Sudah Tahu Manfaat Pajak untuk Kamu Sendiri? Cek di Sini!

February 9, 2023
Category: Business

Menggalakkan pentingnya taat dalam membayar pajak adalah agenda yang masih terus dilakukan pemerintah. Urgensi dari agenda ini adalah karena pajak merupakan sumber pendapatan negara yang sangat membutuhkan partisipasi masyarakat.

Pajak sendiri merupakan instrumen negara yang punya peranan cukup besar dalam menopang pembiayaan negara. Maka dari itu, pemerintah punya wewenang penuh untuk memungut pajak dari warga negaranya agar kegiatan pembangunan sarana dan prasarana demi kesejahteraan masyarakat dapat berjalan dengan baik. Seberapa banyak penerimaan negara dari pajak yang dipungut, sangat dipengaruhi oleh seberapa taat masyarakatnya untuk membayar pajak.

cta kelas pajak
Yuk Daftar Kelas Pajak Sekarang Juga!

Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 2007, definisi pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-Undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Lewat definisi di atas dapat dipahami bahwa membayar pajak sifatnya wajib. Sayangnya, kesadaran warga negara Indonesia untuk taat membayar pajak masih terbilang rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah minimnya pengetahuan mereka terhadap manfaat pajak. Yuk, langsung saja bahas soal manfaat pajak bersama Kuncie di artikel ini!

ilustrasi pajak

Manfaat Pajak yang Perlu Kamu Ketahui

Ada 3 sektor utama yang merasakan dampak pajak, yakni masyarakat atau diri kita sendiri, pemerintah, serta perusahaan. Yuk, mari simak apa saja manfaatnya!

1. Manfaat Pajak bagi Masyarakat

Dari kita, oleh kita, untuk kita. Seperti itulah kira-kira perputaran uang pajak yang biasa kita bayarkan. Membayar pajak bukan sekadar hanya untuk menjalankan sebuah kewajiban, namun juga untuk kita nikmati manfaat pajak di kemudian hari. Malahan, ada segudang manfaat yang mungkin sebelumnya tidak disadari telah kita nikmati. Berikut adalah beberapa manfaat dari pajak yang dibayarkan oleh masyarakat:

  • Dapat menikmati fasilitas umum dan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, sekolah, rumah sakit, dan lain sebagainya.
  • Membangun pertahanan dan keamanan lewat aparatur negara, seperti bangunan, senjata, perumahan, hingga gaji-gajinya.
  • Membantu berjalannya program subsidi pangan dan bahan bakar minyak untuk masyarakat yang membutuhkan.
  • Membantu menjaga kelestarian lingkungan hidup dan budaya.
  • Membantu berjalannya kepentingan demokrasi, salah satu contohnya adalah Pemilihan Umum Presiden yang dilaksanakan lima tahun sekali.
  • Membantu mengembangkan alat transportasi massal
  • Dan lain-lain.

2. Manfaat Pajak bagi Pemerintah

Bukan tanpa alasan pemerintah mewajibkan warga negara untuk membayar pajak. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pajak yang diterima pemerintah dari warga negaranya akan digunakan untuk menopang pembiayaan negara. Berikut adalah daftar manfaat pajak bagi pemerintah yang lebih terperinci.

  • Pajak membantu pemerintah membiayai pengeluaran-pengeluaran negara, seperti, pengeluaran yang bersifat self liquiditing. Salah satu contohnya adalah pengeluaran untuk proyek produktif barang ekspor.
  • Penerimaan pajak akan membiayai pengeluaran reproduktif, seperti, pengeluaran yang memberikan keuntungan ekonomis bagi masyarakat. Sebagai contoh, pengeluaran untuk pengairan dan pertanian.
  • Pajak dari masyarakat dan perusahaan digunakan untuk membiayai pengeluaran yang bersifat tidak self liquiditing dan tidak produktif. Contohnya, pengeluaran untuk pendirian monumen dan objek rekreasi.
  • Uang pajak bermanfaat untuk membiayai pengeluaran yang tidak produktif. Contoh pengeluaran tidak produktif adalah pengeluaran untuk membiayai pertahanan negara atau perang, serta pengeluaran untuk penghematan di masa yang akan datang (Contoh: pengeluaran untuk anak Indonesia dengan status yatim piatu).
  • Pajak akan mempermudah pemerintah untuk mengatur dan menjaga stabilitas perekonomian negara.

3. Manfaat bagi Perusahaan

Tahukah kamu bahwa bukan cuma individu yang wajib membayar pajak? Perusahaan yang beroperasi di suatu negara juga punya kewajiban untuk taat membayar pajak. Apa saja manfaat pajak yang dibayarkan oleh perusahaan untuk perusahaan? Jawabannya ada di bawah ini!

  • Taat membayar pajak menunjukkan bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas tinggi.
  • Ketaatan perusahaan dalam membayar pajak akan mencerminkan bahwa keuangan perusahaan tersebut sedang berada di kondisi yang sehat. Hal itu ditunjukkan dengan kemampuan mereka menunaikan kewajibannya.
  • Kemampuan perusahaan dalam menunaikan kewajiban membayar pajak juga dapat membangun kepercayaan lembaga finansial. Alhasil akan lebih mudah bagi mereka untuk mendapatkan pinjaman atau investor.
  • Perusahaan yang taat membayar pajak akan terlihat lebih profesional.
  • Keuntungan pengusaha domestik akan berlipat.

Baca Juga: Unsur-Unsur Pajak Di Indonesia Yang Perlu Kamu Ketahui

Paham Seluk Beluk Pajak dengan Mengikuti Kursus Online

Sebagai pihak yang mengeluarkan uangnya untuk membayar pajak, sudah semestinya kita memiliki pemahaman yang mendalam terkait pajak. Tujuannya agar kita mengetahui bagaimana perhitungan pajak yang perlu dibayarkan, kemana saja aliran pajak yang dibayarkan, serta mengidentifikasi manfaat dari pajak itu sendiri.

Bagi para profesional yang pekerjaan berhubungan dengan pajak, tentu saja belajar pajak adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Ada beberapa alasan mengapa belajar pajak penting bagi para profesional:

  • Membangun portofolio

Kandidat dengan skill menghitung dan memahami pajak banyak dicari oleh industri.

  • Meningkatkan Bisnis

Bagi para pekerja di bidang bisnis, menghitung pajak yang harus dibayar dengan benar bermanfaat untuk meningkatkan kelancaran bisnis, lho!

  • Meningkatkan Karier

Bagi para akuntan, memahami pajak akan semakin memudahkan tugas dan kerjanya.

Ada kabar gembira nih untuk kamu yang mau belajar pajak secara intensif. Kuncie bersama dengan Universitas Kristen Petra punya kelas online bersertifikat tentang seluk beluk pajak yang bisa kamu ikuti. Dalam durasi kelas selama 4 minggu saja, kamu sudah akan mendapatkan pembelajaran mengenai cara menghitung besaran pajak dan mengaplikasikannya sesuai dengan kebutuhan perusahaan, pelaku UMKM, individu, ataupun profesional.

Menarik banget kan? Ayo, cari tahu lebih lanjut mengenai Kursus Pajak Intensif dan daftar kelasnya DI SINI!

Referensi:

https://klikpajak.id/blog/manfaat-pajak/
https://www.cermati.com/artikel/manfaat-pajak-bagi-masyarakat-dan-negara
https://masoemuniversity.ac.id/berita/manfaat-membayar-pajak-bagi-masyarakat.php

Artikel Terkait

Komentar