Karakteristik Berikut Harus Dimiliki Oleh Pemimpin yang Baik

April 8, 2023
Category: Business

Ketika mendengar kata pemimpin, banyak orang akan berpikir tentang seseorang yang memimpin suatu organisasi atau institusi seperti presiden, direktur, CEO atau bahkan ketua organisasi di universitas. Bahkan, bagi sebagian orang pemimpin dikaitkan dengan seberapa lama orang tersebut berada di suatu institusi.

Memang tidak salah memiliki anggapan tersebut karena pengalaman tentu akan membentuk karakter seseorang, sehingga orang dengan ‘jam terbang’ yang tinggi seringkali dianggap lebih mumpuni untuk menjadi pemimpin. Namun, hal tersebut tidak selalu tepat karena apabila melihat perkembangan dunia profesional sekarang, banyak pemimpin muda yang memimpin berbagai perusahaan ternama.

Mengapa di usia mereka yang muda, mereka mampu mengemban tugas yang besar dan memiliki kemampuan dalam memimpin? Salah satunya adalah karena para pemimpin tersebut telah dibentuk dan melalui proses sehingga mereka memiliki karakteristik yang dibutuhkan. Kira-kira, apa saja karakteristik pemimpin yang baik tersebut? Ayo simak penjelasannya!

Apa Itu Pemimpin yang Baik?

Sebenarnya, kesempatan untuk menjadi pemimpin terbuka luas. Kesempatan tersebut dapat kita temukan di berbagai institusi atau organisasi, bahkan untuk skala yang bukan sekelas korporasi besar atau perusahaan multinasional. Namun, ada yang hal yang membedakan pemimpin baik dan yang tidak baik, terutama dari segi karakter.

Pemimpin yang baik harus memiliki integritas, keberanian, rasa hormat, kesadaran diri, empati, dan rasa syukur. Mereka juga harus memiliki kecekatan dalam mengambil keputusan dan mengetahui bagaimana mendelegasikan dan berkomunikasi secara efektif.

10 Karakteristik Kepemimpinan Paling Penting

karakteristik pemimpin baik
Sumber: Shutterstock

Seperti yang disebutkan sebelumnya, seorang pemimpin yang baik harus memiliki beberapa karakteristik pemimpin seperti integritas, keberanian, empati, dan lain-lain. Akan tetapi, bagaimana penjelasan karakteristik pemimpin yang baik tersebut secara rinci?

1.    Integritas

Dalam KBBI, integritas berarti suatu sifat yang menunjukkan kesatuan utuh sehingga memiliki potensi yang memancarkan kewibawaan atau kejujuran. Dengan demikian, integritas sangatlah penting dimiliki oleh para leader, terutama pemimpin eksekutif top-level, karena pimpinan yang memiliki integritas akan dipercaya dan menjadi panutan timnya. Alhasil, tak hanya mereka saja yang dipercaya, namun juga kejujuran dan keterbukaan di dalam tim juga akan meningkat.

2.    Delegasi

Selain integritas, kemampuan untuk mendelegasikan pekerjaan sangatlah penting di dalam kepemimpinan. Namun, yang dibutuhkan dalam kepemimpinan yang baik adalah delegasi yang efektif. Yang dimaksud di sini adalah bukan sekadar memberikan memberikan wewenang saja, namun seorang pemimpin yang baik harus bisa memberikan keputusan terbaik untuk timnya.

3.    Komunikasi

Tak ada pemimpin yang hebat tanpa kemampuan komunikasi yang baik. Maka dari itu, seorang pemimpin yang baik harus mengetahui bagaimana caranya memberikan informasi yang tepat dan efektif, serta mampu menginspirasi timnya. Selain itu, pemimpin tak hanya mampu mengkomunikasikan informasi yang akan disampaikan, namun juga menjadi pendengar yang baik. Dengan demikian, mereka harus mampu mendengarkan aspirasi anggota timnya.

4.    Kesadaran Diri

Karakteristik pemimpin lain yang yang harus dimiliki pemimpin yang baik adalah kesadaran diri. Artinya, mereka harus bisa berintrospeksi dan melihat ke dalam diri mereka. Kesadaran diri tinggi dalam seorang pemimpin membuat mereka tahu ketika mereka salah, apa kekurangan mereka, dan tahu apa saja yang harus mereka benahi.

5.    Rasa Syukur

Pemimpin adalah orang yang mengemban tanggung jawab yang sangat besar untuk perusahaan dan juga timnya. Tanpa adanya rasa syukur, seorang pemimpin akan sangat mudah menyalahkan segala sesuatu. Pasalnya, masalah bisa datang bukan dari dirinya atau timnya, namun juga hal di luar itu. Selain itu, rasa syukur mampu menurunkan kecemasan dan juga rasa frustrasi. Maka dari itu, rasa syukur tak hanya membuat seseorang menjadi pemimpin yang baik, namun juga menjaga kesehatan mental dan tubuh mereka.

6.    Belajar ketangkasan

Menjadi seorang pemimpin harus bisa menghadapi sesuatu yang tidak pasti, tapi bukan berarti tidak mencari solusi. Dari sini, seorang pemimpin harus mampu mengetahui apa yang harus dilakukan ketika terjadi masalah yang belum mereka ketahui. Mereka harus cekatan untuk mempelajari hal baru.

7.    Pengaruh

Seorang pemimpin yang baik tentu harus memiliki pengaruh. Pengaruh di sini tentu berbeda dengan segala hal yang diidentikan dengan hal-hal yang buruk dan bersifat manipulatif. Pengaruh dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk bersuara dan berpendapat, sehingga buah pemikirannya dapat berdampak bagi perusahaan atau organisasi. Pemimpin yang baik juga harus bisa memberikan contoh baik dan inspirasi bagi timnya.

8.    Empati

Empati terkait dengan kecerdasan emosional. Keahlian secara teknis dan IQ sangat penting dimiliki untuk seorang pemimpin, namun kecerdasan emosional lah yang membentuk seseorang menjadi pemimpin yang baik. Tak hanya itu saja, memiliki empati bisa membuat tempat kerja menjadi lebih baik.

9.    Keberanian

Tentu saja seorang pemimpin yang baik memiliki keberanian. Mereka harus bisa menghadapi konflik yang terjadi di dalam tim. Selain itu, pemimpin yang baik harus bisa mengutarakan kejujuran dan berani mengambil keputusan yang berat demi tujuan terbaik timnya.

10.                   Menghormati

Karakteristik pemimpin terakhir yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik adalah menghormati orang lain. Rasa hormat terhadap orang lain mampu mengurangi ketegangan dan konflik, menimbulkan kepercayaan, dan juga meningkatkan efektivitas.

Baca Juga: Menjadi Pemimpin Teladan? Berikut 5 Tipsnya

10 Kualitas Penting untuk Dipelajari Dari Seorang Pemimpin yang Baik

karakteristik pemimpin
Sumber: Shutterstock

1.    Mereka berkomunikasi dengan jelas

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa seorang pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Mereka juga harus mampu berkomunikasi dengan jelas. Pemimpin yang baik harus bisa mengutarakan informasi dengan detail agar mampu diterima oleh pendengarnya.

2.    Mereka bersemangat dengan pekerjaannya

Banyak pemimpin yang baik sangat mencintai pekerjaannya. Mereka tak segan-segan menunjukkan kecintaannya kepada pekerjaannya. Namun, kecintaan pada pekerjaan ini tidak semata-mata muncul begitu saja. Seseorang bisa mencintai pekerjaannya setelah dirinya memahami dan menemukan apa yang menyenangkan dari pekerjaannya. Jadi, jangan takut apabila Anda mengerjakan pekerjaan yang belum menjadi minat, karena minat pun dapat tumbuh secara perlahan.

3.    Mereka tidak peduli menjadi populer

Pemimpin yang baik tidak akan memperdulikan apakah ia populer atau tidak. Ia akan tetap fokus pada tujuan utamanya. Selain itu, pemimpin yang hebat juga tahu bagaimana untuk menyampaikan apa yang ia pikirkan.

4.    Mereka menjaga pikiran mereka tetap terbuka

Kualitas lain yang harus dipelajari untuk menjadi seorang pemimpin yang baik adalah terbuka pada ide-ide baru. Mereka menerima opini-opini baru, mudah beradaptasi, dan juga fleksibel.

5.    Mereka bekerja untuk karyawan mereka

Pemimpin yang baik akan menganggap karyawan mereka sebagai bagian tim. Mereka akan memastikan karyawan mereka memiliki dukungan supaya pekerjaan tetap efektif dan efisien.

6.    Mereka positif dan membesarkan hati

Pemimpin yang baik memiliki jiwa yang positif. Mereka akan mengapresiasi karyawan mereka apabila menjalankan tugasnya dengan baik. Selain itu, di suatu kesempatan, mereka juga memberikan pelatihan ketika ingin meningkatkan performa tim mereka. Tak hanya di saat sukses saja pemimpin yang baik akan tetap berpikir positif dan optimis ketika menghadapi keadaan yang sulit.

7.    Mereka menghormati orang lain

Pemimpin yang baik tahu bahwa apabila ingin dihormati, mereka harus menghormati orang lain terlebih dahulu. Mereka menghormati semua orang, mulai dari client, orang yang jauh di atas mereka, dan karyawan mereka.

8.    Mereka membangun hubungan

Seorang pemimpin yang baik juga harus memiliki kemampuan untuk membangun koneksi yang baik dan produktif. Alih-alih mempertahankan wilayahnya saja, seorang pemimpin tidak segan-segan untuk membangun jembatan dengan orang lain sehingga mereka tetap terjalin hubungannya. Selain itu, mereka juga tahu nilai dari hubungan timbal balik.

9.    Mereka memimpin dengan memberikan contoh

Pemimpin yang baik tidak hanya memberikan contoh melalui ucapan, tapi juga melalui aksi. Tim akan melihat bagaimana pemimpinnya bekerja, dan mengikuti cara kerja yang telah ditetapkan oleh pemimpin tersebut. Seorang pemimpin harus mampu memberikan contoh dan menjadi inspirasi bagi orang-orang disekitarnya.

10.                   Mereka tidak akan berhenti belajar

Kualitas yang harus dimiliki dan dipelajari seorang pemimpin adalah mereka tidak akan berhenti belajar. Mereka mementingkan pendidikan dan meningkatkan kemampuan mereka, entah itu melalui institusi formal maupun non-formal.

Pentingnya Kepemimpinan yang Baik: Fakta dan Statistik

Pentingnya kepemimpinan yang baik ternyata berpengaruh pada sikap karyawan terhadap perusahaan/tempat kerjanya. Berdasarkan penelitian dari 21st Century Leadership Challenge, 77% orang percaya bahwa kepercayaan pada pemimpin mempengaruhi keterlibatan karyawan di perusahaan. Namun, data menunjukkan bahwa 79% karyawan akan berhenti dari pekerjaannya karena pemimpinnya kurang mengapresiasi kerjanya.

Sayangnya, banyak perusahaan yang belum memiliki pimpinan dengan karakteristik yang tepat untuk menjadi pimpinan yang baik. Hal ini dibuktikan bahwa hanya 10% CEO yang mampu membimbing staf-stafnya dan dianggap sebagai pemimpin alami. Sementara itu, perusahaan yang telah mengintegrasikan pengembangan kepemimpinan di perusahaan mereka jumlahnya hanya 5%.

Dari data tersebut bisa disimpulkan bahwa kepemimpinan yang baik belum diterapkan di banyak perusahaan. Meski seperti itu, kepemimpinan masih bisa dikembangkan di setiap individu. Bahkan 83% perusahaan percaya bahwa pengembangan kepemimpinan di semua tingkatan sangatlah penting.

Perkuat Kemampuan Leadership untuk Memulai Perubahan

Situasi industri terus bergerak dengan dinamis. Terkadang, sulit untuk dapat menentukan strategi baru dalam waktu yang cepat. Akan tetapi, hal ini bukan sesuatu yang tabu bagi seorang pemimpin berkualitas.

Kemampuan leadership yang kuat membuat seorang pemimpin mampu menghadapi berbagai tantangan, bahkan yang paling sulit! Di tengah-tengah situasi yang sulit untuk diubah, pemimpin berkualitas mampu memulai perubahan dari dirinya dan membawa pengaruhnya terhadap timnya. Pada akhirnya, ia mampu membawa kesuksesan bagi perusahaan!

Jangan biarkan situasi yang tidak menentu ini menghentikan langkah Anda untuk sukses. Tantang diri Anda untuk #MemulaiPerubahan, sekarang!

Referensi:

https://www.ccl.org/articles/leading-effectively-articles/characteristics-good-leader/#:~:text=A%20good%20leader%20should%20have,all%20levels%20of%20your%20organization.
https://www.waldenu.edu/programs/business/resource/what-makes-a-good-leader-ten-essential-qualities-to-learn
https://hbr.org/2022/09/what-makes-a-great-leader
https://haiilo.com/blog/leadership-what-are-the-qualities-and-characteristics-of-a-great-leader/

Artikel Terkait

Komentar