Pentingnya Pelatihan bagi Karyawan Sebagai Aset Perusahaan

April 2, 2023
Category: Business

Pelatihan karyawan tidak terdengar seperti sesuatu yang penting bagi perusahaan, karena tentunya perusahaan sudah merekrut talenta terbaik untuk mengisi berbagai posisi. Namun, perspektif tersebut tentunya tidak tepat.

Pelatihan karyawan tidak diadakan hanya sekadar untuk melatih karyawan. Ada banyak jenis dan manfaat pelatihan karyawan yang perlu Anda ketahui untuk benar-benar memahami dampak dari pelatihan karyawan.

Sebelum kita terjun dan membahas jenis dan manfaatnya, mari kita ulas arti dari pelatihan karyawan!

Definisi Pelatihan Karyawan

Apabila Anda adalah bagian dari departemen Human Resources atau HR di suatu perusahaan, program pelatihan karyawan perlu menjadi salah satu perhatian utama. Secara singkat, pelatihan karyawan adalah sebuah program yang akan membantu mengasah pola pikir, skill, serta pengetahuan karyawan akan topik atau bidang tertentu.

Tujuan utamanya adalah agar sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan menjadi lebih berkualitas, sehingga bisa meningkatkan produktivitas dan efektivitas demi mencapai tujuan bersama.

Program pelatihan karyawan ini tentunya perlu dilakukan secara efektif agar mencapai tujuan yang diinginkan. Salah satu caranya adalah dengan mengadakan pelatihan karyawan bersama provider atau narasumber yang berpengalaman dan terpercaya agar materi mudah dimengerti dan diaplikasikan oleh peserta.

Seperti yang sudah disebutkan, ada banyak jenis program pelatihan karyawan. Masing-masing dengan tujuan yang berbeda. Jadi, program pelatihan yang dibuat bisa disesuaikan dengan tujuan atau goal akhir diadakannya pelatihan tersebut. Namun, tujuan utamanya biasanya adalah untuk meng-upgrade aset perusahaan nomor satu, yaitu karyawan.

Alasan Karyawan Merupakan Aset Perusahaan Nomor Satu

Ada alasan mengapa perusahaan menganggap karyawan sebagai aset perusahaan nomor satu. Mari kita ulas alasannya satu persatu.

1.     Sumber Daya Terbesar

            Sumber daya manusia adalah sumber daya terbesar suatu perusahaan. Maka dari itu, sumber daya manusia tersebut harus dirawat dan dijaga agar bisa terus produktif.

2.     Wajah dari Bisnis

            Karyawan suatu perusahaan adalah perpanjangan tangan dari perusahaan itu tersebut. Tim yang aktif di lapangan, baik itu tim Sales, Riset, dan sebagainya, berhubungan langsung dengan masyarakat dan target konsumenperusahaan. Sehingga, loyalitas dan tindak tanduk mereka mereka pun menjadi representasi perusahaan.

3.     Proses Rekrutmen yang Mahal

Karyawan tidak hanya mahal ketika dibayar. Proses perekrutan karyawan juga mahal dan membutuhkan tenaga kerja lain. Investasi yang diberikan perusahaan kepada karyawan sudah dimulai sejak proses perekrutan. Itulah mengapa karyawan adalah aset yang berharga.

4.     Turnover Karyawan Tidak Ekonomis

Proses rekrutmen karyawan yang terjadi terus menerus tidak hanya menghabiskan waktu, tapi juga tenaga dan dana perusahaan. Turnover karyawan adalah sesuatu yang sangat tidak ekonomis. Maka dari itu, perusahaan berusaha untuk mempertahankan karyawan yang sudah ada.

5.     Apresiasi Terhadap Karyawan Berbanding Lurus dengan Profit

            Riset menyatakan bahwa perusahaan yang memberikan benefit dan apresiasi kepada karyawannya cenderung mendapatkan profit yang lebih tinggi. Itulah mengapa perusahaan perlu memberikan apresiasi yang layak kepada karyawannya.

6.     Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

`           Karyawan yang baik dan produktif tentunya bisa mengembangkan perusahaan dan mengoptimalkan dampak perusahaan. Dengan itu, perusahaan bisa meningkatkan daya saingnya.

7.     Memberikan Inovasi Baru

            Karyawan yang dibina dan dirawat dengan baik oleh perusahaannya cenderung lebih setia dan lebih produktif, sehingga mereka bisa berinovasi dengan lebih optimal.

Tujuan Pelatihan Karyawan Bagi Perusahaan

1.     Meningkatkan Kinerja Karyawan

2.     Meningkatkan Engagement Karyawan

3.     Memperbaiki Retensi dan Pertumbuhan Karyawan

4.     Manajemen Risiko dan Meningkatkan Efisiensi

5.     Meningkatkan Ilmu Pengetahuan

6.     Meningkatkan Kemampuan

7.     Melatih attitude dan penentuan sikap karyawan

Manfaat Pelatihan Karyawan

Seperti yang sudah dibahas, manfaat pelatihan karyawan tidak hanya untuk karyawan, tapi juga untuk perusahaan dan bahkan manajer karyawan tersebut. Mari kita simak uraiannya di bawah ini!

1.     Manfaat Bagi Perusahaan

  • Memiliki sumber daya manusia yang lebih ahli dan terampil
  • Meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan produktivitas kerja
  • Mengurangi biaya karena waktu yang terbuang akibat kesalahan dalam bekerja
  • Meningkatkan mutu hasil kerja
  • Meningkatkan sales dan profit

2.     Manfaat Bagi Manajer

  • Memiliki anggota tim yang lebih ahli dan terampil
  • Dapat mendelegasikan tugas dan tanggung jawab kepada anggota timnya
  • Dapat membagi load pekerjaan lebih baik dan efisien
  • Tugas dan pekerjaan dapat berjalan lebih lancar

3.     Manfaat Bagi Karyawan

  • Menambah skill dan pengetahuan
  • Meningkatkan rasa percaya diri
  • Meningkatkan kepuasan kerja
  • Mengurangi waktu yang digunakan untuk adaptasi

Jenis-Jenis Pelatihan Karyawan

Ada berbagai jenis pelatihan karyawan yang ada, dengan tujuan yang berbeda-beda. Dengan mengenali berbagai metode pelatihan karyawan yang ada, Anda bisa memilih dan membuat rencana pelatihan yang tepat untuk bersama-sama mencapai target perusahaan. Mari kita simak jenis-jenisnya di bawah ini!

1.     Orientasi

            Pelatihan seputar visi, misi, sejarah, dan kultur bekerja perusahaan bagi karyawan baru.

2.     Onboarding

            Pelatihan seputar sistem kerja, proses kolaborasi, dan pengetahuan dasar lainnya yang spesifik dengan bidang kerja dan tim karyawan baru.

3.     Pelatihan Keahlian Teknis

            Pelatihan karyawan yang bertujuan untuk menambah skill teknis baru atau mengembangkan skill teknis yang sudah dimiliki karyawan.

4.     Pelatihan Soft Skill

            Pelatihan karyawan yang bertujuan untuk menambah atau mengembangkan soft skill karyawan, agar karyawan bisa bekerja dengan lebih optimal.

5.     Pelatihan Bahasa

            Pelatihan bahasa untuk karyawan sebagai skill atau nilai tambah bagi karyawan.

6.     Pelatihan untuk Naik Jabatan

            Pelatihan yang diadakan untuk membantu karyawan memiliki skill set yang tepat untuk mengisi posisi yang lebih tinggi.

7.     Pelatihan Change Management

Pelatihan yang diadakan untuk mempersiapkan karyawan ketika ada perubahan besar yang terjadi di perusahaan, sekaligus melihat reaksi mereka terhadap hal tersebut.

8.     Pelatihan Kepemimpinan

            Pelatihan untuk mengasah leadership skill dengan tujuan mempersiapkan karyawan untuk menjadi pemimpin di masing-masing tim atau divisi.

Dampak Jika Perusahaan Tidak Mengadakan Pelatihan Karyawan

Setelah kita membahas berbagai manfaat dari pelatihan karyawan, mari kita ulas dampak jika suatu perusahaan tidak mengadakan pelatihan karyawan. Dan tentunya, ada dampak negatif yang muncul.

Pelatihan karyawan diadakan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill karyawan di suatu perusahaan. Ada efek jangka panjang positif yang muncul dari adanya pelatihan karyawan. Namun, perusahaan yang tidak mengadakan pelatihan karyawan cenderung akan stagnan atau tidak berkembang.

Untuk lebih jelasnya, simak uraian dampak-dampak negatif di bawah ini!

1.     Karyawan cenderung sering melakukan kesalahan dalam bekerja.

2.     Hasil pekerjaan karyawan tidak sesuai standar perusahaan.

3.     Munculnya rasa tidak puas antara perusahaan dan karyawan.

4.     Rendahnya pengetahuan karyawan akan perkembangan ilmu dan teknologi di industri terkait.

5.     Produktivitas karyawan cenderung konstan atau menurun.

6.     Loyalitas terhadap perusahaan cenderung rendah, bahkan menurun.

Rencanakan Pelatihan Karyawan yang Efektif di Kuncie Executive Mini MBA Human Capital Management!

Pelatihan karyawan yang efektif dan tepat guna tidak hanya menguntungkan bagi karyawan itu sendiri, tapi juga bagi perkembangan bisnis perusahaan. Maka dari itu, apabila Anda merupakan bagian dari Human Resources di perusahaan, rencana pelatihan karyawan harus menjadi prioritas utama.

Untuk mulai transformasi pelatihan sumber daya manusia yang lebih baik, Kuncie memiliki Program Executive Human Capital. Melalui program ini, Anda akan memperoleh kemampuan untuk menyusun strategi aplikatif dalam mengelola dan meningkatkan talenta untuk mencapai produktivitas perusahaan yang paling optimal.

Program Executive Mini MBA Human Capital merupakan serangkaian kelas kolaborasi Kuncie dan Universitas Gadjah Mada. Program ini disusun dengan materi komprehensif berisi dasar, strategi, hingga tips memaksimalkan Human Capital dan Human Resource Management yang aplikatif.

Mari melangkah menjadi HR inovatif di tengah perkembangan masif bidang industri masa kini bersama Executive Human Capital dari Kuncie dan UGM!

Referensi:

https://www.kitalulus.com/bisnis/manfaat-training-karyawan
https://majoo.id/blog/detail/5-alasan-karyawan-merupakan-aset-perusahaan-yang-nomor-satu
https://manajemen.uma.ac.id/2021/11/pentingnya-pelatihan-kerja-bagi-karyawan-dan-perusahaan/
https://www.bantubisnismu.com/karyawan-adalah-aset-berharga-perusahaan/
https://alcleadershipmanagement.com/program-pelatihan-karyawan

Artikel Terkait

Komentar