Arti Digital Transformation dan Keunggulannya

Di era industri 4.0, digital transformation adalah bagian besar dalam proses perkembangan menuju era 5.0. Proses digital transformation bukanlah proses yang terlihat sangat besar, tapi proses ini krusial dalam proses digitalisasi berbagai sektor industri.

Untuk benar-benar memahami digital transformation, simak artikel berikut!

Definisi Digital Transformation

Digital Transformation atau transformasi digital adalah proses transformasi atau perubahan sesuatu yang lama, seperti proses bisnis, budaya, atau dokumen penting, dengan menggunakan teknologi digital untuk memperbaruinya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan pasar yang terus berubah. 

Pada konteks bisnis, digital transformation adalah proses pengintegrasian teknologi pada berbagai aspek bisnis yang terjadi di suatu perusahaan. Menerapkan digital transformation merupakan salah satu tantangan bagi bisnis, namun penting untuk diwujudkan. 

Pentingnya Digital Transformation

Digital Transformation adalah suatu proses yang sangat penting bagi bisnis Anda. Salah satu alasan yang paling penting adalah keharusan, karena digital transformation berhubungan langsung dengan keberlangsungan bisnis Anda. Di era digital seperti sekarang, terutama setelah pandemi, kemampuan perusahaan-perusahaan untuk beradaptasi menjadi lebih cepat, terutama terhadap gangguan supply chain, demand pasar, bahkan proses kerja di dalam perusahaan. 

Melihat adaptasi tersebut, tentu Anda pun harus bisa mengikuti pergerakan dan perubahan yang dilakukan pesaing-pesaing Anda. Maka dari itu, Anda pun perlu melakukan digital transformation di perusahaan Anda.

Tiga Area Prioritas Digital Transformation

MIT Sloan Management Review menyebutkan tiga area utama pada suatu perusahaan yang perlu diterapkan digital transformation. Berikut adalah tiga area utama tersebut beserta contoh digital transformation yang bisa Anda terapkan:

  • Customer Experience

Membuat proses yang dapat membantu memahami pelanggan dengan lebih detail, menggunakan teknologi untuk mengembangkan pertumbuhan jumlah pelanggan, serta menciptakan touchpoint lebih banyak bagi pelanggan.

  • Operational Process

Memperbaiki proses internal dengan meningkatkan digitalisasi dan otomatisasi proses, memberdayakan karyawan dengan bantuan tools digital, serta mengumpulkan data digital untuk memantau kinerja serta membuat keputusan yang lebih strategis.

  • Business Model

Mentransformasi bisnis dengan cara menggabungkan aspek fisik dengan layanan serta tools digital, memperkenalkan produk digital, serta menggunakan teknologi untuk menyediakan layanan secara internasional.

Kerangka Digital Transformation 

Agar dapat melaksanakan proses digital transformation dengan lancar dan tepat sasaran, Anda membutuhkan kerangka pelaksanaannya. Kerangka ini tentunya beragan dan perlu disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda, namun ada beberapa poin atau aspek yang biasa dimasukkan ke dalam framework untuk digital transformation

Beberapa contoh kerangka digital transformation adalah:

  1. Pengalaman pelanggan
  2. Kegesitan operasional
  3. Budaya dan kepemimpinan
  4. Pemberdayaan tenaga kerja
  5. Integrasi teknologi digital

Tren Utama Digital Transformation

Agar dapat memulai mengaplikasian digital transformation pada perusahaan Anda, ada beberapa tren yang bisa Anda adopsi sebagai langkah pertama. Tren-tren digital transformation yang umum ditemukan adalah

  1. Adopsi platform low-code yang lebih besar
  2. Peningkatan migrasi ke cloud
  3. Penggunaan AI dan machine learning
  4. Pemanfaatan sistem pencarian cerdas atau intelligent search
  5. Otomatisasi
  6. Peningkatan investasi blockchain
  7. Kolaborasi bisnis virtual
  8. Perintisan platform customer data
  9. Everything as a Service (XaaS)

Manfaat Digital Transformation 

  1. Digitalisasi menggunakan data digital untuk menyederhanakan cara Anda bekerja.
  2. Transformasi digital menambah nilai pada setiap interaksi pelanggan.
  3. Meningkatkan produktivitas sambil mengurangi biaya tenaga kerja
  4. Meningkatkan pengalaman pelanggan
  5. Mendorong inovasi, membuat Anda tetap terdepan dalam persaingan

Rintis Kesuksesan Anda dengan Digital Transformation dari Mini MBA di Kuncie!

Memutuskan untuk menerapkan digital transformation di perusahaan Anda bukan keputusan yang mudah. Bahkan, proses perintisannya pun akan sangat sulit. Namun, itu semua bisa menjadi bibit kesuksesan Anda dan perusahaan Anda. Kabar baik bagi Anda, semua ilmu digital transformation bisa Anda dapatkan di satu tempat, yaitu di Program Mini MBA dari Kuncie!

Program Mini MBA General Management by SBM ITB, hasil kerja sama Kuncie dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, adalah program online fast-track untuk mempelajari manajemen bisnis dengan lebih dalam dan berfokus pada pengembangan bisnis. Program ini merupakan program non-degree dengan materi kelas Master Business Administration (MBA) yang dipadatkan. 

Salah satu materi yang akan diajarkan di program Mini MBA ini adalah digital transformation, materi yang diajarkan dengan tujuan agar Anda mampu mengarahkan, memimpin serta mengevaluasi proses transformasi digital, dengan mendayagunakan seluruh sumber daya dan nilai tambah yang dimiliki perusahaan Anda.

Maka dari itu, ayo bergabung dengan program Mini MBA dari Kuncie sekarang juga!

Referensi:

https://enterprisersproject.com/what-is-digital-transformation
https://www.salesforce.com/ap/products/platform/what-is-digital-transformation/
https://whatfix.com/digital-transformation/
https://www.ibm.com/topics/digital-transformation
https://theecmconsultant.com/digital-transformation-trends/

Artikel Terkait

Komentar