Faktor yang Harus Dipertimbangkan dalam Mengevaluasi Penawaran Kerja

May 8, 2023
Category: Business

Menerima penawaran pekerjaan baru bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menegangkan pada saat yang bersamaan. Namun, sebelum menerima penawaran, penting untuk mengevaluasi penawaran kerja dengan baik.

Evaluasi yang cermat dapat membantu kamu memastikan bahwa pekerjaan tersebut cocok dengan kebutuhan, keterampilan, dan keinginan kamu. Agar kamu bisa memastikan detail dalam penawaran kerja tersebut sesuai, yuk simak faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam mengevaluasi penawaran kerja.

Apa itu Penawaran Kerja?

Istilah ‘tawaran pekerjaan’ terutama mengacu pada tawaran yang dibuat langsung kepada pelamar untuk mengisi lowongan, yaitu: untuk bekerja di perusahaan dengan biaya tetap bulanan, kontrak jangka pendek, atau secara lepas. Ini biasanya terjadi setelah menyaring dokumen (misalnya CV, surat lamaran), melakukan wawancara, dan keputusan akhir untuk kandidat tertentu.

Penawaran kerja adalah sebuah dokumen yang diberikan oleh pemberi kerja kepada calon karyawan yang menawarkan pekerjaan tertentu. Dokumen ini biasanya berisi informasi tentang posisi yang ditawarkan, tanggung jawab yang diharapkan, gaji, manfaat, dan syarat kerja lainnya. Penawaran kerja ini dapat mencakup rincian tentang jangka waktu kontrak kerja, apakah kontrak tersebut bersifat jangka panjang atau hanya kontrak kerja sementara.

Setiap penawaran kerja berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan posisi yang ditawarkan. Penawaran kerja ini diberikan kepada calon karyawan yang telah melewati serangkaian tahapan seleksi (seperti seleksi CV, wawancara, dan keputusan akhir) dan dianggap layak untuk memenuhi posisi yang tersedia di perusahaan tersebut.

Faktor yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Penawaran Kerja

penawaran kerja
Sumber: Shutterstock

Bukan hanya sebagai dokumen tertulis yang perlu kamu tanda tangani, surat penawaran kerja juga mencakup tentang rincian dari pekerjaan yang ditawarkan kepadamu. Sebelum melengkapi atau menerima surat tawaran kerja, pastikan kamu mempertimbangkan faktor-faktor di bawah ini, ya!

1.    Gaji

Gaji umumnya menjadi faktor utama yang seringkali menjadi pertimbangan utama dalam menerima penawaran kerja. Kamu harus mempertimbangkan gaji yang ditawarkan apakah sesuai dengan kualifikasi dan pengalaman kerja yang dimiliki, serta apakah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup kamu.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan kebijakan kenaikan gaji dan bonus yang ada di perusahaan untuk memastikan ada kemungkinan untuk mendapatkan kenaikan gaji di masa depan.

2.    Manfaat dan tunjangan

Selain gaji, manfaat dan tunjangan yang ditawarkan juga perlu diperhatikan. Para pencari kerja harus memeriksa manfaat seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan program pensiun, serta tunjangan seperti tunjangan makan, tunjangan transportasi, dan tunjangan lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan.

Hal ini akan membantu kamu untuk memastikan bahwa kamu mendapatkan jaminan finansial dan dukungan kesehatan yang cukup di tempat kerja.

3.    Peluang untuk pertumbuhan karier

Peluang untuk pertumbuhan karier juga perlu dipertimbangkan. Kamu harus memeriksa apakah ada program pelatihan dan pengembangan di perusahaan, dan apakah ada kesempatan untuk naik jabatan di masa depan.

Hal ini akan membantu memastikan bahwa kamu akan memiliki kesempatan untuk berkembang dan memperoleh pengalaman serta pengetahuan baru yang dapat meningkatkan karier mereka di masa depan.

4.    Lingkungan kerja

Lingkungan kerja yang positif dapat membuat pekerjaan menjadi lebih menyenangkan dan dapat mempengaruhi kesejahteraan fisik dan mental kamu. Sebelum menerima penawaran kerja, pastikan untuk mengevaluasi lingkungan kerja di tempat tersebut.

Apakah lingkungannya bersih dan nyaman? Apakah rekan kerja terlihat bahagia dan profesional? Apakah suasana di lingkungan kerja cocok dengan kepribadian dan gaya kerjamu? Hal-hal terkait lingkungan kerja ini perlu kamu pertimbangkan, ya!

5.    Budaya perusahaan

Budaya perusahaan mencakup nilai-nilai, norma, dan etika yang dianut oleh perusahaan. Sebelum menerima penawaran kerja, pastikan untuk mengevaluasi apakah budaya perusahaan tersebut cocok dengan nilai-nilai kamu.

Apakah perusahaan memberikan perhatian pada keseimbangan dunia pekerjaan & kehidupan personal (work-life balance)? Apakah perusahaan mendorong kreativitas dan inovasi? Apakah perusahaan mendukung pengembangan karyawan?

6.    Jam Kerja

Jam kerja yang fleksibel dapat memberikan fleksibilitas dalam menjalani kehidupan sehari-hari, sementara jam kerja yang ketat dapat menyulitkan kamu untuk menyeimbangkan kehidupan kerja dan pribadi. Sebelum menerima penawaran kerja, pastikan untuk mengevaluasi jam kerja yang ditawarkan oleh perusahaan.

Apakah perusahaan memiliki jam kerja yang fleksibel? Apakah perusahaan memperbolehkan bekerja dari jarak jauh? Apakah perusahaan memberikan cuti yang cukup untuk kebutuhan pribadi atau keluarga?

7.    Biaya relokasi

Jika pekerjaan baru berlokasi di tempat yang jauh dari tempat tinggal kamu saat ini, maka biaya relokasi dapat menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan sebelum menerima penawaran kerja. Biaya relokasi dapat termasuk biaya transportasi, biaya akomodasi sementara, atau biaya pengiriman barang-barang.

Pastikan untuk mengevaluasi apakah perusahaan akan memberikan bantuan finansial dalam biaya relokasi atau tidak.

8.    Etos perusahaan

Etos perusahaan mengacu pada nilai-nilai, norma, dan budaya organisasi yang diterapkan di tempat kerja. Memilih perusahaan dengan etos yang sejalan dengan nilai-nilai dan tujuan pribadi dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif dan produktif.

9.    Kesehatan perusahaan

Melakukan penelitian tentang kesehatan finansial dan reputasi perusahaan adalah aspek penting dalam mengevaluasi penawaran kerja. Pastikan bahwa perusahaan memiliki rekam jejak yang baik dan stabil secara finansial, sehingga dapat memberikan kepastian mengenai stabilitas pekerjaan di masa depan.

10. Atasan langsung

Atasan langsung akan menjadi orang yang paling mempengaruhi pengalaman kerja sehari-hari. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan bagaimana atasan itu memimpin dan menangani bawahan. Mencari informasi tentang pengalaman kerja dan reputasi atasan dapat membantu mengetahui apakah atasan cocok atau tidak dengan gaya bekerja dan kebutuhan pribadi.

11. Peran profesional

Peran profesional yang ditawarkan oleh perusahaan harus sejalan dengan tujuan karier pribadi. Jika peran tersebut tidak menyediakan tantangan atau kesempatan untuk pertumbuhan karier, menerima penawaran kerja tersebut mungkin tidak akan menghasilkan kepuasan kerja dalam jangka panjang.

12. Peluang kemajuan

Sebelum menerima penawaran kerja, penting untuk mengetahui apakah ada kesempatan untuk berkembang dan naik jabatan di perusahaan tersebut. Peluang untuk memperoleh pengalaman baru dan keterampilan baru yang dapat membantumu mencapai tujuan karier.

13. Tanggung jawab bersama

Selama proses wawancara atau diskusi tentang penawaran kerja, pastikan kamu memahami tanggung jawab yang diharapkan dari posisi tersebut. Pastikan juga bahwa tanggung jawab yang dimiliki tidak terlalu berlebihan atau tidak sesuai dengan pengalaman dan keterampilanmu.

14. Otonomi kerja

Penting juga untuk mengetahui tingkat otonomi yang diberikan dalam pekerjaan tersebut. Apakah kamu akan diberikan kebebasan dalam menentukan bagaimana tugas dikerjakan atau apakah ada aturan yang ketat yang harus diikuti. Ini juga dapat mempengaruhi kepuasan kerjamu.

15. Fleksibilitas

Pertimbangkan fleksibilitas yang ditawarkan oleh pemberi kerja. Apakah kamu dapat bekerja dari rumah jika diperlukan? Apakah ada fleksibilitas dalam jam kerja atau waktu libur? Ini penting untuk mempertimbangkan keseimbangan antara kehidupan kerja dan pribadimu.

16. Rekomendasi staf

Salah satu faktor yang dapat membantu seseorang dalam mempertimbangkan penawaran kerja adalah dengan menanyakan pendapat atau rekomendasi dari staf yang telah bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pengalaman mereka bekerja di perusahaan tersebut dan dapat membantu dalam menilai apakah perusahaan tersebut cocok dengan kebutuhan dan keinginan pribadi.

17. Ulasan perusahaan

Selain rekomendasi dari staf, seseorang juga dapat melakukan riset tentang perusahaan tersebut melalui sumber online, seperti ulasan perusahaan dari situs web seperti Glassdoor atau Indeed. Melalui ulasan perusahaan, seseorang dapat mempelajari lebih lanjut tentang budaya, kebijakan, dan pengalaman kerja di perusahaan tersebut.

18. Perundingan atau negosiasi

Ketika seseorang menerima sebuah penawaran kerja, perundingan atau negosiasi gaji dan manfaat dapat menjadi faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Jangan takut untuk meminta lebih jika merasa nilai penawaran tersebut tidak sesuai dengan nilai dan pengalaman yang dimiliki.

19. Prioritas pribadi

Terakhir, seseorang harus mempertimbangkan prioritas pribadi dalam memilih penawaran kerja, seperti lingkungan kerja, fleksibilitas, jarak tempuh dari rumah, dan work-life balance. Setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, dan penting untuk kamu memilih penawaran kerja yang cocok dengan prioritas pribadi dan kebutuhan untuk mencapai kebahagiaan dan keseimbangan dalam hidup dan karier.

Tips dalam Mengevaluasi Penawaran Kerja

Agar kamu bisa mengevaluasi penawaran kerja dengan baik & benar, pastikan kamu mengikuti tips di bawah ini.

1.    Ketahui Nilai Dirimu (Value)

Sebelum menerima penawaran kerja, pertimbangkan nilai diri kamu sebagai calon karyawan. Apa yang kamu tawarkan kepada perusahaan dan apa yang kamu cari dari pekerjaan? Kamu harus mempertimbangkan hal-hal seperti keterampilan, pengalaman, pendidikan, dan minat pribadimu. Pastikan penawaran yang diberikan sejalan dengan nilai-nilaimu.

2.    Ada Lebih Banyak yang Harus Dibayar Dibandingkan Gaji

Jangan hanya mempertimbangkan gaji dalam mengevaluasi penawaran kerja. Ada hal lain yang harus dipertimbangkan, seperti manfaat dan tunjangan, fleksibilitas kerja, dan waktu libur. Pertimbangkan juga jam kerja, lingkungan kerja, dan tanggung jawab yang mungkin kamu hadapi.

3.    Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Perusahaan

Sebelum menerima tawaran pekerjaan, pastikan bahwa perusahaan tersebut sehat secara finansial dan memiliki reputasi yang baik. Lakukan pengecekan terhadap ulasan perusahaan, reputasi di pasar, dan apakah perusahaan tersebut memiliki catatan perusahaan yang baik. Ini akan membantumu menghindari masalah di masa depan dan memastikan bahwa kamu menjadi bagian dari perusahaan yang baik.

4.    Perhitungkan Waktu Perjalanan

Apakah pekerjaan yang ditawarkan membutuhkan perjalanan? Jika iya, pertimbangkan waktu, uang, dan tenaga yang akan dikeluarkan. Jika perusahaan membutuhkanmu untuk bepergian dalam jangka waktu yang lama, pertimbangkan apakah ini sesuai dengan gaya hidupmu dan apakah kamu bersedia meninggalkan rumah dalam waktu yang lama.

5.    Pajak, Relokasi, dan Biaya Hidup

Pastikan bahwa kamu mempertimbangkan biaya hidup dan pajak di tempat kamu akan bekerja. Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya relokasi, seperti sewa apartemen, listrik, dan biaya transportasi. Pastikan juga bahwa gaji yang ditawarkan dapat memenuhi kebutuhan hidupmu.

6.    Pertimbangkan Apa yang Akan Dipelajari

Pertimbangkan apakah pekerjaan tersebut dapat memberikanmu pengalaman dan peluang untuk belajar dan berkembang. Jangan hanya fokus pada gaji dan manfaat. Perusahaan yang baik akan menawarkan peluang untuk meningkatkan keterampilan dan pengalamanmu.

Pentingnya Evaluasi Penawaran Kerja untuk Karyawan & HR

Sebagai calon penerima kerja, kamu harus mempertimbangkan faktor-faktor tersebut sebelum menerima penawaran kerja. Bukan hanya pencari kerja, aspek-aspek dari surat penawaran kerja merupakan tanggung jawab dari tim Human Resource dalam perusahaan.

Kalau kamu tertarik untuk menyelami, berkarier, atau tertarik menambah wawasan tentang manajemen SDM di tim Human Resource, jangan khawatir! Kuncie bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada dalam mengadakan kelas Kuncie Executive: Human Capital Management yang bisa membantumu dalam mempelajari kemampuan kepemimpinan dan human resource. Yuk, daftar sekarang!

Referensi:

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/what-criteria-should-you-use-to-evaluate-job-offer
https://join.com/glossary/job-offer
https://www.mindtools.com/a456g9n/8-criteria-for-evaluating-a-job-offer
https://careers.usc.edu/resources/what-to-consider-when-evaluating-a-job-offer/#:~:text=There%20are%20six%20main%20things,find%20details%20of%20each%20below.&text=Look%20for%20dental%2C%20vision%2C%20retirement,PTO%20%E2%80%93%20Paid%20Time%20Off)
https://www.flexjobs.com/blog/post/evaluate-a-job-offer/ .

Artikel Terkait

Komentar