Pengertian, Manfaat, Model, dan Kompetensi yang Diperlukan untuk Change Leadership

September 7, 2023
Category: Business

Change Leadership menjadi salah satu topik yang kerap dibahas ketika mendiskusikan gaya kepemimpinan. Bahkan, Change Leadership menjadi salah satu keahlian yang banyak dicari oleh perusahaan baru atau startup.

Namun, mengapa Change Leadership menjadi keterampilan yang banyak dibutuhkan? Dan, apa makna sebenarnya dari Change Leadership? Baca penjelasannya di bawah ini!

Arti Change Leadership

Secara singkat, Change Leadership adalah salah satu gaya kepemimpinan yang menekankan pentingnya perkembangan dan kemampuan adaptasi suatu tim atau organisasi/perusahaan. Seseorang dengan keahlian Change Leadership ini kerap disebut sebagai Change Leader.

Berdasarkan definisi tersebut, berarti Change Leadership banyak berhadapan dengan perubahan dan kedinamisan kondisi dalam organisasi/perusahaan. Inilah mengapa Change Leadership biasanya sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan yang sedang mengalami banyak perubahan, misal startup atau perusahaan baru. Perubahan yang dihadapi juga bervariasi, seperti restrukturisasi, mutasi, kebijakan baru, atau penggunaan teknologi baru sebagai fasilitas bekerja.

Biasanya, pegawai atau anggota tim yang mengalami perubahan akan cenderung panik, stres, burnt out, bahkan protes secara langsung terhadap perubahan tersebut. Salah satu guna Change Leadership adalah untuk menenangkan pegawai atau anggota tim agar tidak bertindak gegabah, menjadi tertekan, atau semacamnya.

Untuk memahami lebih lanjut manfaat dari Change Leadership, simak bagian selanjutnya dari artikel ini!

Manfaat Change Leadership

Sebagai salah satu gaya kepemimpinan yang paling dicari, tentunya Change Leadership bisa membawa manfaat bagi anggota tim, perusahaan, dan pemimpin itu sendiri. Manfaat-manfaat tersebut adalah:

  • Penyelesaian masalah yang lebih cepat, terutama untuk hal yang tak terduga
  • Makin adaptif dan siap mencoba hal baru untuk meningkatkan produktivitas
  • Dapat mendongkrak reputasi perusahaan sebagai tempat yang inovatif dan mengikuti perkembangan zaman
  • Pengaturan fokus yang lebih baik untuk memenuhi ekspektasi pengguna, klien, atau supervisor
  • Peningkatan efisiensi kerja 
  • Lingkungan kerja yang positif dan inklusif

Pendekatan dan Model Change Leadership

Change Leadership bukan suatu gaya kepemimpinan yang bisa diterapkan secara asal. Ada model atau pendekatan Change Leadership yang bisa Anda terapkan dalam keseharian, terutama dalam bekerja. Beberapa model Change Leadership tersebut adalah:

  • Model McKinsey 7-S: Model yang diritis oleh konsultan Tom Peters dan Robert H. Waterman, Jr. ini menekankan pada keseragaman nilai, struktur, gaya, keterampilan, staf, sistem, dan strategi sebagai 7 kunci perubahan yang efektif.  
  • Model Kotter 8-step: Dicetuskan oleh John Kotter dari Harvard, pendekatan ini menetapkan 8 langkah yang harus diambil para pemimpin, termasuk membuat visi yang jelas, membahas dan menyelesaikan kendala, serta menetapkan perubahan pada kultur perusahaan.
  • Pendekatan Bacharach: Dirintis oleh Samuel Bacharach dari Cornell University, metode ini menganjurkan para pemimpin untuk menjadi agen perubahan dengan cara membuat suatu agenda perubahan dan membiarkan perubahan ini terjadi di dalam tim secara perlahan tanpa paksaan.

Kompetensi yang Diperlukan untuk Change Leadership

Untuk menjadi seorang Change Leader dengan kemampuan Change Leadership yang mumpuni, ada beberapa kompetensi yang Anda wajib miliki. Kompetensi-kompetensi tersebut adalah:

  1. Komunikasi, karena dengan adanya banyak perubahan, banyak orang yang perlu memahami konteks perubahan tersebut, baik yang diminta untuk berubah maupun pihak yang pekerjaannya berhubungan dengan perubahan tersebut.
  2. Kolaborasi, agar perubahan dapat diimplementasikan secara optimal dan tepat sasaran.
  3. Tekad. Seseorang dengan Change Leadership memiliki keberanian dan rencana untuk menghadapi perubahan tersebut. Mereka harus siap menyelesaikan masalah yang mereka temukan ketika perubahan mulai diterapkan.
  4. Optimisme. Perubahan adalah sesuatu yang sangat mengintimidasi bagi banyak orang. Seseorang dengan keahlian Change Leadership tidak akan takut menghadapi perubahan, tapi melihatnya sebagai kesempatan baru.
  5. Rasa Penasaran. Seorang pemimpin dengan gaya kepemimpinan Change Leadership selalu penasaran dan mencari informasi baru. Mereka juga kerap bertanya dan meminta umpan balik dari rekan kerja, pegawai, klien, dan supervisor agar mereka bisa menyesuaikan diri dengan kondisi, kebutuhan, dan ekspektasi.
  6. Empati, agar Anda bisa mendengar dan memahami perspektif pihak-pihak yang diminta untuk berubah dan membimbing mereka dengan lebih baik

Tips Menjadi Change Leader

Jika Anda ingin memiliki keahlian Change Leadership dan menjadi seorang Change Leader, ada beberapa sifat dan langkah yang bisa Anda terapkan. Tentunya hal-hal berikut ini tidak bisa dilakukan langsung. Namun dengan latihan dan usaha, Anda pasti bisa menerapkannya. 

Agar Anda bisa menjadi Change Leader yang baik, Anda perlu:

  1. Menjadi mawas diri, yaitu dengan memahami dan menyesuaikan diri dengan kondisi dan sosok yang diajak untuk diskusi/berubah
  2. Berpikir jangka panjang, karena perubahan kecil dapat mengubah segalanya. Maka dari itu, seorang change leader perlu bisa melihat jauh ke depan untuk bisa mengantisipasi masalah yang akan dihadapi.
  3. Merangkul kerumitan perubahan, dengan cara meningkatkan komunikasi seputar perubahan kepada berbagai tim, level, dan pihak sekaligus menyeimbangkan kebutuhan akan performa yang lebih baik di masa kini dan masa depan
  4. Menjalani tiap langkah perubahan dengan besar hati, karena kepemimpinan menuntut Anda untuk bisa berada beberapa langkah di depan orang lain. Maka dari itu, Anda perlu mengajak orang-orang yang merencanakan perubahan untuk ikut mensosialisasikan dan melihat dampak dari perubahan yang mereka implementasikan. Kadang, hal ini dibutuhkan untuk mempercepat perkembangan positif di organisasi/perusahaan Anda.

Jadi Pemimpin di Era Penuh Perubahan dengan Kelas NYU Innovative Leadership dari Kuncie!

Siap untuk menjadi Change Leader dengan keahlian Change Leadership yang mumpuni? Temukan caranya di kelas NYU Innovative Leadership di Kuncie!

Kelas hasil kolaborasi Kuncie dengan New York University (NYU) Education ini dirancang khusus untuk para pemimpin dan changemakers di Asia Tenggara. Program sertifikasi ini membantu Anda berkelana di antara ketidakpastian dan meraih kesuksesan. Dapatkan kesempatan untuk belajar dan diskusi bersama para ahli mancanegara, dengan studi kasus nyata dan kurikulum yang terprogram khusus dari NYU Education. 

Tunggu apa lagi? Ayo jadi pemimpin yang adaptif bersama Kuncie dan NYU Education!

Referensi:

https://online.hbs.edu/blog/post/what-is-change-leadership https://www.indeed.com/career-advice/career-development/what-is-change-leadership  https://www.bluebeyondconsulting.com/thought-leadership/change-leadership/ https://glints.com/id/lowongan/change-leadership-adalah/ 

Artikel Terkait

Komentar