Manfaat, Tujuan, dan Pentingnya Pengembangan Karier

Pengembangan karir adalah hal yang sudah pasti diidam-idamkan oleh seorang karyawan. Bagaimana tidak, pengembangan karir tidak hanya memberikan jabatan yang lebih tinggi, namun juga biasanya dibarengi dengan benefit yang lebih baik.

Tapi, sudah tahu kah kamu bahwa manfaat pengembangan karir akan menguntungkan karyawan dan juga perusahaan secara bersamaan? Yuk simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui manfaat, tujuan, hingga pentingnya pengembangan karir!

Apa itu Pengembangan Karir?

Sebenarnya, apa sih yang dimaksud dengan pengembangan karir? Pengembangan karir adalah proses peningkatan kemampuan kerja seseorang yang tujuan utamanya adalah untuk mencapai karir yang diinginkan individu tersebut. Ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan guna mencapai pengembangan karir, salah satunya adalah dengan mengikuti berbagai kegiatan kepegawaian yang dapat membantu merencanakan karir masa depan di tempat mereka bekerja.

Lalu, hal apa saja yang meliputi pengembangan karir? Pengembangan karir meliputi usaha atau proses pengembangan individu itu sendiri, peningkatan attitude, hingga peningkatan jabatan.

Manfaat Pengembangan Karir

Ada beberapa manfaat pengembangan karir, baik untuk karyawan maupun untuk perusahaan, yang sudah Kuncie rangkum. Yuk simak daftar manfaatnya di bawah ini!

1. Meningkatkan Motivasi dan Produktivitas Karyawan

Bukan rahasia bila seseorang akan termotivasi ketika diberikan peluang besar yang membawa keuntungan. Begitulah manfaat pengembangan karir yang pertama, terutama bila melihat dari sisi karyawannya. Karyawan yang melihat peluang karir lebih baik dengan benefit tambahan dari yang didapatkan saat ini, akan bersemangat untuk bekerja lebih giat.

2. Menurunkan Persentase Karyawan terkait Resign

Perusahaan yang menyediakan jenjang karir secara jelas dan transparan dapat meningkatkan tingkat kepercayaan karyawannya. Hal ini dikarenakan karyawan menilai bahwa perusahaan memberikannya kesempatan yang cukup luas untuk berkembang sehingga karyawan bersedia untuk bertahan cukup lama di perusahaan.

3. Menunjang Operasional Perusahaan

Operasional sebuah perusahaan sangat bergantung pada produktivitas karyawannya. Ketika karyawan termotivasi, produktivitas mereka akan meningkat. Pada akhirnya, produktivitas yang meningkat akan memberikan kontribusi besar terhadap perusahaan.

4. Menarik Kandidat Unggul

Salah satu pertimbangan utama seseorang ketika mencari pekerjaan adalah pengembangan karir. Ketika para pelamar melihat peluang pengembangan karir yang menjanjikan di suatu perusahaan, mereka tidak akan segan-segan untuk menerima penawaran kerja dari perusahaan tersebut.

5. Menciptakan Budaya Kerja Positif

Pengembangan karir menumbuhkan komunikasi yang baik antara perusahaan dengan karyawan. Jika komunikasi yang baik ini sudah terbangun, maka karyawan akan lebih nyaman untuk memberikan kontribusinya terhadap perusahaan.

Tujuan Pengembangan Karir

Pengembangan karir dilakukan untuk beberapa tujuan. Berikut adalah 6 tujuan pengembangan karir:

  1. Memberikan kepastian arah karir karyawan di perusahaan
  2. Meningkatkan daya tarik perusahaan di mata calon karyawan dengan kualitas yang baik
  3. Memudahkan manajemen dalam menyelenggarakan berbagai program pengembangan sumber daya manusia yang selaras dengan rencana pengembangan perusahaan
  4. Memudahkan administrasi kepegawaian, khususnya terkait promosi jabatan atau mutasi karyawan
  5. Menyesuaikan kebutuhan dan tujuan yang dimiliki oleh karyawan dengan kesempatan karir yang tersedia di perusahaan
  6. Networking untuk karyawan

Pentingnya Pengembangan Karir

Terakhir, yuk langsung kita bahas 10 daftar pentingnya pengembangan karir di bawah ini!

1. Memberikan Kesempatan Kerja yang Sama

Saat mempertimbangkan program pengembangan karir, ada kemungkinan pekerjaan dengan kesempatan yang sama karena program ini menentukan performa setiap orang berdasarkan kemampuan masing-masing. Setiap individu akan dinilai berdasarkan kriteria yang sama.

2. Meningkatkan Kualitas Kehidupan Kerja Karyawan

Pengembangan karir membantu karyawan mempelajari praktik kerja yang lebih baik, etika kerja, beserta dengan aspek kunci pekerjaan lainnya.

3. Meningkatkan Keterampilan Karyawan

Jika seorang karyawan berpartisipasi dalam program pengembangan karir, keterampilannya akan berkembang. Program-program ini bertujuan untuk meningkatkan berbagai aspek kehidupan karyawan yang memungkinkan karyawan bekerja dengan lebih baik.

4. Mengurangi Gesekan Karyawan

Program pengembangan karir membantu meningkatkan kepuasan karyawan dan sebagai hasilnya, mengurangi jumlah karyawan yang berencana untuk resign.

5. Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Dalam proses pengembangan karir, karyawan akan belajar lebih banyak tentang pekerjaan mereka dan mengembangkan keterampilan mereka. Hal ini akan membantu karyawan dalam time management secara efektif dan memastikan bahwa produktivitas karyawan meningkat dari waktu ke waktu.

6. Meningkatkan Keseluruhan Organisasi

Karyawan telah memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang operasional perusahaan yang berbeda sebagai hasil dari program pengembangan karir. Akibatnya, berbagi informasi dan etos kerja yang terbentuk dari proses tersebut akan cenderung memperkuat organisasi.

7. Strategi Pengurangan Biaya Organisasi

Strategi pengurangan biaya organisasi sangat berisiko bagi karyawan yang tidak siap untuk naik level. Jika perusahaan dihadapkan pada keadaan yang mengharuskan untuk mengurangi biaya operasionalnya, pekerjaan orang-orang dengan performa yang kurang baik akan terancam.

8. Inovasi Teknologi

Perubahan sering kali disebabkan oleh peningkatan dan kemajuan teknologi yang berkelanjutan. Beberapa orang sangat mengikuti perkembangan teknologi dan tertarik mempelajari serta mengimplementasikan teknologi terbaru, sementara yang lain menunjukkan penolakan yang ekstrem, yang tidak dapat diterima oleh organisasi.

9. Terhindar dari Perampingan

Karyawan yang secara konsisten mempelajari keterampilan baru dan perform dengan lebih baik cenderung tidak terpengaruh secara negatif ketika terjadi perampingan dalam sebuah perusahaan.

10. Delayering

Delayering adalah upaya perubahan organisasi di mana perusahaan memilih untuk mengklasifikasikan ulang pekerjaan dalam arti yang lebih luas. Flow pelaporan lama tetap ada untuk menjaga kendali manajemen, namun pekerjaan tertentu bisa saja dihilangkan atau dikurangi selama proses delayering berlangsung. Karyawan dengan performa yang lebih baik cenderung akan diutamakan dalam proses delayering.

Dukung Pengembangan Karir dengan Memperluas Networking

Memperluas networking dapat mendukung pengembangan karir kamu, lho! Hal ini dikarenakan networking memungkinkan kamu untuk mendapatkan informasi secara lebih luas dari rekanan. Kalau kamu mau memperluas networking tapi sambil belajar manajemen bisnis dalam waktu yang singkat, ikutan program Mini MBA General Management Certified by SBM ITB aja!

Mini MBA adalah sebuah program online fast track untuk mempelajari lebih dalam tentang manajemen bisnis dan berfokus pada pengembangan bisnis. Program ini merupakan program non-degree dengan materi kelas Master Business Administration (MBA) yang dipadatkan.

Penasaran? Pelajari lebih lanjut di sini!

Referensi:

https://www.linovhr.com/manfaat-pengembangan-karir/ https://blog.skillacademy.com/pengembangan-karir https://news.bsi.ac.id/2022/06/13/ini-pentingnya-networking-bagi-entrepreneur-muda/#:~:text=Networking%20sendiri%20dianggap%20penting%20dalam,awareness%2C%20menumbuhkan%20self%2Dconfidence.  https://www.openeducationportal.com/importance-of-career-development/ 

Artikel Terkait

Komentar