ESG (Environment, Social, and Governance), Aspek Penting dalam Suatu Perusahaan

September 12, 2023
Category: Business

Apa itu ESG? Istilah tersebut mungkin terdengar asing di telinga Anda, bahkan jika Anda sudah bekerja di sebuah perusahaan sepanjang perjalanan karier Anda. Selain karena istilah tersebut baru marak digunakan akhir-akhir ini, ketiga aspek tersebut juga baru menjadi perhatian banyak perusahaan karena banyaknya investor yang fokus terhadap dampak dari perusahaan-perusahaan yang mereka dukung. 

Apabila Anda bekerja untuk suatu perusahaan yang mulai mengarah ke aspek ESG ini, artikel ini bisa menjadi pintu awal perkenalan Anda dengan ESG. Yuk baca selengkapnya di sini!

Definisi ESG

ESG adalah singkatan dari Environment, Social, dan Governance. Secara makna, ESG terdiri dari tiga komponen, yaitu:

  • Environment
  • Social
  • Governance

Ketiga aspek ini, meski kadang tidak berhubungan langsung dengan proses bisnis ataupun keuntungan yang didapatkan suatu perusahaan, kerap menjadi faktor yang dipertimbangkan ketika investor memutuskan untuk bergabung atau ketika seseorang mempertimbangkan untuk membeli saham suatu perusahaan. 

Pertimbangan ini termasuk ke dalam proses ethical investing, atau proses investasi etis. Dengan mempertimbangkan kriteria ESG, investor dapat memastikan bahwa perusahaan yang mereka investasikan memiliki dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar, sekaligus memastikan bahwa proses manajemen internal perusahaan memenuhi standar tinggi yang sudah ditetapkan. 

Menurut Hank Smith, Head of Investment Strategy di The Haverford Trust Company, ESG memastikan adanya perubahan positif yang terjadi di masyarakat dengan menjadi investor yang lebih baik. Dengan mempertimbangkan ESG, investor juga mendapatkan pandangan yang lebih holistik terhadap perusahaan yang mereka dukung, sehingga membantu mereka melihat kesempatan dan mengidentifikasi risiko dengan lebih mudah.

Kriteria ESG

Seperti yang sudah dibahas, ESG terdiri dari 3 kriteria, yaitu Environmental, Social, dan Governance. Ketiga kriteria ini mengangkat sisi-sisi yang berbeda dalam aspek keberlanjutan dan dampak positif yang dibawa oleh perusahaan. Simak penjelasannya di bawah ini.

ENVIRONMENTAL

Mawas akan lingkungan, perusahaan akan mengevaluasi bagaimana kegiatan/proses bisnis mereka berdampak terhadap lingkungan. Perusahaan juga secara aktif mencari cara dan melakukan bagian mereka untuk melindungi lingkungan.

SOCIAL

Perusahaan menjaga reputasi dan hubungan dengan para pemangku kepentingan, seperti komunitas lokal, penyalur, pelanggan, pegawai, dan pihak-pihak lainnya yang terlibat dalam ekosistem perusahaan. Perusahaan juga aktif membuat program yang berdampak positif terhadap kondisi dan kesejahteraan mereka.

GOVERNANCE

Perusahaan menjaga standar kepemimpinan dan manajemen perusahaan, sehingga proses bisnis dan kondisi internal perusahaan terus terjaga.

Pentingnya ESG

Suatu perusahaan tidak hanya ada untuk para founders-nya. Ada banyak pemangku kepentingan lainnya yang perlu diperhatikan, seperti pegawai, komunitas, pelanggan, pemegang saham, dan lingkungan hidup. Bagi investor yang sangat perhatian terhadap keberlanjutan dan dampak positif dari perusahaan yang ia dukung, pemangku-pemangku kepentingan tersebut sangatlah penting.

Dengan melihat dampak yang dihasilkan oleh perusahaan bagi kelimat pemangku kepentingan tersebut, Anda dapat mengidentifikasi kekuatan dan keberlanjutan proses bisnis suatu perusahaan. Hal tersebut diutarakan oleh Mike Walters selaku CEO USA Financial. Ia juga menambahkan bahwa perusahaan yang berusaha untuk menyeimbangkan manfaat bagi kelimat pemangku kepentingan tersebut adalah perusahaan dengan proses bisnis yang baik. Alhasil, saham yang mereka miliki pun jadi lebih berharga.

Cara Menghitung Nilai/Score ESG

Nilai atau skor ESG memang tidak mudah didapatkan. Selain itu, skor ESG juga tidak bisa asal hitung. Ada firma-firma riset ESG yang sudah memiliki sertifikasi, pengalaman, dan kemampuan untuk menghitung skor ESG dengan tepat dan resmi. 

Nantinya, skor tersebut dapat menjadi metrik yang jelas ketika membandingkan perusahaan-perusahaan berdasarkan nilai ESG-nya. Nilai tersebut merepresentasikan rating yang diberikan oleh tiap firma riset kepada perusahaan. Nilai tersebut didapatkan berdasarkan berbagai kriteria untuk menilai masing-masing komponen E (Environment), S (Social), dan G (Governance).

Biasanya, suatu perusahaan dapat meraih nilai maksimal 100. Ketika suatu perusahaan dapat memenuhi kriteria ESG dari berbagai aspek, skor mereka akan makin tinggi. Namun, tiap firma penilaian ESG memiliki metrik mereka masing-masing, sehingga skor yang didapat pun bisa bervariasi. 

Meski memiliki faktor penilaian spesifik yang berbeda di tiap firma, biasanya skor ESG didapat dari annual report atau laporan tahunan, impact report atau laporan dampak perusahaan, kebijakan keberlanjutan perusahaan, dan struktur dewan perusahaan. Firma penilai ESG juga kerap memperhatikan manajemen sumber daya, pegawai, kompensasi, dan laporan keuangan perusahaan. Selain itu, firma juga akan mempertimbangkan perusahaan yang mengembangkan, memproduksi, menyimpan atau menjual senjata, terutama senjata ilegal.

Jadi Pemimpin Transformasional yang Ahli di Bidang ESG lewat Kelas dari Kuncie!

Kini, ESG menjadi salah satu faktor yang paling dipertimbangkan oleh investor, baik venture maupun perorangan. Maka dari itu, suatu perusahaan harus mengambil keputusan dengan mempertimbangkan ketiga aspek dalam ESG!

Sebagai seorang pemimpin, tugas Anda lah untuk turut mengambil keputusan-keputusan bijak tersebut. Dan, Kelas Transformational Leadership dari Kuncie dan Fisip UI adalah tempat yang tepat untuk belajar tentang ESG dan kepemimpinan transformasional!

Kelas Transformational Leadership adalah hasil kolaborasi Kuncie dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Pemerintahan Universitas Indonesia. Kelas ini dirancang khusus untuk membekali para pesertanya dengan ilmu, perspektif, dan hard skill maupun soft skill yang berguna ketika menjalankan kegiatan sebagai pemimpin transformasional.

Sebagai pemimpin transformasional, salah satu aspek yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana mengembangkan perusahaan ke arah yang lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan aspek ESG perusahaan Anda.

Yuk ikuti Kelas Transformational Leadership Kuncie dan jadi pemimpin transformasional terbaik untuk perusahaan Anda!

Referensi:

https://money.kompas.com/read/2023/03/12/211625126/apa-itu-esg-pengertian-kriteria-dan-pentingnya-dalam-dunia-bisnis?page=all https://www.esgi.ai/apa-itu-esg/ https://www.forbes.com/advisor/investing/esg-investing/ https://esg.idx.co.id/what-is-esg 

Artikel Terkait

Komentar