In-house Training vs Public Training: Definisi, Perbedaan, dan Keuntungannya

May 4, 2023
Category: Business

Ada banyak jenis pelatihan SDM yang bisa Anda pilih dengan tujuan mengembangkan kemampuan dan kapasitas karyawan dalam perusahaan Anda. Di antaranya adalah public training dan in-house training.

Kedua jenis pelatihan SDM ini sering menjadi andalan untuk meningkatkan keterampilan karyawan. Namun, keduanya sering tertukar padahal mereka memiliki sifat-sifat spesifik yang menjadi pembeda.

Mari kita ulas definisi masing-masing program, perbedaannya, serta keunggulannya.

Definisi In-house Training dan Public Training

Sebelum mengulas keuntungan dan perbedaan dari masing-masing jenis training, mari kita bahas terlebih dahulu definisi dari in-house training dan public training!

in house training
Sumber: Unsplash

1.    Definisi In-house Training

            In-house training merupakan jenis pelatihan sumber daya manusia yang diberikan secara khusus untuk karyawan atau tim tertentu dari suatu perusahaan. Maka dari itu, pelatihan yang diadakan tidak terbuka untuk umum.

Hal ini membuat ilmu yang disampaikan menjadi lebih eksklusif. Tak hanya itu, isi materi dari in-house training dapat disesuaikan dengan kebutuhan khusus dan konteks industri perusahaan.

2.    Definisi Public Training

            Berbeda dengan in-house training, public training adalah pelatihan SDM yang diadakan untuk umum. Siapapun dapat mendaftarkan diri untuk menghadiri training tersebut. Hal ini termasuk perusahaan atau instansi lain. Maka dari itu, tidak aneh ketika satu acara public training diikuti oleh lebih dari satu perusahaan atau instansi. Public training membuka kesempatan bagi perusahaan atau instansi untuk mengirimkan karyawan sebagai perwakilan.

Namun, biasanya public training hanya akan diadakan ketika kuota peserta sudah terpenuhi, sehingga jadwalnya tidak bisa diatur sesuai kebutuhan masing-masing perusahaan.

Keuntungan In-house Training dan Public Training

Setelah mengulas definisi dari in-house training dan public training, mari kita bahas keuntungan dari masing-masing jenis pelatihan ini!

1.    In-house Training

Memilih in-house training untuk melatih kemampuan karyawan tentu membawa berbagai manfaat dan keuntungan. Manfaat-manfaat tersebut di antaranya adalah:

  • Lebih Fleksibel

            Jika Anda memilih in-house training, Anda bisa menentukan tanggal, waktu, dan lokasi pelatihan sesuai keinginan perusahaan atau kebutuhan karyawan.

  • Materi Bisa Disesuaikan

            Dengan in-house training, Anda bisa membuat program atau menyusun materi yang lebih sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan/instansi. Dengan begitu, Anda bisa membuat pelatihan jadi lebih efektif karena ilmu yang disampaikan sesuai dengan permintaan.

  • Lebih Privat

            In-house training hanya diadakan untuk peserta dari satu perusahaan/instansi saja. Maka dari itu, karyawan yang mengikutinya pun hanya dari perusahaan yang sama. Dengan begitu, karyawan bisa bertanya, belajar, dan mendiskusikan masalah dalam perusahaan dengan lebih leluasa, sehingga mendapatkan solusi lebih cepat dan tepat.

  • Lebih Fokus pada Kebutuhan

            Seperti yang sudah dibahas di poin-poin sebelumnya, in-house training membuka kesempatan yang lebih leluasa bagi Anda. Maka dari itu, program pelatihan bisa lebih fokus pada kebutuhan perusahaan atau tim yang dilatih. Dengan begitu, kualitas karyawan bisa ditingkatkan dengan lebih cepat dan tepat sasaran.

2.    Public Training

            Berbeda dengan in-house training, public training adalah pelatihan terbuka yang bisa diikuti siapa saja. Berikut adalah keuntungan bagi perusahaan jika memilih public training untuk mengembangkan keterampilan karyawannya:

  • Hemat Biaya

            Public training sangat cocok bagi Anda yang ingin mengembangkan kemampuan karyawan tapi terjebak kendala budget yang pas-pasan. Program public training pasti lebih murah daripada inhouse training karena programnya diadakan secara massal.

  • Fokus pada Materi

            Karena diikuti oleh banyak perusahaan dan instansi sekaligus, rangkaian program public training dibikin sedemikian rupa sehingga materi yang ada harus tersampaikan dengan efektif. Salah satu caranya adalah dengan membuat topik yang fokus membahas satu aspek/bagian saja.

  • Suasana Kondusif

Public training biasanya diadakan di tempat yang sudah ditentukan pihak penyelenggara, di tempat yang bisa mengakomodasi kebutuhan proses ajar/belajar dalam konteks program pelatihan. Maka dari itu, biasanya kondisi pelatihan tergolong lebih kondusif.

  • Menambah Relasi/Networking

Karena dihadiri perwakilan dari berbagai perusahaan dan instansi, program pelatihan public training menjadi media yang cocok untuk memperluas networking dan menambah relasi.

Mana yang Lebih Baik: Inhouse Training atau Public Training?

Kini saatnya kita membahas pertanyaan yang paling penting, manakah yang perlu Anda pilih, inhouse training atau public training?

Tentunya, jawabannya adalah sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan masing-masing perusahaan. Akan ada banyak keuntungan dan kelemahan dari jenis pelatihan apapun yang kelak dipilih. Namun, Anda perlu memilih opsi yang cocok dengan kondisi dan situasi.

Misal, jika Anda hanya perlu melatih beberapa orang saja dari suatu tim, public training adalah opsi yang paling bijaksana karena bisa menekan biaya pelatihan. Namun, jika Anda butuh melatih semua anggota suatu tim atau bahkan perusahaan, inhouse training adalah opsi yang lebih cocok karena bisa dirancang sesuai kebutuhan perusahaan Anda.

Kembangkan Kualitas Karyawan dengan Training yang Tepat dari Kuncie!

Bingung mencari program pelatihan karyawan yang terjangkau tapi bervariasi dan bisa mengakomodasi kebutuhan perusahaan? Kuncie punya solusinya!

Kuncie bekerja sama dengan berbagai ahli untuk menyediakan program-program pelatihan yang tak hanya mengembangkan hard skill karyawan Anda, tapi juga soft skill dan pengetahuan lainnya agar kualitas sumber daya manusianya meningkat.

Ada tiga program pelatihan dari Kuncie yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, yaitu:

  • FlexiLearn Solutions

            Dapatkan video belajar berkualitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan pelatihan pegawai ini, peserta dapat menikmati fleksibilitas belajar kapan saja dan di mana saja.

Materi dalam program FlexiLearn Solutions dapat disusun sesuai kebutuhan karyawan Anda. Sehingga, mereka dapat berproses sesuai timing masing-masing untuk meningkatkan performa dan skill tanpa harus mengorbankan produktivitas kerja.

  • LeaderSolve Solutions

Pelatihan khusus bersama pengajar dan praktisi ahli dari universitas ternama seperti SBM ITB dan UGM. Program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan level manager[4]  dalam mengelola tim, serta membuat dan mengimplementasikan strategi.

Dengan LeaderSolve Solutions, Anda bisa menciptakan pemimpin yang efektif dan kompeten bagi masa depan perusahaan.

  • CareerBoost Solutions

Pelatihan untuk menambah dan memperkuat skillset karyawan agar dapat menguasai bidang-bidang yang sangat dibutuhkan oleh industri masa kini. Misalnya untuk mengasah skill teknis seperti pelatihan data analytics.

Dengan CareerBoost Solutions, Anda dapat menggali potensi pertumbuhan karier karyawan Anda dengan cepat, efektif, dan terarah.

Masing-masing program dilengkapi dengan materi pembelajaran yang komprehensif dan kurikulum yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Kuncie juga

 telah mencetak talenta profesional terlatih dengan skillset yang mumpuni di bidangnya masing-masing!

Ayo kembangkan kualitas karyawan Anda bersama Kuncie!

Referensi:

https://alcleadershipmanagement.com/public-training-program/
https://www.hrd-forum.com/mana-yang-lebih-efektif-in-house-training-atau-public-training/
https://www.peoplehum.com/glossary/in-house-training
https://www.ekrut.com/media/in-house-training-adalah
https://www.kuncie.com/solusi-bisnis/

Artikel Terkait

Komentar