Manfaat dan Contoh Pengembangan Organisasi di Perusahaan

May 19, 2023
Category: Business

Seiring dengan berkembangnya perusahaan, keorganisasian di dalamnya pun harus turut berkembang, baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Sayangnya, tak semua manajemen perusahaan sadar akan hal ini, dan tak semua sadar akan manfaat pengembangan organisasi dan apa dampaknya bagi perusahaan.

Apabila Anda sedang mencari cara untuk mengembangkan organisasi di dalam perusahaan Anda, artikel ini adalah bacaan yang tepat! Mari kita ulas definisi, manfaat, dan contoh pengembangan organisasi agar karyawan Anda bisa bekerja dengan optimal dan perusahaan Anda bisa tumbuh maksimal!

Apa itu Pengembangan Organisasi?

Pengembangan organisasi atau organizational development adalah perubahan sistematis yang direncanakan berdasarkan nilai-nilai atau struktur operasional karyawan untuk menciptakan pertumbuhan menyeluruh bagi organisasi perusahaan. Perubahan ini dilakukan dengan cara penyamaan persepsi atau alignment atas strategi, struktur, tenaga kerja, reward, metrics, dan proses manajemen.

Proses pengembangan organisasi adalah suatu bidang interdisipliner yang didukung berbagai bidang keilmuan, seperti psikologi, budaya, inovasi, ilmu sosial, pendidikan, human resource management, change management, organizational behavior, dan analisis serta desain riset. Prosesnya melibatkan berbagai tahap jangka panjang seperti peningkatan efektivitas organisasi, penyelesaian masalah, dan perbaikan kinerja organisasi.

Manfaat Pengembangan Organisasi

Pengembangan organisasi memberikan berbagai manfaat bagi Anda dan perusahaan Anda. Simak penjelasannya di bawah ini!

manfaat pengembangan organisasi
Sumber: Shutterstock

1.     Pengembangan berkelanjutan

Pengembangan organisasi menciptakan pola perbaikan konstan dengan strategi yang terus dikembangkan, dievaluasi, diterapkan, dan dinilai berdasarkan kualitas dan hasilnya. Pengembangan organisasi turut membangun lingkungan atau budaya perusahaan yang dapat merangkul perubahan, baik secara internal maupun eksternal.

2.     Peningkatan komunikasi horizontal dan vertikal

Pengembangan organisasi bisa menghasilkan komunikasi, interaksi, dan sistem feedback yang efektif dalam suatu organisasi, dengan tujuan mengembangkan perbaikan. Sistem komunikasi yang efisien menyelaraskan tujuan, nilai, dan sasaran perusahaan dengan karyawan. Hal ini membantu karyawan memahami pentingnya perubahan dalam suatu organisasi.

3.     Pertumbuhan karyawan

Pengembangan organisasi menekankan komunikasi yang efektif, yang digunakan untuk mendorong karyawan mengeksekusi perubahan yang diperlukan. Banyak perubahan di industri yang memerlukan program pengembangan karyawan. Alhasil, banyak perusahaan berupaya meningkatkan keterampilan karyawan mereka untuk membekali mereka dengan keterampilan yang lebih relevan dengan pasar.

4.     Peningkatan produk dan layanan

Inovasi adalah salah satu manfaat utama pengembangan organisasi dan merupakan faktor kunci yang berkontribusi terhadap peningkatan produk dan layanan. Salah satu caranya adalah dengan pengembangan karyawan pada program pengembangan organisasi. Dengan meningkatnya kapasitas dan keterampilan karyawan, mereka bisa menghasilkan inovasi yang lebih berkualitas dan lebih aplikatif bagi bisnis.

5.     Peningkatan margin keuntungan

Pengembangan organisasi dapat meningkatkan produktivitas dan inovasi dari karyawan, yang dapat meningkatkan keuntungan dan efisiensi. Perusahaan dapat menekan biaya operasional karena organisasi dapat mengelola perputaran dan ketidakhadiran karyawan dengan lebih baik. Setelah penyelarasan tenaga kerja, perusahan bisa fokus kepada feedback dan kepuasan konsumen.

Contoh Pengembangan Organisasi

Pengelolaan pengembangan organisasi tidak akan sama di tiap perusahaan. Apa yang berhasil untuk satu bisnis mungkin tidak aplikatif di bisnis Anda. Namun, informasi dari studi kasus pengembangan organisasi yang berhasil dieksekusi bisa membantu Anda membuat program pengembangan organisasi yang berhasil di perusahaan Anda.

Ada empat jenis metode pengembangan organisasi, dibedakan berdasarkan metode intervensi untuk pengembangan organisasi yang ada. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Intervensi aspek techno-structural

Berhubungan dengan struktur dan proses organisasi, serta pemanfaatan teknologi. Hal ini melibatkan restrukturisasi prosedur dan pengambilan keputusan, perencanaan perubahan cara kerja, dan pembuatan metode baru untuk melibatkan karyawan. Intervensi ini terdiri dari dua aspek, yaitu:

  • Desain kerja dan pekerjaan, seperti kebijakan 4 hari kerja dan outsourcing.
  • Guna dan dampak sosial organisasi, seperti kesehatan mental dan program perlindungan lingkungan.

2.    Intervensi aspek Human Resource Management

Ranah perubahan dari tim Human Resources, berfokus pada program pengembangan dan dukungan bagi karyawan. Intervensi ini terdiri dari dua aspek, yaitu:

3.    Intervensi perubahan strategis

Fokus pada transformasi dan restrukturisasi untuk menyeragamkan organisasi terhadap perubahan di dalam dan luar lingkungan. Intervensi ini terdiri dari dua aspek, yaitu:

  • Transformasi bisnis, seperti transformasi digital.
  • Dampak bisnis dan kinerja, seperti pemberhentian produksi suatu produk.

4.    Intervensi proses humanis

Intervensi ini meliputi hubungan interpersonal dan dinamika kinerja kelompok. Penekanannya ada pada komunikasi dan peningkatan keterampilan untuk menyelesaikan masalah yang ada. Intervensi ini terdiri dari dua aspek, yaitu:

  • Pelatihan atau coaching, seperti pelatihan mandiri maupun dengan mentor.
  • Team building, seperti program bonding tim secara virtual.

Kembangkan Organisasi Anda dengan Kuncie Executive Human Capital Management!

Merencanakan program pengembangan organisasi bukanlah hal yang mudah, bahkan untuk ahlinya sekalipun. Itulah mengapa Kuncie bekerja sama dengan UGM untuk menyediakan program yang dapat membantu Anda membuat program pengembangan organisasi yang tepat sasaran di Kuncie Executive Human Capital!

Kuncie Executive Human Capital hadir menawarkan program dengan kurikulum yang disusun oleh akademisi dan praktisi ahli dari Universitas Gadjah Mada. Program ini terdiri dari rangkaian kelas yang akan mengupas tuntas aspek Human Capital Management.

Dengan mengikuti Program Human Capital Management dari Kuncie dan Universitas Gadjah Mada, Anda bisa mengantongi kemampuan untuk menyusun strategi aplikatif dalam mengelola, memperbaiki, dan mengembangkan, organisasi di perusahaan Anda

Program ini menawarkan pembelajaran komprehensif mengenai tren terbaru di bidang human capital, talent management, hingga kepemimpinan yang berkelanjutan (sustainability leadership).

Jadi, program ini cocok untuk Anda yang merupakan HR profesional level pemula, team leaders, serta manajer atau pun HR Executives.

Ayo daftarkan diri Anda di Program Human Capital dari Kuncie dan UGM!

Referensi:

https://online.maryville.edu/online-masters-degrees/management-and-leadership/resources/organizational-development-guide/
https://www.td.org/talent-development-glossary-terms/what-is-organization-development
https://corporatefinanceinstitute.com/resources/management/organizational-development/ 
https://www.aihr.com/blog/organizational-development/
https://www.td.org/talent-development-glossary-terms/what-is-organization-development
https://whatfix.com/blog/organizational-development/
https://www.aihr.com/blog/organizational-development-examples/ 

Artikel Terkait

Komentar