Kenapa Brand Awareness Penting untuk Bisnis?

Tahukah Kamu bahwa logo, warna, maupun simbol bisa mengasosiasikan ingatan dan perspektif seseorang terhadap suatu merek produk ataupun jasa? 

Misal, saat Kamu melihat tampilan handphone yang berlambangkan apel, pasti Kamu langsung teringat apa merek handphone tersebut bukan? Inilah yang dinamakan brand awareness. Lantas, apa itu brand awareness? Apa penting untuk bisnis yang kita jalani? Makanya, yuk! simak artikel ini sampai selesai biar Kamu gak ketinggalan. 

Apa Itu Brand Awareness?

Brand awareness atau yang disebut juga dengan kesadaran merek, merupakan kemampuan konsumen maupun calon konsumen untuk mengenali suatu brand dari produk atau jasa Kamu. Ini merupakan step pertama untuk memposisikan brand sebuah produk atau jasa agar mendapatkan lebih banyak pelanggan dan menjaga loyalitas pelanggan yang sudah menggunakan atau membeli produk atau jasa Kamu. 

Kemampuan konsumen dalam mengenali serta mengingat suatu brand perlu diciptakan dan dipelajari sebab akan menjadi faktor utama yang menentukan perilaku konsumen pada saat pengambilan keputusan apakah akan membelinya atau tidak. Di waktu yang sama pula, Kamu harus mempelajari perilaku konsumen demi meningkatkan kesadaran konsumen terhadap produk atau jasa Kamu. 

Kesadaran masyarakat akan sebuah brand juga menambah nilai bagi sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Jika Kamu berinvestasi untuk membangun brand awareness, hal ini bisa membantu bisnis Kamu untuk bertahan dan semakin maju.

Faktor yang dapat mempengaruhi brand awareness yaitu nama merek, logo, gambar, slogan, dan warna. Brand awareness akan berhasil jika diiringi dengan strategi bisnis yang terencana dengan baik. Hal ini terjadi karena sebagian besar konsumen akan cenderung membeli produk yang sudah dikenal atau diingat oleh mereka. 

Alasan Brand Awareness Penting untuk Bisnis!

Brand awareness sangat penting bagi bisnis jenis apa saja. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen membeli produk atau layanan jasa untuk pertama kalinya. Untuk mendapatkan konsumen baru merupakan proses yang sangat tidak mudah, maka dari itu Kamu harus mempertahankan konsumen dan membawa mereka kembali lagi.

Sehingga tercipta loyalitas yang menjadi tingkat keamanan tertentu untuk sebuah bisnis. Saat konsumen menggunakan suatu merek dan mendapatkan pengalaman yang baik, hal ini tentu saja akan membangun kepercayaan dan loyalitas yang lebih tinggi pada merek produk atau jasa tersebut. 

Brand awareness dapat membantu membedakan suatu merek dari pesaing dan membantu memenangkan pangsa pasar. Hal ini menjadikan merek yang dikenal memiliki pengakuan yang kuat agar dapat membantu perusahaan membedakan diri dari pesaing. 

Selain itu, merek yang dikenal dan memiliki pengakuan yang kuat akan memiliki nilai yang lebih tinggi dan dapat meningkatkan nilai merek secara keseluruhan. Apabila semakin banyak konsumen menyadari suatu merek, maka akan semakin berharga pula merek tersebut.

Hal itu akan membuat penawaran umum menjadi lebih menonjol hanya dengan ditawarkan oleh merek tertentu. Secara keseluruhan, brand awareness membantu membangun reputasi dan memperkuat posisi perusahaan dalam pasar, membantu membangun basis pelanggan yang setia, dan membantu meningkatkan keuntungan bisnis jangka panjang. 

Strategi Membangun dan Meningkatkan Brand Awareness 

  1. Bangun brand yang mudah dikenali

Pilihlah nama merek yang mudah diingat, gampang disebut, serta didukung oleh logo maupun warna yang unik. Ketiganya merupakan satu kesatuan yang seharusnya bisa dengan jelas memberikan gambaran mengenai identitas perusahaan Kamu serta citra yang ingin disampaikan kepada konsumen. 

  1. Ceritakan brand story

Menceritakan sejarah, nilai, dan prestasi brand dapat membantu membangun hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan dan membuat brand Kamu lebih berkesan berbeda di masyarakat. Dengan menciptakan narasi yang beresonansi dengan pelanggan, brand dapat menjalin hubungan yang lebih dalam dengan audiensnya dan menciptakan dampak yang lebih bermakna pada brand yang Kamu buat. 

  1. Ciptakan nilai di Luar produk yang ditawarkan

Untuk membuat nilai yang lebih besar daripada produk yang ditawarkan, Kamu dapat menawarkan layanan tambahan atau pengalaman pelanggan yang luar biasa. Ini bisa meliputi kualitas pelayanan pelanggan, program jual yang baik, komunitas pelanggan yang terhubung, dan lainnya. Hal ini dapat membantu membangun hubungan yang lebih kuat dan membedakan perusahaan dari pesaing. 

  1. Buat konten yang shareable

Membuat konten yang menarik dan mudah dibagikan dapat membantu meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan produk atau layanan yang Kamu tawarkan. Konten yang shareable dapat membantu mempromosikan brand dan membangun reputasi positif melalui mulut ke mulut digital. 

  1. Bekerja Sama dengan Influencer

Yang dimaksud influencer di sini adalah orang-orang yang memiliki banyak followers di social media dan memiliki pengaruh yang kuat terhadap followers mereka seperti blogger, youtuber, selebgram, dan lain sebagainya. Para influencer biasanya sangat disukai dan dipercaya oleh followers mereka sehingga apa yang mereka sampaikan dan lakukan bisa mempengaruhi followers untuk mencoba dan membeli sebuah produk. 

  1. Berikan produk dengan cuma-cuma

Orang-orang biasanya merasa senang jika menerima suatu produk dengan cuma-cuma. Hal yang harus Kamu perhatikan dalam membagikan produk ini adalah kualitas, jangan sampai produk yang diberikan memiliki kerusakan atau kekurangan, hal ini akan mempengaruhi image brand Kamu. 

  1. Pasang iklan digital untuk meningkatkan awareness

Untuk meningkatkan awareness melalui iklan digital, Kamu harus dapat mengidentifikasi siapa target audiens yang akan Kamu tuju oleh iklan tersebut. Kamu bisa melakukan iklan melalui platform iklan seperti Facebook Ads, Instagram, Google AdWords, dan lainnya. Dalam iklan tersebut, Kamu harus membuat konten yang menarik dan mudah dipahami oleh audiens. 

Mulai Belajar Digital Marketing Sekarang Juga!

Buat Kamu yang memiliki bisnis atau perusahaan, sudah seharusnya menerapkan brand awareness pada produk Kamu. Pentingnya brand awareness di atas menjadi alasan Kamu harus menerapkannya untuk mendapatkan konsumen. Kemudahan masyarakat mengetahui setiap produk atau jasa yang Kamu tawarkan akan menciptakan sebuah loyalitas pasar terhadap bisnis Kamu. Sehingga akhirnya akan semakin besar pula peluang pasar yang bisa Kamu dapatkan. 

Buat Kamu yang masih bingung gimana sih menerapkan strategi brand awareness yang baik? Tenang saja, Kamu bisa mempelajarinya di Kelas Digital Marketing
Di kelas ini kamu juga akan mempelajari cara mengoptimalisasi manajemen marketing, analisis data di Google Analytics, kreasi konten dan strategi untuk marketing yang tepat, dan masih banyak lagi. Kelas ini cocok untuk Kamu pemilik UMKM dan pemula maupun junior digital marketer. Ayo tunggu apalagi? Segera daftarkan diri Kamu di sini!

Artikel Terkait

Komentar