Manfaat Belajar Microsoft Excel yang Harus Kamu Tahu!

Microsoft Excel atau biasa disebut Excel masih menempati peringkat pertama sebagai spreadsheet software terbaik dengan lebih dari 750 juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. 

Software yang usianya menginjak 41 tahun ini, unggul dalam analisis data, menggali informasi, membuat grafik, dan presentasi. Tak heran, Excel dipakai oleh hampir semua profesi, khususnya yang berkaitan dengan keuangan, akuntansi, pemasaran, operasional, bahkan layanan konsumen. 

Menariknya, meski banyak karyawan menghabiskan waktunya menggunakan Excel, lebih dari setengah karyawan tersebut tidak pernah mendapat pelatihan formal terkait Excel. Fenomena ini bisa jadi salah satu penyebab mengapa setidaknya dua kali dalam seminggu setiap karyawan akan meminta bantuan rekan kerjanya untuk menangani masalah pada lembar Excel-nya.

Kini, menguasai Excel telah menjadi salah satu syarat yang harus dimiliki oleh kandidat pelamar kerja. Mengapa menguasai Excel begitu penting? Apa saja manfaat belajar microsoft excel? Temukan jawabannya pada artikel berikut, ya. Selamat membaca hingga akhir.

kursus excel
Yuk Ikuti Kelasnya Sekarang Juga!

Pentingnya Memiliki Skill Excel 

Seperti yang telah disampaikan di atas bahwa Excel dipakai oleh hampir semua profesi, baik itu skala rumah tangga hingga perusahaan besar. Apalagi ditambah berkembangnya industri analisis data di era big data seperti sekarang ini, menguasai Excel menjadi hal esensial untuk meningkatkan performa bisnis. 

Pada mesin penelusuran Google, terdapat lebih dari 40 ribu pencarian tiap bulan yang spesifik menggunakan kata kunci terkait pelatihan atau kursus Excel, ini artinya dari sisi pengguna tampak membutuhkan peningkatan kapasitas terkait Excel itu sendiri.

Jika kamu ingin menguasai bidang analisis data, maka kemampuan Excel adalah titik awal untuk memulai perjalananmu.

Di bawah ini terdapat empat alasan pentingnya menguasai Excel, yaitu:

 1. Menjaga Keuangan Kamu Tetap Teratur

Excel sangat bagus untuk melacak dan mengelola keuangan perusahaan. Tim akuntan dapat dengan mudah memasukkan data. Kemudian, tim keuangan dapat menggunakan fitur grafik dan bagan Excel untuk melihat secara visual kondisi keuangan perusahaan dan mengelola kumpulan data. Para pembuat strategi dapat melihat peluang dan tantangan melalui hasil temuan data untuk strategi bisnis selanjutnya. 

Excel memiliki banyak fitur dan menyediakan lebih dari 400 fungsi untuk mempermudah pekerjaan, salah satunya adalah tersedianya berbagai grafik dan bagan siap pakai. Tapi kita juga diberi kebebasan untuk membuat grafik dan bagan sendiri. Sejumlah kemudahan yang ditawarkan Excel dapat meningkatkan efisiensi kinerja harian perusahaan.

2. Menguntungkan

Memiliki kemampuan Excel tingkat lanjut akan membuat profil profesional kamu bernilai lebih. Saat ini, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan pakar Excel di dalam bisnisnya, bahkan beberapa di antaranya mencari sendiri pakar Excel pada sumber informasi online untuk diajak bergabung pada perusahaannya.

Menguasai Excel tingkat lanjut artinya kamu akan piawai menggunakan fitur atau fungsi yang canggih dari Excel. Selain itu, kamu juga dapat menyelesaikan tugas dan menganalisis data dengan cepat. Hal ini akan membuat peranmu berharga dan tidak terpisahkan dari tenaga kerja.

3. Membantu Kamu Memahami Pelanggan

Excel dapat digunakan untuk mengambil dan menganalisis informasi terkait pelanggan. Hal ini menjadi penting karena hasil pengolahan data di Excel akurat. Seluruh data pelanggan dapat dikembangkan menjadi informasi yang mudah dipahami.

4. Membantu Kamu Merencanakan Masa Depan

Dalam dunia bisnis, akan selalu ada pengeluaran yang tidak terduga. Untuk perusahaan kecil, pengeluaran tak terduga ini dapat berarti perbedaan antara bertahan dalam bisnis atau tutup sama sekali. Manfaat utama menguasai Excel adalah memungkinkan kamu merencanakan berdasarkan fakta dan angka nyata, tanpa harus menebak masa depan keuangan Anda.

Baca Juga: Raih Puncak Karier Hanya dengan Kantongi Sertifikasi Microsoft Excel dari Kuncie

Manfaat Belajar Microsoft Excel

1. Cara terbaik untuk menyimpan data

Satu dari delapan orang di dunia menggunakan Excel pada kesehariannya. Banyaknya pengguna ini akan memudahkanmu berkoordinasi dan membagi hasil kerja berupa data Excel karena orang lain dapat mengaksesnya dengan mudah. 

2. Kamu dapat melakukan perhitungan

Kemampuan Excel dalam membuat perhitungan tidak perlu diragukan lagi. Di Excel, kamu bisa menggunakan daftar fungsi yang lengkap saat melakukan perhitungan. Fungsi Excel adalah menyediakan rumus untuk menghasilkan data spesifik berdasarkan nilai yang kamu tentukan. Selain itu, kamu juga dapat membuat rumus sendiri dengan menggabungkan dua fungsi atau lebih.

3. Semua alat untuk analisis data

Manfaat selanjutnya yang akan kamu dapatkan pada Excel adalah tersedianya alat untuk menganalisis data, juga mudahnya melihat hasil wawasan dari pengelolaan data tersebut. Salah satu alat atau fitur yang mendukung data besar di Excel ialah Pivot Table, fitur ini dapat membantumu melihat kesimpulan data sesuai dengan klasifikasi yang diinginkan.

4. Visualisasi data yang mudah dengan bagan

Seperti yang telah disampaikan, Excel memfasilitasi kinerja para analis data dengan menyediakan grafik dan bagan untuk memudahkan mereka melihat data secara visual, dan ini dapat dilakukan hanya dengan beberapa klik saja, mudah dan cepat, bukan?

Tidak hanya itu, ada juga tombol bernama “recommended charts”, ini adalah bagan yang direkomendasikan oleh Excel untuk tipe data yang kamu masukkan. Jika menginginkan bagan yang lain, kamu juga dapat membuat sendiri bagan yang sesuai dengan tipe data dengan menggunakan beberapa metode lainnya. 

5. Kamu dapat mencetak laporan dengan mudah

Pada Excel, kamu dapat menggunakan banyak pilihan untuk mempersiapkan halaman yang ingin kamu cetak sebagai laporan, misalnya ingin mengubah margin, ukuran kertas, orientasi, dan lain sebagainya.

6. Begitu banyak templat gratis untuk digunakan

Salah satu hal yang paling banyak orang sukai dari Excel adalah tersedianya dashboard dan template gratis yang dapat diunduh dan digunakan kapan saja.

7. Kamu dapat membuat kode untuk mengotomatisasi

Microsoft Office memiliki bahasa pengkodean sendiri yang disebut Visual Basic for Applications (VBA). VBA memungkinkan kita untuk melakukan automasi kode perintah atau fungsi pada semua aktivitas di Excel dari mulai yang paling sederhana (membuat teks miring) hingga kompleks (menyisipkan tabel pivot). Pengaplikasian VBA mungkin terdengar rumit pada data yang sedikit, misalnya data pengelolaan keuangan rumah tangga. Namun, pada data besar seperti data perusahaan, maka penggunaan VBA begitu diperlukan.

8. Mengubah dan membersihkan data

Jika kamu terbiasa bekerja dengan data, maka kamu akan mengerti bagaimana rasanya jika harus berurusan dengan data yang berantakan. Satu-satunya jalan keluar adalah dengan mengelolanya, baik itu membersihkan, memindahkan, atau bahkan mengubah tatanannya. Tentu, kegiatan ini jika dijalankan secara manual akan menguras energi dan waktu. Pada Excel, proses transformasi data ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui fitur “Power Query Editor”.

Power query editor akan melakukan transformasi dan pembersihan data dengan baik. Kamu bisa memuat data dari berbagai sumber, mengubahnya, dan mengembalikannya ke lembar kerja Excel.

9. Menyimpan data dengan jutaan baris

Meski Excel memiliki batasan dalam hal jumlah baris dan kolom, tapi Microsoft telah menghadirkan Power Pivot, sebuah tempat di mana kamu dapat menyimpan data dengan jutaan baris.

10. Kamu dapat bekerja dengan Excel online + aplikasi seluler

Yup, seiring perkembangan zaman, Excel juga memiliki versi web-nya sendiri dengan menyediakan banyak fitur seperti pada aplikasi desktop, seperti: fungsi, tabel pivot, bagan pivot, dan lain sebagainya.

Manfaat Belajar Skill Excel Tingkat Lanjut

1. Mempertajam Skill Set

Pelatihan Excel tingkat lanjut akan fokus pada sejumlah keterampilan penting yang dapat dimanfaatkan dan dihargai di hampir semua posisi di perusahaan. Setelah pelatihan, kamu akan mahir untuk membuat visualisasi, manipulasi, dan evaluasi data.

Kamu juga dapat menyediakan pengelolaan data lain, seperti alur kerja, efisiensi proyek, proyeksi keuangan dan anggaran, hingga ke tingkat inventaris perusahaan.

Skill Excel tingkat lanjut akan memudahkanmu mengelola data pada spreadsheet dan memberikan gambaran yang lebih baik tentang informasi yang ada. Kamu juga dapat memberikan jawaban atau solusi untuk masalah yang mempengaruhi bisnis dengan menginterpretasikan data pada tingkat lanjut.

Jika kamu sudah bekerja, maka skill Excel tingkat lanjut akan memberimu alat yang tepat untuk dapat bekerja lebih efektif di posisi kamu saat ini. Skill ini juga dapat menjadi bekalmu untuk maju ke posisi yang lebih tinggi. Jika saat ini kamu dalam posisi mencari kerja, maka skill Excel tingkat lanjut akan membuat profil kamu lebih berharga dan menarik para rekruter untuk memilihmu.

2. Menambah efisiensi dan produktivitas

Excel adalah kunci penting untuk mendorong produktivitas dan efisiensi kerja saat berhadapan dengan data dan perhitungan dalam jumlah besar. Jika kamu memiliki skill Excel tingkat lanjut, maka kamu dapat menyelesaikan tugas analisis data dengan lebih cepat dan akurat, termasuk ketika kamu melakukan pembaruan pada data atau melakukan efisiensi pada proses alur kerja.

3. Menambah value diri

Tidak bisa dipungkiri, dengan skill yang bertambah maka akan semakin bertambah pula pintu kesempatan yang terbuka. Setiap karyawan perlu meningkatkan performa diri bagi perusahaan agar dapat terus bertahan dan maju. Meskipun misalnya ada keadaan yang mengharuskanmu keluar dari perusahaan, nilai pada diri tidak akan hilang, kamu akan lebih mudah bekerja di tempat baru dengan pengalaman kerja dan skill yang kamu miliki.

4. Organisasi Data yang Lebih Baik

Penguasaan Excel pada tingkat lanjut juga dapat membantu kamu mengelola dan mengorganisir informasi dengan lebih baik. Membuat perhitungan, menyortir informasi, analisis data, membuat grafik akan menjadi lebih mudah dan cepat.

5. Mempermudah pekerjaan

Kamu sudah tahu bahwa skill Excel tingkat lanjut akan memudahkanmu dalam bekerja. Tahukah kamu jika hal tersebut tidak hanya semata-mata menguntungkan perusahaan, tetapi juga akan berdampak positif pada dirimu sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa pekerja yang bahagia akan 20 persen lebih produktid dibanding rekan kerja yang tidak bahagia. Semakin mudah kamu bekerja, maka akan semakin bahagia dan produktif dirimu. Ingat, “work smarter, not harder”.

6. Menumbuhkan Pengetahuan Karyawan Dengan Sedikit Biaya dan Upaya

Semakin efisien kinerja dalam perusahaan, maka akan ada sejumlah waktu dan energi yang dapat dipergunakan untuk kepentingan lain di dalam perusahaan. Semakin banyak pekerjaan terselesaikan dalam satu waktu, maka akan semakin dekat pula pada capaian yang diinginkan. 

Sejalan dengan kualitas kinerja yang meningkat, maka layanan yang diberikan pada pelanggan atau klien juga akan lebih memuaskan. Efisiensi kerja dapat didorong dari skill yang dimiliki oleh para karyawan, salah satunya mereka yang menguasai skill Excel tingkat lanjut.

Bergelut dalam dunia Excel bisa jadi begitu menantang, terutama bagi mereka yang tidak pernah memiliki pengalaman sebelumnya pada platform ini. Tidak dapat diragukan lagi, bahwa skill Excel memegang peranan krusial pada era revolusi industri 4.0 seperti saat ini. Menguasai Excel hanya salah satu dari sekian banyak skill yang penting dipelajari dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, kita wajib terus melakukan upaya peningkatan kapasitas diri agar dapat beradaptasi dengan perkembangan dan tantangan zaman.

Kuncie Mahir Excel-lent!

Ingin mahir menggunakan Microsoft Excel? Atau kamu ingin meningkatkan efektivitas bisnis melalui tools Excel? Tertarik belajar dasar pengoperasian Excel? Tenang, Kuncie punya beragam kelas terkait Microsoft Excel yang sayang jika kamu lewatkan. Ayo, cari tahu informasi kelas Excel yang sesuai dengan kebutuhanmu di sini!

Referensi:

https://excelchamps.com/benefits-of-microsoft-excel/
https://xlautomation.in/why-excel-skills-are-important-in-job-market/
https://www.corporatestaffing.co.ke/2021/08/6-benefits-of-having-advanced-excel-skills-that-will-make-you-stand-out/
https://post.edu/blog/top-10-business-benefits-of-advanced-microsoft-excel/
https://www.microbizmag.co.uk/microsoft-excel-statistics/#:~:text=There%20are%20a%20whopping%201.1,Services%2C%20which%20includes%20Microsoft%20Excel

Artikel Terkait

Komentar