Leaders, Ketahui Proses Pengambilan Keputusan yang Baik!

September 17, 2023
Category: Business

Bagi seorang pemimpin, proses pengambilan keputusan yang baik menjadi sebuah landasan kesuksesan. Bukan tanpa alasan, sebagai garda depan, seorang pemimpin dihadapkan pada tugas-tugas kompleks dan situasi yang beragam. Memiliki kemampuan leadership skill, terutama dalam decision-making menjadi kunci untuk mengarahkan tim ke arah yang tepat. 

Proses pengambilan keputusan yang baik dapat pula meminimalisasi risiko, memaksimalkan peluang, dan menciptakan efektivitas serta produktivitas di lingkungan kerja. Artikel ini akan membantu Anda sebagai pemimpin untuk memahami proses pengambilan keputusan yang baik. Mari simak!

Apa Itu Proses Pengambilan Keputusan?

Proses pengambilan keputusan adalah serangkaian langkah yang diambil untuk memilih sejumlah pilihan untuk mencapai sebuah tujuan. Proses ini melibatkan tahap-tahap yang terstruktur, mulai dari mengidentifikasi masalah, mengumpulkan informasi, mengevaluasi alternatif, memilih solusi terbaik, hingga mengimplementasikan serta mengevaluasi keputusan yang diambil.

Proses pengambilan keputusan melibatkan analisis rasional dan pertimbangan berdasarkan fakta, angka, dan data yang relevan. Setiap tahapan proses pengambilan keputusan meliputi penilaian risiko, pertimbangan konsekuensi, serta pemikiran kritis guna meminimalisasi kesalahan dan memberikan hasil yang maksimal.

Sederet Keuntungan Memiliki Skill Pengambilan keputusan yang Baik

  1. Memberikan arahan yang kuat

Seorang pemimpin yang mampu mengambil keputusan dengan cermat memiliki visi jelas dan dapat mengartikulasikan tujuan organisasi dengan tepat. Dengan arahan yang kuat, pemimpin dapat membimbing tim kerja dalam mencapai target sasaran.

  1. Mengatasi tantangan dengan percaya diri

Dalam menghadapi tantangan dan situasi kompleks, pemimpin dengan keterampilan proses pengambilan keputusan yang baik dapat menghadapinya dengan percaya diri. Pemimpin mampu menganalisis informasi yang ada, mengevaluasi opsi, dan mengambil keputusan tanpa ragu. 

  1. Target yang tercapai

Pemimpin yang mampu melihat gambaran keseluruhan dan merencanakan strategi dengan matang memiliki peluang lebih besar untuk mencapai keberhasilan, bahkan dalam jangka panjang. Selain itu, pemimpin juga dapat meminimalisasi risiko kesalahan atau kegagalan yang dapat menghambat kemajuan perusahaan.

  1. Membangun kepercayaan 

Ketika pemimpin dapat mengambil keputusan dengan baik, tim akan melihat pemimpin sebagai seseorang yang dapat diandalkan dan bijaksana. Hal ini membuka ruang untuk kolaborasi yang lebih baik, memperkuat ikatan tim, dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

  1. Mendorong inovasi 

Pemimpin dengan keterampilan proses pengambilan keputusan yang baik dapat menghasilkan iklim kondusif bagi inovasi dan pertumbuhan. Mereka mampu mengeksplorasi ide-ide baru, mengambil risiko yang terukur, dan menciptakan kesempatan bagi tim untuk bereksperimen. Dengan demikian, pemimpin mendorong perkembangan dan kemajuan yang berkelanjutan dalam perusahaan.

Tantangan yang Dihadapi dalam Proses Pengambilan Keputusan

  1. Keterbatasan Informasi

Pengambilan keputusan yang baik membutuhkan akses terhadap informasi yang akurat dan relevan. Nyatanya, pemimpin sering kali dihadapkan pada informasi yang terbatas, tidak lengkap, atau bahkan ambigu. Tantangan ini tentunya dapat menyulitkan pemimpin dalam menganalisis situasi dengan akurat dan membuat keputusan tepat.

  1. Tekanan Waktu

Pemimpin acap kali dihadapkan pada waktu yang terbatas dalam mengambil keputusan. Singkatnya waktu yang dimiliki tentunya membuat pimpinan cenderung kesulitan dalam melakukan analisis secara mendalam. 

  1. Risiko dan Konsekuensi

Setiap keputusan tentunya memiliki konsekuensi, sehingga pemimpin harus mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko yang diambil. Maka dari itu, pemimpin harus mampu menemukan cara untuk mengurangi atau mengelola risiko tersebut.

  1. Pengaruh Emosi dan Bias

Pemimpin juga dapat terpengaruh oleh emosi dan bias dalam pengambilan keputusan. Faktor-faktor seperti ketakutan, kepuasan pribadi, atau tekanan sosial dapat memengaruhi objektivitas seorang pemimpin. 

Langkah Tepat dalam Proses Pengambilan Keputusan

  1. Identifikasi Masalah atau Tujuan

Langkah pertama adalah mengidentifikasi dengan jelas sebuah masalah atau tujuan yang ingin dicapai. Definisikan secara spesifik apa yang ingin dicapai atau masalah yang perlu diatasi.

  1. Kumpulkan Informasi

Lakukan pengumpulan informasi yang komprehensif terkait dengan masalah atau tujuan melalui sejumlah data, fakta, dan sudut pandang yang relevan. Misalnya dengan riset, konsultasi pada ahli, serta meminta pendapat dari tim.

  1. Buatlah Beragam Opsi

Buat daftar opsi atau solusi untuk mengatasi masalah atau mencapai tujuan. Pastikan Anda mempertimbangkan berbagai faktor, seperti biaya, efektivitas, efisiensi, risiko, dan dampak jangka panjang.

  1. Pilih Solusi Terbaik

Setelah membuat berbagai opsi, pilihlah solusi atau alternatif yang paling sesuai dengan situasi. Pertimbangkan kembali informasi, data, dan pertimbangan yang ada untuk membuat keputusan terbaik.

  1. Implementasi Keputusan

Setelah keputusan diambil, lakukan langkah-langkah untuk mengimplementasikan keputusan tersebut. Tetapkan rencana tindakan yang jelas, alokasikan sumber daya, dan komunikasikan keputusan kepada tim atau pihak terkait.

  1. Evaluasi 

Setelah implementasi, lakukan evaluasi terhadap hasil keputusan. Tinjau apakah tujuan telah tercapai dan apakah keputusan memberikan dampak yang diinginkan. Jika perlu, lakukan revisi atau penyesuaian strategi berdasarkan umpan balik dan pengalaman yang diperoleh.

Cara Meningkatkan Kemampuan Pengambilan Keputusan

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa mengasah kemampuan pengambilan keputusan:

  1. Kumpulkan Informasi yang Relevan

Manfaatkan semua sumber daya yang ada sebelum membuat keputusan. Gunakan waktu yang dimiliki untuk mencari tahu sebanyak mungkin tentang masalah tersebut.

  1. Berpikir secara Ekonomis

Evaluasi dan pertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari setiap pilihan dengan berpikir secara ekonomis. Artinya, Anda perlu memastikan bahwa manfaat yang didapatkan sebanding dengan biaya yang akan dikeluarkan.

  1. Rehat Sejenak

Agar bisa mengambil keputusan terbaik, Anda perlu menyegarkan pikiran terlebih dahulu. Rehatlah sejenak dengan melakukan aktivitas ringan, misalnya berjalan-jalan sebentar, berbicara dengan rekan kerja mengenai hal-hal ringan, atau tidur sejenak. 

  1. Sadari Bias Pribadi Anda

Setiap orang tidak ada yang kebal terhadap bias pribadi. Meskipun begitu, jangan sampai membiarkan bias pribadi mengambil alih proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, setelah mempertimbangkan semua data yang telah dikumpulkan dan sebelum membuat keputusan, penting untuk mempertanyakan diri sendiri, “Apakah keputusan ini berdasarkan preferensi pribadi atau tidak?”.

  1. Maafkan Diri Sendiri atas Kesalahan di masa Lalu

Tak dapat ditampik, banyak orang sering kali menyalahkan diri sendiri atas kesalahan di masa lalu. Maka dari itu, jangan biarkan kegagalan di masa lalu memengaruhi keputusan masa depan Anda. Akui kesalahan tersebut, maafkan diri Anda, dan belajarlah dari kesalahan. 

Jadilah Pemimpin dengan Skill Proses Pengambilan Keputusan yang Hebat

Jadilah Pemimpin dengan Skill Proses Pengambilan Keputusan yang Hebat

Mengingat pentingnya proses pengambilan keputusan yang baik, maka Anda sebagai pemimpin perlu memahami hal tersebut secara mendalam. Tak perlu khawatir, Anda bisa mempelajarinya bersama para ahli di bidang kepemimpinan dalam program Mini MBA yang merupakan kolaborasi antara Kuncie dan SBM ITB. 

Dalam program ini, Anda bisa mengasah sifat kepemimpinan melalui beragam kurikulum yang disiapkan secara komprehensif, salah satunya kelas High Performance Leadership. Anda akan diajarkan untuk memahami prinsip dasar memimpin orang, tim, dan organisasi secara efektif dan menciptakan budaya lingkungan kerja kolaboratif. Tunggu apalagi? Jadilah pemimpin hebat bersama Kuncie Executive Mini MBA General Management by SBM ITB!

Referensi:

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/why-is-decision-making-an-important-leadership-skill  https://aboutleaders.com/decision-making-skills/  https://high5test.com/decision-making-skills/  https://www.talenta.co/blog/proses-cara-pengambilan-keputusan-dalam-perusahaan/ 

Artikel Terkait

Komentar