Tips & Trik Cara Menjadi Pemimpin Transformasional

May 5, 2023
Category: Business

Pemimpin transformasional makin marak dibahas. Pemimpin yang menerapkan gaya kepemimpinan baru yang revolusioner ini kerap diimplementasikan di startup yang menuntut produktivitas dan inovasi dalam situasi yang fast-paced dan banyak perubahan.

Tetapi, metode kepemimpinan ini cocok diimplementasikan dalam konteks bekerja apapun karena sifatnya yang dinamis dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi akan manfaat kepemimpinan transformasional, mari kita ulas definisi dan ciri-cirinya!

Definisi Kepemimpinan Transformasional

Kepemimpinan transformasional adalah suatu metode kepemimpinan yang mendorong dan mengilhami karyawan untuk turut berinovasi dan mengembangkan cara baru. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar baik perusahaan dan karyawan tumbuh dan meningkatkan kesempatan untuk meraih kesuksesan di masa depan.

Dengan menggunakan metode ini, level eksekutif memberikan kebebasan kepada karyawan terpercaya untuk membuat keputusan dan mendukung pendekatan baru untuk menyelesaikan masalah. Maka dari itu, perusahaan bisa mendapatkan solusi-solusi baru untuk berinovasi dan menyelesaikan masalah.

Definisi Pemimpin Transformasional

pemimpin transformasional
Sumber: Shutterstock

Secara garis besar, pemimpin transformasional adalah pemimpin yang dapat mengendalikan situasi dengan menyampaikan visi yang jelas tentang tujuan organisasi. Para pemimpin ini memiliki hasrat yang nyata untuk pekerjaan dan kemampuan untuk membuat anggota kelompok lainnya merasa termotivasi untuk meraih tujuan bersama.

Pemimpin transformasional sangat berbeda dengan pemimpin konservatif yang cenderung otoriter. Pemimpin transformasional berani untuk mengubah sistem dan proses bekerja agar semua anggota timnya dapat berkontribusi sesuai porsi dan dapat membuat dampak yang optimal.

Pentingnya Kepemimpinan Transformasional

Ada banyak macam gaya kepemimpinan yang bisa Anda terapkan. Beberapa gaya kepemimpinan mungkin bermanfaat bagi pemimpin individual atau bisa memunculkan hasil jangka pendek. Tapi, tidak semua gaya kepemimpinan bisa berkelanjutan dan bisa merawat tim yang Anda miliki.

Kepemimpinan transformasional mengilhami tindakan dan kebiasaan yang dirancang untuk membantu organisasi dalam jangka waktu yang lama. Pendekatan ini mulai populer karena dapat menjadi win-win solution, membantu pemimpin dan perusahaan sama-sama sukses mencapai target.

Maka dari itu, gaya kepemimpinan transformasional adalah salah satu gaya kepemimpinan yang bisa Anda terapkan agar proses bekerja tim Anda lebih berkelanjutan.

Komponen dalam Kepemimpinan Transformasional

1.     Stimulasi Intelektual

Pemimpin transformasional tidak hanya menantang status quo yang sudah ada, tapi juga memantik kreativitas dalam timnya. Pemimpin yang transformasional memancing timnya untuk eksplorasi dan mencoba hal baru untuk belajar.

2.     Pertimbangan Individual

Metode kepemimpinan ini memotivasi anggota tim sebagai individu yang berbeda-beda. Jalur komunikasi dirawat dan dijaga agar tetap terbuka agar tiap anggota berkesempatan untuk membagi pendapat dan belajar secara langsung.

3.     Motivasi yang Menginspirasi

Pemimpin transformasional memiliki visi jelas yang bisa mereka jelaskan ke anggota timnya. Tak hanya itu, ia juga bisa memotivasi anggota timnya untuk memanfaatkan keterampilan, semangat, dan skill mereka untuk mencapai visi tersebut.

4.     Pengaruh yang Ideal

Pemimpin transformasional adalah role model yang ideal untuk timnya. Maka dari itu, timnya cenderung termotivasi untuk menjadi seperti pemimpin tersebut, sehingga mengembangkan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan.

Karakteristik Kepemimpinan Transformasional

Ada beberapa karakteristik pemimpin terbaik agar kepemimpinan transformasional dapat diimplementasikan. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.     Merangkul perubahan

Pemimpin yang transformasional tidak takut menghadapi perubahan, bahkan merangkul perubahan. Ia tetap bisa menjadi pemimpin yang baik di tengah banyaknya tantangan bisnis di era masa kini.

2.     Kecerdasan emosional yang kuat

Pemimpin transformasional memiliki kecerdasan emosional yang kuat agar bisa mengakomodasi perubahan dan menjadi pemimpin yang mengayomi timnya. Dengan kecerdasan emosional yang baik, pemimpin tersebut bisa mengontrol emosinya di tengah masalah atau perubahan yang terjadi.

3.     Kemampuan beradaptasi yang tinggi

Dengan kemampuan adaptasi yang tinggi, pemimpin transformasional bisa mengakomodasi dan bertahan di tengah perubahan yang terjadi. Baik tantangan dalam bentuk proyek, struktur, tim, ataupun masalah yang akan muncul.

4.     Anggota tim yang menginspirasi

Pemimpin transformasional pasti merupakan anggota tim yang menginspirasi. Tak hanya itu, ia juga pasti bisa bekerja menjadi seseorang yang memotivasi semua anggota tim untuk bekerja bersama secara kondusif.

5.     Mendorong partisipasi dan komunikasi

Pemimpin transformasional tidak menutup ruang untuk ide ataupun gagasan dari timnya. Justru kebalikannya, ia mendorong semua anggota timnya untuk berpartisipasi dan berkomunikasi secara terbuka agar tiap-tiap anggotanya bisa tumbuh dan berkembang.

Keuntungan Kepemimpinan Transformasional

Pastinya keuntungan kepemimpinan transformasional adalah hal yang wajib diketahui, agar Anda tahu apa harapan dan target yang bisa dicapai dari penerapan kepemimpinan transformasional untuk tim Anda.

Simak keuntungan-keuntungan pengimplementasian kepemimpinan transformasional di bawah ini!

  1. Karyawan lebih bebas untuk bereksperimen dan menyarankan ide dan pendekatan baru, sehingga pendekatan pemimpinnya juga menjadi lebih ringan.
  2. Karyawan didorong untuk fokus pada apa yang baik bagi organisasi daripada kepentingan diri mereka sendiri.
  3. Lebih banyak ide dan pendekatan baru datang dari orang-orang yang mengeksekusi pekerjaan, berurusan langsung dengan customer, dan menyelesaikan kendala produksi.
  4. Karyawan memiliki minat pribadi terhadap tujuan organisasi, yang berujung pada komitmen dan upaya yang lebih besar di tempat kerja.
  5. Efektif menyatukan organisasi untuk mencapai tujuan bersama.

Tips Menjadi Pemimpin Transformasional

Ingin menjadi pemimpin transformasional? Simak tips-tips berikut ini agar Anda sukses mengimplementasikan kepemimpinan transformasional untuk tim Anda!

1.     Memiliki Visi yang Hebat

Hal pertama yang harus Anda miliki adalah visi yang dibagi dengan semua anggota tim Anda. Visi yang hebat bukan hanya mimpi yang berdampak bagi orang banyak, tapi juga dipahami luar dalamnya oleh tim Anda.

2.     Buat Misi yang Akan Dicapai

Tak hanya visi, Anda perlu membuat misi yang ingin Anda capai bersama tim Anda. Dengan membuat keduanya, Anda bisa merencanakan strategi yang lebih nyata dan holistik.

3.     Bangun Tim yang Kuat

Anda bisa membangun tim yang kuat dengan beberapa strategi berbeda. Anda bisa merekrut talenta-talenta dengan sudut pandang yang sama atau justru beragam, dengan tujuan masing-masing.

4.     Pikirkan Solusi Bersama Tim

Ketika menghadapi masalah ketika bekerja, pastikan Anda mencari solusinya bersama-sama dengan tim Anda. Hal ini tak hanya agar Anda mendapatkan solusi yang tepat guna, tapi juga agar tim Anda dapat berkembang seiring kemajuan perusahaan.

5.     Menuliskan Rencana yang Konkret

Rencana yang konkret membantu Anda dan tim bekerja dengan lebih baik, dan ini adalah salah satu faktor penting sebagai seorang pemimpin transformasional.

6.     Ingat Tim yang Anda Miliki

Terkadang, pemimpin yang cenderung melakukan segalanya sendiri kerap lupa bahwa ia memiliki anggota tim yang mumpuni. Maka dari itu, Anda perlu mengingat bahwa Anda memiliki tim dan Anda bisa mendelegasikan pekerjaan Anda ke mereka.

7.     Rayakan Setiap Kemenangan dan Belajar dari Kegagalan

Jangan terpaku ke kegagalan. Evaluasi apa yang terjadi dan pelajari apa yang seharusnya bisa dilakukan. Dan, ketika Anda dan tim Anda sukses, rayakan dengan tepat sebagai bentuk apresiasi bagi sesama anggota tim dan diri sendiri.

Contoh Figur Pemimpin Transformasional

Setelah mengenali definisi, ciri, dan tips untuk menjadi pemimpin transformasional, mari kita ulas sosok-sosok pemimpin transformasional yang patut Anda jadikan contoh!

1.     Steve Jobs

Steve Jobs tidak hanya menjadi contoh pemimpin transformasional yang baik, tapi ia juga berhasil mengembangkan Apple menjadi salah satu pemain utama di industri teknologi.

2.     Satya Nadella

Sebagai CEO Microsoft saat ini, Satya Nadella telah berhasil mengadaptasi sistem cloud untuk mengembangkan platform-platform Microsoft dan layanan komputasinya.

3.     Henry Ford

Pencetus perusahaan Ford Motors ini tak hanya merupakan seorang industrialis asal Amerika, ia juga merupakan pengembang assembly line untuk produksi massal. Selain Ford Motors, ia juga berhasil membangun lebih dari 5 organisasi lainnya dengan nama Ford.

4.     Whitney Wolfe Herd

Pencetus aplikasi kencan Bumble dan Co-Founder Tinder ini memulai bisnisnya dari sebuah kekecewaan. Namun, ia berhasil menggalang tim yang memahami concern-nya dan membangun dua perusahaan terbesar di sektor kencan digital modern.

5.     Reed Hastings

Co-Founder, chairman, dan mantan CEO Netflix ini adalah salah satu orang yang berjasa menghadirkan masa keemasan Netflix setelah sempat hampir gagal. Ia berhasil mengubah gaya bisnis Netflix yang tadinya menyediakan layanan sewa DVD menjadi aplikasi penyedia entertainment dalam bentuk video streaming.

Ayo #MemulaiPerubahan dan Jadi Pemimpin Transformasional!

Ketika kita dihadapkan dengan situasi yang tidak dapat diubah, kita ditantang untuk mengubah diri kita sendiri. Dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, keterampilan kepemimpinan yang adaptif menjadi kunci kesuksesan.

Seperti kelima pemimpin di atas, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan diri menghadapi tantangan perubahan, baik dari diri sendiri ataupun sistem yang Anda terapkan untuk orang lain.

Maka dari itu, ayo ambil langkah pertamamu untuk #MemulaiPerubahan dan jadi pemimpin yang inspiratif! Mari mulai langkahmu untuk menjadi pemimpin transformasional bersama Kuncie Executive!

Referensi:

https://www.techtarget.com/searchcio/definition/transformational-leadership
https://www.verywellmind.com/what-is-transformational-leadership-2795313
https://koinworks.com/blog/pemimpin-transformasional-elon-musk/

Artikel Terkait

Komentar