Apa itu Digital Skill dan Mengapa Penting bagi Profesional?

Digital skill pasti telah menjadi istilah yang tidak asing didengar, terutama dengan maraknya proses digital transformation atau transformasi digital. Berbagai media dan platform menjadi beberapa contoh kanal digital yang sangat berguna bagi Anda, terutama jika Anda merupakan seorang profesional muda.

Namun, apa makna sebenarnya dari digital skill? Dan, mengapa Anda perlu mempelajarinya lebih lanjut? Simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Definisi Digital Skill

Secara literal, digital skill berarti kemampuan untuk bermanuver dan memanfaatkan digital tools untuk hal-hal tertentu. Aspek yang difokuskan pada pembahasan digital skill kali ini adalah seputar penyampaian informasi atau pembuatan konten. 

Maka dari itu, digital skill atau keterampilan digital adalah kemampuan untuk menemukan, mengevaluasi, menggunakan, berbagi, dan membuat konten menggunakan perangkat digital, seperti komputer dan handphone.

Digital Skill Dasar

Ada beberapa keterampilan yang tergolong ke dalam digital skill dasar. Keterampilan-keterampilan ini berkesinambungan untuk membuat Anda menjadi seseorang yang digital-savvy. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Keterampilan dasar digital

Keterampilan dasar digital meliputi bagaimana cara menggunakan aplikasi/perangkat lunak serta perangkat keras digital. Keterampilan ini membantu Anda bermanuver di dunia digital.

  1. Komunikasi

Karena tujuan dari digital skill adalah penyampaian dan penerimaan konten, Anda perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Tujuannya agar informasi yang Anda sampaikan dan terima sudah akurat.

  1. Penanganan informasi dan konten

Seperti yang sudah dibahas di atas, tujuan dari pembelajaran digital skill adalah proses penyampaian dan penerimaan konten. Tentunya kemampuan untuk menangani dan informasi menjadi penting. Keterampilan ini penting agar Anda dapat memilih, menyortir, dan mencerna informasi/konten yang tersaji.

  1. Bertransaksi

Memahami dasar-dasar bertransaksi secara digital membantu Anda mendapatkan barang atau hal lain melalui internet. Keterampilan ini juga dibutuhkan agar Anda tidak terjebak membeli sesuatu yang tidak Anda butuhkan atau inginkan.

  1. Penyelesaian masalah

Masalah akan selalu hadir, di mana pun Anda berada. Ini termasuk di dunia digital. Dengan kemampuan penyelesaian masalah atau problem solving yang baik, Anda tidak perlu khawatir ketika menemukan kendala. Anda pasti dapat mencari solusi yang tepat!

  1. Surfing online dengan aman dan legal

Ada beberapa situs atau layanan digital yang tidak dapat diakses secara gratis. Bahkan, ada banyak konten digital yang tidak legal, misal berbahaya atau tidak mematuhi hak cipta yang berlaku. Dengan kemampuan ini, Anda bisa terus terlindung dari penipuan online atau kegiatan ilegal lainnya.

Cara Mengembangkan Digital Skill

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan digital skill Anda, di antaranya adalah dengan mengasah kemampuan atau keterampilan lainnya yang berhubungan dengan digital skill. Dengan meningkatkan kemampuan/keterampilan di bawah ini, Anda bisa memiliki kemampuan dasar untuk meningkatkan digital skill Anda. Kemampuan/keterampilan tersebut adalah:

  1. Keterampilan untuk menggunakan perangkat digital (seperti komputer, laptop, handphone, dan tablet). Keterampilan ini mencakup kemampuan untuk menggunakan aplikasi online, perangkat lunak, dan sistem operasinya.
  2. Kemampuan untuk menemukan, mengeksplorasi, mengatur, dan berbagi data serta informasi secara tepat.
  3. Kemampuan untuk menjaga privasi dan data diri Anda agar tetap aman di dunia digital.
  4. Kemampuan untuk menggunakan sumber daya digital untuk tujuan tertentu, seperti belajar, berbelanja, perbankan, atau bahkan bekerja.

Manfaat Mempelajari Digital Skill

Di era industri 4.0 seperti saat ini, tentu saja digital skill sangat berharga. Namun, untuk memahami lebih lanjut manfaat-manfaat dari digital skill, mari baca uraian berikut ini!

  1. Membuat Anda relevan

Digital skill adalah salah satu keterampilan yang paling dicari di masa kini. Jumlah pekerjaan yang membutuhkan digital skill akan terus meningkat, terutama dengan merambahnya digital transformation.

  1. Cara inovatif untuk bekerja dan belajar

Digital skill mengeksplorasi cara bekerja dan belajar yang lebih menarik dan produktif.

  1. Meningkatkan penjualan

Jika Anda berjualan, digital skill membantu Anda menarik lebih banyak pembeli, terutama jika Anda bisa menyajikan konten dan promo menarik secara daring. 

  1. Membuat proses bekerja jadi lebih mudah

Digital skill akan sangat membantu Anda dalam bekerja, karena ada banyak informasi dan tools yang bisa Anda manfaatkan dalam bekerja.

  1. Membantu kesehatan finansial

Digital skill membantu Anda mempelajari finance dengan lebih mudah, sehingga Anda bisa memiliki kesehatan finansial yang lebih baik.

  1. Memberi keunggulan yang lebih kompetitif

Melihat betapa banyaknya orang yang sudah memiliki digital skill yang mumpuni, Anda perlu mengejar ketertinggalan Anda. Dengan belajar digital skill, Anda mendapatkan keunggulan yang lebih kompetitif.

  1. Memberikan akses ke pasar luar negeri

Pasar luar negeri tidak akan bisa Anda akses tanpa digital skill, karena mengakses pasar tersebut secara luring sangat sulit. Itulah mengapa Anda membutuhkan digital skill.

Asah Digital Skill Anda di Mini MBA di Kuncie!

Digital skill sangat krusial bagi Anda yang merupakan profesional muda. Bahkan, kabar baik bagi Anda, digital skill bisa Anda pelajari di Program Mini MBA dari Kuncie!

Program Mini MBA General Management, hasil kerja sama Kuncie dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, adalah program online fast-track untuk mempelajari manajemen bisnis dengan lebih dalam dan berfokus pada pengembangan bisnis. Program ini merupakan program non-degree dengan materi kelas Master Business Administration (MBA) yang dipadatkan. 

Salah satu materi yang akan diajarkan di program Mini MBA ini adalah digital transformation, materi yang diajarkan dengan tujuan agar Anda mampu mengarahkan, memimpin serta mengevaluasi proses transformasi digital, dengan mendayagunakan seluruh sumber daya dan nilai tambah yang dimiliki perusahaan Anda. Di materi tersebut, Anda akan diajarkan bagaimana cara mengasah digital skill Anda agar Anda menjadi lebih digital savvy!

Maka dari itu, ayo bergabung dengan program Mini MBA dari Kuncie sekarang juga!

Referensi:

https://digitalskills.unlv.edu/digital-marketing/what-are-digital-skills/#:~:text=Digital%20skills%20are%20defined%20as,such%20as%20computers%20and%20smartphones.
https://blog.ecampuz.com/apa-itu-digital-skill/
https://www.unesco.org/en/articles/digital-skills-critical-jobs-and-social-inclusion
https://www.skillsyouneed.com/digital-skills.html
https://devskiller.com/blog/what-are-digital-skills/
https://tefemnetwork.com/blog/top-20-benefits-of-learning-a-digital-skill/

Artikel Terkait

Komentar