Jenis-jenis Pelatihan Karyawan untuk Para Profesional

April 27, 2023
Category: Business

Pelatihan karyawan adalah suatu bentuk investasi perusahaan untuk sumber dayanya, yaitu sumber daya manusia. Pelatihan tidak hanya mendukung pengembangan keterampilan, tetapi juga menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka berharga.

Seiring kemajuan teknologi dan strategi tempat kerja berkembang, muncul kebutuhan bagi golongan profesional untuk menyelaraskan diri dengan perubahan ini, terutama dari aspek pengetahuan dan keterampilan. Penyelarasan pengetahuan dan keterampilan ini tentunya tidak hanya menguntungkan bagi karyawan, tapi juga bagi perusahaan tempatnya bekerja.

Memberi karyawan pelatihan yang relevan dan konsisten dapat membantu meningkatkan kinerja dan efisiensi di tempat kerja. Yuk simak artikel ini untuk mengetahui pentingnya, manfaat, dan jenis-jenis pelatihan karyawan untuk golongan profesional!

Pentingnya Pelatihan Karyawan

Pelatihan karyawan adalah aspek yang penting dalam perusahaan karena hal tersebut merupakan kesempatan yang baik bagi karyawan untuk membangun pengetahuan dasar dan meningkatkan keterampilan kerja mereka. Tujuan akhirnya tentu agar mereka bisa bekerja dengan lebih efektif.

jenis pelatihan karyawan
Sumber: Shutterstock

Terlepas dari biayanya, investasi dalam bentuk pelatihan karyawan akan sangat berharga jika dilakukan dengan konsisten. Ada beberapa alasan penting mengapa Anda perlu memulai program pelatihan bagi karyawan. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.     Meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan

Program pelatihan karyawan membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan karyawan agar sesuai dengan berbagai perubahan di perusahaan maupun di sektor tempatnya bekerja. Perbaikan ini akan mempengaruhi produktivitas karyawan secara positif, sehingga dapat meningkatkan keuntungan dan efisiensi organisasi.

Beberapa hal yang dapat dipelajari karyawan melalui pelatihan adalah etika kerja, hubungan manusia, dan keselamatan.

2.     Memenuhi rekomendasi penilaian kinerja

Ketika penilaian kinerja karyawan perusahaan memunculkan rekomendasi perbaikan pada topik atau keterampilan tertentu, program pelatihan dapat direncanakan sedemikian rupa sehingga karyawan bisa mendapatkan ilmu atau pengetahuan yang dibutuhkan untuk membantu memenuhi persyaratan ini.

Oleh karena itu, pelatihan dapat mengatasi area masalah yang teridentifikasi dan membangun solusinya.

3.     Mempersiapkan karyawan untuk tanggung jawab yang lebih tinggi

Program pelatihan juga dapat membantu mempersiapkan karyawan yang dipromosikan ke posisi yang lebih tinggi dan mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar dalam suatu organisasi. Program pelatihan ini ini akan membantu mereka mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk bekerja secara efektif di posisi baru mereka.

Misal, karyawan dilatih untuk memiliki skill dan karakteristik kepemimpinan tertentu. Atau, dilatih untuk menggunakan perangkat lunak/tools tertentu yang akan digunakan ketika mengisi posisi baru mereka.

4.     Menunjukkan kepada karyawan bahwa mereka dihargai

Menerapkan program pelatihan di tempat kerja akan membantu karyawan merasa lebih dihargai. Bahkan, pelatihan karyawan bisa membuat karyawan merasa utang budi kepada perusahaan. Hal ini dikarenakan mereka merasa bahwa perusahaan telah berinvestasi kepada mereka, dan mereka tidak mau menyia-nyiakan apresiasi tersebut.

Dengan terus mengajarkan keterampilan dan kemampuan baru kepada karyawan, mereka lebih termotivasi untuk menjadi pekerja yang lebih baik. Mereka juga akan merasa menjadi anggota organisasi yang lebih produktif. Tentunya, ini akan meningkatkan integritas dan kemampuan kerja mereka.

5.     Menguji efisiensi sistem manajemen kinerja baru

Program pelatihan karyawan membantu manajemen perusahaan menguji efisiensi dan efektivitas sistem manajemen baru, yang akan membantu karyawan menetapkan ekspektasi kinerja yang lebih jelas. Menggunakan sistem ini untuk melatih karyawan Anda akan memperkuat kebutuhan untuk mencapai tujuan dan membantu karyawan lebih memahami apa yang diharapkan dari mereka.

6.     Meningkatkan keterampilan IT dan komputer

Program pelatihan membantu karyawan mempelajari keterampilan komputer khusus, seperti penggunaan sistem perangkat lunak. Perusahaan dapat melatih karyawan mereka untuk membuat grafik dan spreadsheet, mengedit data dalam database mereka, dan memahami pengaturan jaringan untuk memberikan pemahaman komputer yang lebih komprehensif untuk meningkatkan efisiensi tempat kerja.

Jenis-jenis Pelatihan Karyawan

Secara total, ada 7 jenis pelatihan karyawan yang ada. Masing-masing jenis pelatihan karyawan ini ada dengan tujuan dan bentuk yang berbeda-beda. Namun, tentunya semua memiliki fungsi yang penting dalam pengembangan kemampuan dan kapasitas karyawan. Simak penjelasan masing-masing jenis pelatihan karyawan di bawah ini!

1.     Management Training

Management training adalah serangkaian pelatihan bagi karyawan untuk mempersiapkan mereka yang akan memegang posisi manajerial atau eksekutif. Pelatihan ini dibuat dengan tujuan mempersiapkan karyawan akan tanggung jawab tambahan yang lebih berat dalam perusahaan/organisasi.

Program pelatihan ini tentunya harus dibuat dengan tepat dan diajar oleh sosok-sosok berpengalaman agar informasi dan ilmu yang dibutuhkan oleh karyawan dapat diterima dan diterapkan dalam keseharian mereka.

2.     Sales Training

Karyawan, terutama yang berada di industri penjualan dan pemasaran, biasanya diwajibkan untuk mengikuti pelatihan penjualan demi mempertajam keterampilan mereka dalam menjual dan memasarkan produk dan layanan perusahaan. Pelatihan ini biasanya terdiri dari pengenalan target penjualan, product knowledge, dan sebagainya.

3.     On-the-job Training

Ketika seorang talenta baru mulai bekerja di sebuah perusahaan, biasanya mereka belum mengenal seluk-beluk perusahaan dan pekerjaan baru mereka tersebut. Maka dari itu, manajemen perlu menyediakan serangkaian program pelatihan onboarding yang bisa membantu mereka mempelajari apa yang diharapkan dari mereka serta keterampilan kerja yang diperlukan untuk posisi baru mereka.  

4.     Mentoring Scheme

Mentoring scheme ini sering diterapkan untuk staf pemula atau staf yang baru masuk. Skema pelatihan ini adalah ketika mereka ditempatkan di bawah supervisor atau manajer yang berpengalaman agar mereka bisa secara langsung mempelajari seluk-beluk pekerjaan mereka sebagai pengalaman awal di perusahaan tersebut.

5.     In-House Training

Sebagian besar organisasi melakukan berbagai tingkat pelatihan in-house untuk staf mereka.  Salah satu caranya adalah dengan meminta anggota organisasi Anda yang berpengalaman sebagai fasilitator. Pilihan lainnya adalah mendatangkan pelatih eksternal untuk membantu mengajarkan keterampilan atau kemampuan khusus kepada karyawan atau manajer.

Salah satu contoh kelas/pelatihan yang sesuai dengan kriteria tersebut adalah LeaderSolve Solutions dari Kuncie, di mana kurikulum dan materinya disusun serta diajarkan oleh praktisi ahli yang berpengalaman di bidangnya. Sehingga, mereka tidak hanya mengajarkan teori semata, tapi juga tips & trik yang aplikatif dalam keseharian.

6.     Personal Study

Selain dengan pengajar, karyawan yang berdedikasi juga bisa menyisihkan waktu mereka untuk melatih diri mereka seputar topik atau skill tertentu. Ada banyak opsi kelas yang tersedia online untuk Anda, seperti LeaderSolve Solutions dari Kuncie.

7.     Blended Training

Pelatihan jenis ini menggabungkan pembelajaran kelas dan online, sehingga karyawan yang terlibat dalam pelatihan dapat mengoptimalkan opsi pelatihan sesuai dengan kenyamanan mereka.

Manfaat Pelatihan Karyawan

Tentunya mengadakan pelatihan karyawan akan membawa banyak manfaat, baik untuk perusahaan, manajemen, maupun karyawan itu sendiri. Mari simak penjelasan masing-masing manfaat pelatihan karyawan di bawah ini!

1.     Peningkatan Produktivitas dan Kinerja

Pelatihan karyawan memberi karyawan kesempatan untuk belajar berbagai aspek yang bisa meningkatkan produktivitas dan kinerjanya di kantor.

2.     Penyeragaman Proses Kerja

Pelatihan karyawan bisa menjadi salah satu cara standarisasi proses kerja karyawan. Hal ini terjadi karena setelah pelatihan, karyawan cenderung menerapkan ilmu dan prosedur yang sama, sehingga menyamaratakan proses kerja mereka secara otomatis.

3.     Pengurangan Pemborosan

Ketika karyawan dilatih dengan tepat, mereka cenderung bekerja dengan lebih efektif dan memanfaatkan perlengkapan, tools, dan material yang ada dengan lebih baik.

4.     Pengurangan Pengawasan

Pelatihan bisa menekan kebutuhan akan pengawasan untuk karyawan, karena kemampuan kerja mereka meningkat. Alhasil, supervisi bisa ditekan dan karyawan bisa mulai dilepas untuk bekerja sendiri.

5.     Promosi dari Tim Internal

Pelatihan karyawan bisa membantu perusahaan ketika ada posisi baru yang kosong. Dengan pelatihan karyawan, perusahaan tidak harus bersusah payah mencari talenta baru lewat rangkaian proses rekrutmen pegawai.

Perusahaan bisa mengembangkan kemampuan karyawan yang sudah ada untuk bisa memenuhi kebutuhan posisi yang baru.

6.     Struktur Organisasi yang Lebih Baik

Ketika suatu perusahaan memiliki struktur/program pelatihan karyawan yang rapi, baik perusahaan maupun karyawan bisa belajar melalui trial-and-error dengan lebih jelas. Bahkan, karyawan pun tidak harus gagal terlebih dahulu sebelum akhirnya mencapai target yang diinginkan.

7.     Peningkatan Etos Kerja

Karyawan yang telah melalui rangkaian pelatihan akan lebih merasa loyal dan didukung oleh tempat kerja mereka. Alhasil, kinerja dan semangat mereka ketika bekerja pun meningkat.

8.     Peningkatan Pengetahuan Seputar Kebijakan dan Goal

Pelatihan yang tepat bisa membantu karyawan memahami kode etik, value, kebijakan, visi, serta misi perusahaan.

9.     Peningkatan Penilaian Pelanggan

Kualitas karyawan pasti meningkat ketika sudah melalui rangkaian pelatihan. Maka dari itu, atmosfer dan kinerja karyawan di kantor akan membaik dan menjadi lebih profesional. Alhasil, respon pelanggan akan layanan di perusahaan tersebut menjadi lebih positif, dan mereka akan memiliki pendapat positif pula untuk perusahaan tersebut.

10.  Lingkungan Kerja yang Lebih Baik

Jika diadakan secara rutin, pelatihan karyawan bisa membangun atmosfer kerja yang lebih positif di kantor. Alhasil, karyawan cenderung lebih mudah untuk merasa dihargai.

11.  Penggunaan Teknologi yang Ditingkatkan dan Diperbarui

Seiring perkembangan waktu dan teknologi, pelatihan adalah cara yang tepat untuk mengekspos karyawan ke teknologi dan tools baru yang bisa membantu mereka bekerja.

Kuncie Hadirkan Pelatihan Karyawan Terbaik dari Para Ahlinya!

Agar dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu mengembangkan kemampuan dan keahlian karyawan, Anda harus memastikan bahwa pelatihan karyawan yang Anda gelar dibawakan oleh ahlinya. Tak hanya itu, Anda pun harus memastikan bahwa materi yang disampaikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan topik yang dicari.

Kini, terdapat solusi mudah bagi Anda yang ingin mengadakan pelatihan karyawan. Kuncie membuka program pelatihan karyawan yang terdiri atas Kuncie FlexiLearn Solutions, LeaderSolve Solutions, CareerBoost Solutions, dan TalentHub Solutions

Program-program tersebut adalah program pengembangan skill dari Kuncie. Program ini dibawakan oleh para ahli di bidangnya, dan dilengkapi oleh pelatihan yang di-customized, pengalaman belajar secara real-time, kesempatan networking antar rekan, dan metode pengajaran dalam berbagai bentuk. Program ini dibuat untuk membantu perusahaan membangun tim yang terampil dan efektif!

Ayo kembangkan kemampuan tim Anda dan bangun tim yang optimal bersama Program Pelatihan Kuncie!

Referensi:

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/importance-of-training

Artikel Terkait

Komentar