11 Pekerjaan WFH Terbaik Tahun 2023 

Pekerjaan WFH makin marak dicari karena bekerja di rumah menghilangkan lelahnya bepergian. Simak pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah berikut ini!

Pekerjaan WFH makin populer, bahkan setelah pandemi COVID-19 berakhir. Setelah merasakan kenyamanan bekerja di rumah tanpa mengorbankan produktivitas, kesempatan untuk bekerja secara WFH atau remote working menjadi salah satu faktor pertimbangan jobseeker masa kini. Ditambah lagi, era digital menyediakan fasilitas dan keleluasaan untuk berkomunikasi dan bekerja dengan lebih mudah, di mana pun kita berada.

Konsep bekerja secara WFH sendiri masih luas dan bervariasi, bergantung pada kebijakan masing-masing perusahaan. Sebelum kita melihat apa saja pekerjaan yang bisa dikerjakan di rumah, mari kita ulas definisi konsep WFH! (Work from Home)

Apa itu WFH?

Work from Home (WFH) adalah sistem bekerja seorang atau banyak karyawan yang menjalankan perannya dari rumah, bukan di lingkungan kantor. Sistem bekerja ini bisa diimplementasikan sementara, seperti yang terlihat selama pandemi COVID-19, atau secara permanen sebagai bagian dari struktur kerja rumahan atau hybrid.

Sistem bekerja WFH berarti seorang karyawan berkomunikasi dengan timnya secara jarak jauh dan melakukan pekerjaannya sendiri di rumah. Kepala tim atau manajer akan memantau hasil pekerjaan secara jarak jauh dan memberi feedback ataupun arahan secara remote pula. Karyawan bekerja di rumah, tanpa harus pulang pergi ke kantor.

Baca Juga: Tren Pekerjaan Populer Yang Paling Banyak Dicari Di Tahun 2023

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Work from Home (WFH)

Layaknya sistem Work from Office atau sistem bekerja di kantor, sistem WFH punya keunggulan dan kekurangannya. Mari kita bahas satu persatu!

1. Kelebihan Sistem Work from Home (WFH)

  • Lebih fleksibel ketika menjalankan tugas, membuat janji, atau melakukan urusan pribadi.
  • Lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk obrolan dan gangguan kantor lainnya.
  • Tidak ada waktu atau biaya yang dihabiskan untuk perjalanan.
  • Waktu yang fleksibel memungkinkan karyawan untuk bekerja pada jam produktif masing-masing.
  • Lebih sedikit biaya yang didedikasikan untuk pakaian profesional.
  • Lebih banyak fleksibilitas untuk lokasi rumah/domisili karyawan dan peluang perjalanan.

2. Kekurangan Sistem Work from Home

  • Kesulitan menciptakan keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan.
  • Besarnya kemungkinan miskomunikasi karena kurangnya isyarat fisik.
  • Berkurangnya kontak langsung dengan rekan kerja.
  • Tidak ada kesempatan untuk menikmati tunjangan dan fasilitas kantor, seperti pusat kebugaran atau makanan bergizi.
  • Perasaan terisolasi karena kurangnya koneksi manusia.
  • Bias dari atasan terhadap karyawan yang bekerja dari rumah dan karyawan yang bekerja di kantor.

11 Daftar Pekerjaan yang Bisa WFH 

Dengan kelebihan dan kekurangan yang hampir seimbang, sistem WFH masih menjadi salah satu faktor pertimbangan bagi jobseeker. Bagi kamu yang juga tertarik, berikut adalah pekerjaan-pekerjaan yang bisa kamu lakukan dari rumah!

1. Digital Marketing Specialist

Posisi Digital Marketing Specialist adalah salah satu pekerjaan yang bisa dikerjakan secara remote atau WFH karena pekerjaan ini lebih banyak mengandalkan aplikasi digital online. Pekerjaan ini membutuhkan skill komunikasi dan strategi yang tepat. Tapi, semua bisa dilakukan hanya dengan komputer atau laptop!

2. Social Media Manager

Mirip dengan Digital Marketing Specialist, posisi Social Media Manager juga bisa dilakukan secara WFH. Mengelola akun sosial media bukan hal yang mudah, tapi dengan komunikasi yang baik, ekspektasi yang jelas dari perusahaan, dan profil target user yang akurat, pekerjaan ini sangat mudah dilakukan dengan WFH.

3. SEO Specialist

SEO Specialist bertanggung jawab atas performa artikel, website, atau konten lainnya yang menyebar di internet. SEO sendiri mengacu pada kata kunci yang kerap dicari target user. Dengan mengenal target user dengan baik, seorang SEO Specialist bisa lebih mudah mengatur kebutuhan SEO, meski melakukan pekerjaannya di rumah.

4. Copywriter 

Seorang Copywriter bertanggung jawab atas produksi teks dengan tujuan untuk menjual produk yang kamu buat. Pekerjaan ini tentunya bisa dilakukan secara WFH karena tidak menuntut kamu untuk bekerja di kantor.

5. Content Writer

Tugas Content Writer adalah menyampaikan informasi penting dalam berbagai bentuk, baik artikel, konten sosial media, maupun video. Dengan sumber informasi yang bisa diandalkan, Content Writer juga tidak perlu bekerja dari kantor. 

6. Web Developer

Sebagai Web Developer, seorang karyawan juga tidak harus bekerja dari rumah. Jika kamu memiliki alat atau komputer yang memadai dan koneksi internet yang bagus, kamu juga bisa bekerja sebagai seorang Web Developer.

7. Software Engineer

Seorang Software Engineer bertugas untuk membuat aplikasi atau perangkat lunak sebagai produk yang dijual atau untuk mempermudah pekerjaan tim internal dalam bekerja. Untuk itu, seorang Software Engineer tidak harus bekerja dari kantor. Jika kamu sudah mendapatkan brief atau arahan yang lengkap, kamu bisa melakukan tugasmu sebagai Software Engineer dari rumah.

8. Project Manager

Posisi Project Manager adalah salah satu pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah. Mengatur budget dan tim bisa dilakukan secara remote karena tidak ada pekerjaan atau tugas yang memaksamu untuk datang dan hadir, kecuali untuk acara-acara khusus.

9. UI/UX Designer

Seorang UI/UX Designer bertugas untuk mendesain aplikasi atau perangkat lunak. Mirip dengan Software Engineer, seorang UI/UX Designer tidak harus bekerja dari kantor karena semua pekerjaannya bisa dilakukan menggunakan laptop atau komputer.

10. Data Entry Specialist

Seorang Data Entry Specialist bertanggung jawab atas proses digitalisasi data untuk mempermudah proses penyimpanan dan pencarian data. Biasanya mereka bekerja di bagian administrasi atau tim data. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan secara remote dengan sistem WFH karena proses pengumpulan data dan proses penyetoran data juga bisa dilakukan secara jarak jauh.

11. Desainer Grafis

Pekerjaan seorang Desainer Grafis juga bisa dilakukan dengan sistem WFH. Seorang Desainer Grafis bekerja dengan komputer dan fokus pada pembuatan grafis digital dengan tujuan menjual produk yang dijual. Tentunya ini bisa dilakukan di rumah, tanpa harus bepergian ke kantor. 

Jadi Desainer Grafis Andal dengan Mengikuti Kelas Kuncie!

Menjadi seorang Graphic Designer bukan hal yang mudah, baik ketika kamu bekerja dari kantor maupun bekerja di rumah. Namun, skill desain grafis adalah skill yang bisa kamu pelajari. Bersama Kelas Kuncie Komplit Desain Grafis, kamu bisa mempelajarinya dari rumah juga!

Kelas Komplit Desain Grafis dari Kuncie adalah rangkaian kelas di mana kamu bisa belajar intensif selama 5 minggu seputar desain grafis, spesifik untuk Content Marketing. Rangkaian Kelas Komplit ini dilengkapi dengan 31 video Self-Learning dan 15 pertemuan yang membantumu belajar dengan lebih mudah. Kelas-kelas ini dibawakan oleh mentor berpengalaman agar kamu bisa membuat portofolio berkualitas dan siap untuk jadi Graphic Designer profesional! 

Ayo ikuti Kelas Komplit Desain Grafis dari Kuncie dan jadi Graphic Designer profesional!

Referensi:

https://careerfoundry.com/en/blog/career-change/work-from-home-jobs/ https://www.entrepreneur.com/growing-a-business/50-work-from-home-jobs-that-pay-well-for-remote-workers/306578 
https://join.com/glossary/work-from-home/ 
https://www.jurnal.id/id/blog/wfh-pengertian-dan-tipsnya/ 
https://www.betterteam.com/data-entry-specialist-job-description

Artikel Terkait

Komentar