6 Fungsi Microsoft Office Word yang Harus Kamu Tahu!

Kamu pasti cukup familiar dengan Microsoft Office Word (Ms. Word), bukan? Software ini banyak digunakan oleh berbagai kalangan. Kalangan tersebut misalnya pelajar, pekerja, sampai pebisnis karena fungsi Microsoft Word sangatlah banyak untuk membantu pekerjaan sehari-hari.

Mengapa Ms. Word banyak digunakan? Hal ini karena software tersebut banyak memberi manfaat. Dengan Ms. Word, pelajar bisa mengerjakan tugas, pekerja bisa mengerjakan pekerjaannya, dan pebisnis bisa menjalankan bisnisnya.

Selain Ms. Word, ada software lain yang bisa dijadikan media menulis. Akan tetapi, banyak orang lebih memilih menggunakan Ms. Word. Alasannya, software ini punya banyak fungsi yang menjadi unggulan.

Lantas, apa sajakah fungsi Microsoft Word? Untuk mengetahuinya, simaklah artikel ini dengan seksama. Akan tetapi, sebelumnya mari kita bahas pengertian Ms. Word terlebih dahulu.

CTA MS Word Certification
Yuk Dapatkan Sertifikasi Microsoft Office Word Sekarang Juga!

Apa itu Microsoft Word?

Microsoft Word adalah program pengolah kata yang memiliki tujuan untuk membuat dokumen teks yang dapat disimpan secara elektronik, dicetak di kertas, atau disimpan dalam format PDF. Program ini dikenalkan oleh Microsoft pada 25 Oktober 1983.

Pada awalnya, Microsoft Word bernama Multi-Tool Word. Saat itu, Ms. Word hanya bisa digunakan pada sistem Xenix. Seiring berjalannya waktu, Ms. Word mulai digunakan juga pada komputer IBM, Apple Macintosh, AT&T Unix, Atari ST OS/2, SCO Unix, dan macOS.

Fitur-fitur dalam Ms. Word juga tidak langsung lengkap seperti sekarang. Awalnya, hanya ada perintah dasar seperti undo, bold, italic, dan underline. Lambat laun, fitur-fiturnya semakin canggih hingga bisa digunakan untuk membuat dokumen, surat, laporan, tabel, dan banyak lainnya.

Baca Juga: Cara Membuat Grafik di Microsoft Word dengan Mudah

Fungsi Microsoft Word

1. Membuat Dokumen Teks

Fungsi Ms. Word yang pertama adalah membuat dokumen teks. Bisa dibilang, ini adalah fungsi utama dari software ini. Kamu bisa menuliskan kata-kata yang kamu mau. Misalnya, kamu bisa menulis cerita yang nantinya akan dibukukan. Lalu, kamu bisa menulis laporan, skripsi, karya ilmiah, dan lain-lain.

2. Mengedit dan Memformat Dokumen

Saat menulis, mungkin saja kamu membuat kesalahan. Nah, pada Ms. Word, kamu bisa melakukan penyuntingan atau editing. Misalnya, melakukan perintah hapus, copy-paste, undo, redo, dan lain-lian. Sehingga, kesalahan yang kamu buat bisa kamu perbaiki.

Selain penyuntingan, kamu juga bisa memformat teks yang kamu tulis. Misalnya, kamu bisa mengubah ukuran, gaya, dan warna teks. Sesuaikan dengan sebaik mungkin agar tulisanmu menjadi lebih menarik.

3. Membuat Dokumen Teks Interaktif

Dokumen yang kamu buat bisa menjadi semakin interaktif dengan memanfaatkan berbagai fitur. Misalnya, kamu bisa menambahkan tabel atau grafik. Kamu juga bisa mengatur ukuran dan warna dari tabel atau grafik tersebut. Fitur ini akan sangat berguna untuk jenis dokumen seperti laporan, skripsi, atau karya tulis.

4. Membuat Dokumen Grafis

Kamu bisa membuat dokumen grafis dengan menyisipkan gambar. Gambar tersebut juga bisa kamu ubah ukurannya. Bahkan, kamu bisa memberi efek-efek pada gambar tersebut. Selain itu, kamu juga bisa menghapus background dari foto di Ms. Word secara langsung, tanpa menggunakan aplikasi editing foto terlebih dahulu.

5. Digunakan oleh Penulis dan Peneliti

Ms. Word sangat berguna bagi penulis dan peneliti. Hal ini karena software ini bisa menjadi media dalam menulis buku dan penelitian. Kebanyakan penulis, akan menggunakan Ms. Word agar lebih mudah menulis dan menyunting naskah buku. Sedangkan, peneliti menggunakan software ini agar mudah memasukan data-data berupa tabel dan grafik.

6. Mendeteksi Kesalahan Tata Bahasa

Last but not least, Ms. Word bisa berfungsi untuk mendeteksi kesalahan tata bahasa. Sehingga, kamu bisa menulis dengan baik dan benar. Hal ini bisa membantu proses penyuntingan. Menulis menjadi lebih cepat dan tepat.

Penggunaan dan Pengaplikasian Microsoft Word

1. Dalam Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, Ms. Word bisa dimanfaatkan oleh para guru dan siswa. Guru bisa membuat bahan ajar dan siswa bisa mengerjakan tugas. Proses berbagi dokumen pun bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Bahkan, bisa dilakukan secara offline maupun online.

2. Di Tempat Kerja

Urusan administrasi di tempat kerja banyak membutuhkan Ms. Word. Misalnya, untuk mengirim surat, tagihan, membuat laporan, kop surat, dan lain-lain. Selain itu, dalam bekerja, kita juga sangat membutuhkan Ms. Word. Sebut saja bidang pekerjaan penulisan artikel, naskah film, dan banyak lainnya.

3. Membuat & Memperbarui Resume

Ms. Word bisa digunakan untuk membuat resume. Resume adalah salah satu persyaratan yang harus dipenuhi saat melamar pekerjaan. Dalam resume, kamu bisa memasukkan riwayat hidup, mulai dari pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, hingga prestasi atau pencapaian.

Selain membuat, kamu juga bisa dengan leluasa memperbarui resume. Resume sendiri harus terus diperbarui sesuai dengan perjalanan kariermu. Maka dari itu, resume harus diperbarui secara berkala dengan menyuntingnya di Ms. Word. Kemudian, kamu bisa mengubahnya ke format PDF bila perlu.

4. Untuk Penulis

Bagi penulis, Ms. Word adalah software yang cocok untuk bekerja. Penulis bisa menyusun tata letak, perataan, memformat teks, dan banyak lainnya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Ms. Word bisa memeriksa apakah ejaan yang kita tulis sudah benar. Fitur tersebut tentu saja akan sangat mempermudah penulis dalam menyelesaikan sebuah karya tulis.

Demikianlah penjelasan tentang Ms. Word dan fungsi microsoft word yang harus kamu tahu. Ms. Word merupakan software yang sangat dibutuhkan di berbagai bidang. Tidak heran, jika banyak pekerjaan memerlukan keahlian software ini.

Jika kamu belum ahli dalam mengoperasikan Ms. Word, kamu bisa berlatih sendiri dari buku atau internet. Akan tetapi, lebih baik jika kamu belajar sambil dibimbing oleh seorang ahli. Dengan bimbingan ahli, kamu bisa belajar secara lebih efektif.

Belajar Microsoft Office Word dan Dapatkan Sertifikasinya!

Kabar baiknya, kamu bisa mempelajari Ms. Word dengan bimbingan ahli dengan mengikuti program sertifikasi Ms. Word di Kuncie. Di program ini, kamu tidak hanya belajar teori, namun juga praktik dan latihan menjawab soal sertifikasi.

Dengan adanya sertifikasi, kamu akan mempunyai nilai lebih di mata recruiter. Mereka akan lebih percaya bahwa kamu menguasai Ms. Word, jika kamu mempunyai sertifikasi. Maka dari itu, sertifikasi menjadi hal yang sangat penting.

Di program sertifikasi Ms. Word di Kuncie, kamu akan mendapat materi pembelajaran berupa video. Kamu bisa memilih paket bundling dengan sertifikasi atau video pembelajaran saja. Sertifikasi tersebut pun resmi dari Microsoft.

Dalam program sertifikasi Ms. Word, Kuncie bekerja sama dengan MyEduSolve. Maka dari itu, kualitas materi dan mentor sudah tidak diragukan lagi. Selain Ms. Word, terdapat pula Ms. Excel dan Ms. PowerPoint untuk semakin melengkapi skill-mu. Nah, tunggu apa lagi? Ayo, daftarkan dirimu sekarang!

Artikel Terkait

Komentar