Gelar Customized Training Bersama Kuncie Bisnis, Kimia Farma Bandung Sukses Tingkatkan Skill Karyawan di Bidang Project Management RnD

July 3, 2023
Category: News

Di dunia yang serba cepat, industri dituntut untuk berkembang mengikuti tren, teknologi, metodologi, dan cara kerja terbaru agar tetap kompetitif. Customized training atau training perusahaan menjadi hal penting yang harus dilakukan karyawan agar senantiasa memiliki keterampilan dan pengetahuan terkini yang diperlukan untuk tetap relevan dan kompetitif di bidangnya.

Kuncie Bisnis merupakan solusi tepat untuk pelatihan karyawan yang dapat dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kuncie Bisnis menawarkan training perusahaan yang lebih dari sekadar pelatihan berkualitas, sehingga sudah dipercaya berbagai mitra mulai dari Telkomsel, Indico, Indosat, Tokopedia, hingga Kimia Farma

Artikel ini juga akan membahas bagaimana Kuncie menjadi solusi customized training bagi Unit Research & Data Kimia Farma Bandung dalam meningkatkan skill Project Management

Kimia Farma Gelar Training Perusahaan Bersama Kuncie 

Pada 26-27 Juni 2023 lalu, Kuncie berkesempatan menyelenggarakan training perusahaan untuk Kimia Farma Bandung secara offline. Pelatihan tersebut ditujukan untuk pengembangan skill karyawan Unit Riset & Data Kimia Farma Bandung di bidang Project Management. Pelatihan ini juga merupakan upaya dari pihak Kimia Farma Bandung agar karyawan mampu bekerja lebih efisien, baik dalam melakukan berbagai project untuk inovasi ataupun dalam hal pengelolaan produk.

Menggandeng Kuncie sebagai pihak penyelenggara, pelatihan tersebut bersifat customized training, di mana Kimia Farma dapat mengkustomisasi pembelajaran agar sesuai dengan kebutuhan terkini perusahaan. Pelatihan offline dilangsungkan selama dua hari dengan total 44 peserta yang berada pada posisi Assistant Manager dan Supervisor. 

Keseruan Training Kimia Farma Bersama Kuncie

Training perusahaan yang diselenggarakan oleh Kuncie bagi karyawan Kimia Farma Bandung berjalan dengan lancar dan seru. Berbeda dari stereotip belajar yang kaku, menegangkan, dan serius, proses training di Kimia Farma Bandung berjalan dengan suasana yang fun. Para peserta aktif mengikuti training dan nampak menikmati sesi icebreaking yang membuat proses training menjadi lebih menyenangkan dan cair.

FUN TRAINING KIMIA FARMA

Keseruan ini tentunya bukan tercipta tanpa sengaja. Sebelum melakukan training, tim Kuncie dan Kimia Farma telah berkomunikasi sehingga ditemukan poin-poin penting yang dibutuhkan dalam training ini. Poin-poin tersebut dihadirkan & mampu membuat para karyawan engage dalam mempelajari materi training yang diberikan. 

Kurikulum Pelatihan Dirancang Sesuai Kebutuhan

Kuncie menyadari bahwa setiap perusahaan memiliki kebutuhan pelatihan yang unik, termasuk Kimia Farma Bandung. Oleh karena itu, kurikulum pelatihan dirancang secara khusus sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Education Manager Kuncie, Jati Nantiasa, menceritakan proses perancangan kurikulum dan metode training untuk Kimia Farma Bandung.  Berdasarkan penjelasannya, sebelum pelatihan dilaksanakan, Tim Kuncie melakukan analisis mendalam tentang kurikulum dan metode belajar yang akan diterapkan. 

Dari hasil analisis tersebut, Kuncie mengembangkan program pelatihan yang berfokus pada perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan semua tahapan terkait pengembangan proyek. Pelatihan juga difokuskan pada strategi optimalisasi sumber daya yang dalam pekerjaan sehari-hari.

“Pelatihan ini menekankan pendekatan 70% experiential learning. Dalam pendekatan ini, peserta akan mendapatkan insight pembelajaran melalui aktivitas belajar yang melibatkan praktik dari para peserta,” jelas Jati Nantiasa, Education Manager Kuncie. 

Pembelajaran Relevan, Aplikatif, dan Terkini

pembelajaran aplikatif kuncie x kima farma

Pembelajaran yang efektif tentu saja adalah pembelajaran yang relevan. Maka dari itu, Kuncie berusaha menyajikan materi-materi yang berkaitan langsung dengan pekerjaan sehari-hari karyawan.

Billgerd Tjengal, salah satu peserta training yang bekerja sebagai RnD Non Farma, menyatakan bahwa dirinya mempelajari banyak hal baru melalui pelatihan ini.

“Saya belajar banyak hal tentang project management. Saya senang sekali bisa belajar banyak hal baru yang bisa diaplikasikan untuk membantu pekerjaan saya melalui training ini,” ungkap Billgerd.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Salsabila Mutiara, salah satu peserta training yang bekerja pada bagian Research Center di Kimia Farma Bandung.

“Di training ini saya belajar beberapa hal yang sangat bisa diimplementasikan dalam pekerjaan. Saya belajar bagaimana membuat gantt chart, RACI, matriks, dan beberapa strategi untuk membuat project planning agar lebih terstruktur,” jelas Salsabila. 

Mentor Berpengalaman dengan Metode Belajar yang Menarik

Selain diselenggarakan berdasarkan kurikulum dan metode yang sudah dirancang khusus untuk menyesuaikan kebutuhan perusahaan, training untuk Kimia Farma juga mendatangkan mentor berpengalaman.

Salah satu mentor pengampu pada training perusahaan ini adalah Walid Ardiansyah, yang merupakan apoteker sekaligus praktisi di bidang pelatihan. Walid sudah berkecimpung sebagai praktisi pelatihan sejak 2009.

Terkait training Kimia Farma yang diselenggarakan oleh Kuncie, Walid mengakui bahwa materi yang disampaikan sangat komprehensif.

“Dari sudut pandang mentor, materi pelatihan untuk Kimia Farma yang di-handle oleh Kuncie sangat komprehensif. Baik dari penyusunan modul, koordinasi kepada mentor, serta tim yang bertugas saat penyelenggaraan sangat keren sehingga bisa memfasilitasi kegiatan ini,” jelas Walid.

Lebih lanjut lagi, Jati menjelaskan komposisi dari kombinasi metode pembelajaran pada training ini, 

Experiential learning menjadi pendekatan yang paling ditekankan dalam pelaksanaan training perusahaan ini. Namun di samping itu, metode pembelajaran juga dikombinasikan dengan mentoring coaching, in class learning, hingga pengerjaan tugas akhir dalam bentuk Action Learning Project (ALP),” ungkap Jati. 

Kombinasi metode pembelajaran ini mendapat respon positif dari peserta training. Metode pembelajaran ini membantu peserta untuk dapat memahami materi secara mendalam baik secara teoritis maupun praktikal.

Pembelajaran juga dikemas dengan komunikasi dua arah yang intens selama training. Hasilnya, materi yang dipelajari dapat diaplikasikan langsung untuk membangun resolusi dari masalah-masalah yang dirasakan oleh peserta saat menjalankan pekerjaan sebelumnya. 

“Saya sangat suka dengan kombinasi metode belajarnya. Saya bisa mempraktikkan langsung materi yang didapatkan sekaligus bertanya langsung kepada mentor untuk pemahaman yang lebih mendalam. Pastinya apa yang dipelajari di training ini sangat membantu saya dalam mengerjakan pekerjaan sebagai researcher,” tutur Billgerd.

Kuncie Bisnis, Solusi Kustomisasi Pelatihan untuk Perusahaan Anda

Secara keseluruhan, pelaksanaan customized training oleh Kuncie untuk Perusahaan Kimia Farma Bandung memberikan manfaat yang signifikan dalam peningkatan skill karyawan di bidang project management. 

Melalui pendekatan kustomisasi kurikulum, pembelajaran yang relevan dan aplikatif, mentor pengampu yang berpengalaman, serta metode belajar yang menarik, Program Kuncie Bisnis secara efektif dapat memberikan pelatihan guna meningkatkan pengetahuan wawasan dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari. Hal ini disampaikan langsung oleh Vanji Ikhsan Aziz, M.Farm. Ind., selaku Manager Research Centre Kimia Farma Bandung,

“Pelatihan Project Management RnD yang diselenggarakan oleh Kuncie membekali para peneliti kami (Kimia Farma Bandung) dalam peningkatan kemampuan kolaborasi, keterampilan, serta attitude kerja dalam mencapai visi dan misi perusahaan,” tuturnya.

Hal tersebut juga sejalan dengan  pernyataan Walid, salah satu mentor yang terlibat dalam training perusahaan Kimia Farma Bandung. 

“Kuncie Bisnis saya rasa menjadi solusi yang tepat bagi perusahaan yang ingin melakukan upskilling untuk karyawan. Harapannya, semoga Kuncie semakin berkembang dan Program Kuncie Bisnis bisa jadi fasilitator terbaik untuk membantu banyak karyawan dan perusahaan lainnya untuk bertumbuh,” jelas Walid.

Jangan biarkan kesempatan untuk mengembangkan kompetensi karyawan dan perusahaan terlewatkan begitu saja. Temukan solusi terbaik dengan Kuncie Bisnis untuk dapatkan customized training sesuai kebutuhan bisnis Anda! 
Jangan tunda lagi untuk #MemulaiPerubahan dan bawa perusahaan Anda ke arah perubahan yang positif! Kustomisasi training sesuai kebutuhan perusahaan dan jadilah semakin dekat dengan goals perusahaan. Telusuri program pelatihan perusahaan bersama Kuncie Bisnis di sini!

Artikel Terkait

Komentar