Pendidikan

Presentasi PowerPoint dapat membantu kegiatan pembelajaran menjadi lebih interaktif dan dapat membuat peserta didik memahami materi yang disampaikan.

2.    Pemasaran

Di bidang pemasaran, presentasi PowerPoint bisa menjadi sangat penting. Dengan menggunakan grafik dan bagan, angka dapat ditampilkan dengan lebih jelas dan jelas yang mungkin diabaikan oleh audiens saat sedang dibaca.

3.    Bisnis

Untuk mengundang investor atau untuk menunjukkan peningkatan atau penurunan keuntungan. PowerPoint juga dapat digunakan sebagai media memperkenalkan dan mempromosikan suatu produk.

4.    Membuat Resume

Resume digital dapat dibuat menggunakan PowerPoint. Kamu bisa memasukan pola, foto, dll. Buat resume sesuai dengan kemauan dan kreativitas kamu.

5.    Menggambarkan Pertumbuhan

Karena grafik dan teks dapat ditambahkan dalam presentasi, menggambarkan pertumbuhan perusahaan, bisnis, nilai siswa, dan lain-lain  lebih mudah menggunakan PowerPoint.

Baca Juga: Cara Membuat Grafik di PowerPoint dengan Mudah

Perdalam kemampuan Microsoft PowerPoint kamu yuk bareng Kelas Kuncie X MyEduSolve!

Penggunaan Microsoft PowerPoint merupakan hal yang penting dalam bekerja di era digital ini. Namun, masih banyak fitur-fitur dan fungsi yang belum diketahui sehingga penggunaan Microsoft Office PowerPoint yang tidak optimal dapat menyebabkan kurangnya produktivitas dalam pekerjaan karena masih manual sehingga memakan banyak waktu.

Buat kamu yang tertarik untuk mendalami lebih lanjut atau bahkan juga mendapatkan sertifikasi resmi, kamu bisa cek program Microsoft Office Specialist hasil kolaborasi Kuncie dan MyEduSolve.

Maka, penting untuk kamu mengasah kemampuan dalam menggunakan Microsoft Office terutama Microsoft PowerPoint. Semakin fasih kamu mengaplikasikannya, semakin banyak manfaat yang akan kamu dapatkan untuk produktivitas dan peningkatan karier kamu! Yuk, validasi kemampuan Microsoft PowerPoint kamu melalui kelas Microsoft Office PowerPoint dari Kuncie X MyEduSolve.

Artikel Terkait

Komentar