Cara Mudah Membuat Halaman Berbeda pada File Microsoft Word

‘Skripsi’ merupakan kata yang familiar bagi siapa pun yang menempuh pendidikan sekolah tinggi. Skripsi adalah karangan ilmiah yang wajib ditulis oleh mahasiswa sebagai bagian dari persyaratan akhir pendidikan akademisi.

Penulisan skripsi mempunyai aturan tertentu. Salah satu dari peraturan itu adalah nomor halaman. Ada halaman yang harus diberi nomor romawi dan ada yang harus diberi nomor angka. Aturan ini wajib untuk ditaati dalam pembuatan skripsi.

Perbedaan penomoran pada halaman skripsi kadang cukup membingungkan. Meskipun di Microsoft Word (Ms. Word) penomoran halaman yang berbeda bisa dilakukan secara otomatis, masih ada mahasiswa yang belum mengetahui caranya.

Alih-alih membuat penomoran halaman secara otomatis di Microsoft Word, mahasiswa yang tidak tahu caranya malah membuatnya secara manual. Pembuatan nomor halaman secara manual bisa membuat nomor halaman acak-acakan atau tidak rapi. Maka dari itu, mahasiswa harus mengetahui cara membuat nomor halaman secara otomatis.

Apakah kamu seorang mahasiswa yang tengah kesulitan membuat penomoran halaman berbeda dalam skripsi? Jika iya, simaklah artikel ini dengan seksama, karena kami akan menjelaskannya secara detail!

Cara Membuat Nomor Halaman di Microsoft Word

Sebelum mengetahui cara untuk membuat halaman berbeda pada Microsoft Word, mari kita pelajari terlebih dahulu cara dasar untuk membuat halaman sebagai berikut:

Cara Membuat Halaman
Cara Membuat Halaman

1.      Klik Insert

Siapkan dokumen yang ingin kamu beri nomor halaman. Lalu, arahkan kursor ke menu bar. Selanjutnya, klik ‘Insert.’ Kamu akan melihat menu ‘Page Number’ di samping ‘Header’ dan ‘Footer.’

2.    Klik Page Number

Klik ‘Page Number’ dan pilih posisi nomor halaman yang kamu mau atau yang sesuai dengan aturan penulisan dokumen/skripsi.

3.    Pilih Posisi

Pada Microsoft. Word, terdapat beberapa pilihan posisi nomor halaman, yaitu Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position.

4.    Klik Posisi yang Diinginkan

Setelah menentukan posisi nomor halaman, klik posisi tersebut. Setelah itu, nomor halaman akan muncul secara otomatis.

5.    Format Nomor Halaman

Pada Microsoft. Word, jika kamu tidak mengatur format nomor halaman, maka yang akan ditampilkan adalah berupa angka (1, 2, 3, dst). Maka dari itu, jika kamu ingin mengubah format nomor berupa romawi, saat memilih ‘Page Number,’ sebelum mengklik posisi, klik ‘Format Page Numbers’ terlebih dahulu.

Baca Juga: Daftar Shortcuts di Microsoft Word yang Sering Digunakan

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Microsoft Word

Setelah memahami cara dasar membuat halaman di Microsoft. Word, kini kamu bisa mempelajari cara membuat nomor halaman berbeda Perhatikanlah dengan seksama, ya!

1.      Pilih Halaman

Buka dokumen Microsoft Word yang nomor halamannya ingin kamu atur. Lalu, pilih halaman yang akan diberi nomor halaman dengan format berbeda.

2.     Pilih Posisi

Klik ‘Insert’ dan ‘Page Number.’ Lalu, pilih posisi nomor halaman yang kamu mau, antara Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position.

3.    Pilih Format

Pada menu ‘Page Number,’ klik ‘Format Page Numbers’ dan pilih format nomor halaman sesuai dengan aturan dokumen. Lalu, masukkan angka di kolom ‘Start at’ dan klik ‘OK.’

4.    Klik Page Break

Setelah memilih format, nomor halaman akan muncul secara otomatis. Letakkan kursor di antara halaman yang akan dibedakan nomor halamannya. Lalu, pilih menu ‘Layout’ dan klik ‘Page Break.’

5.     Klik Next Page

Klik ‘Next Page’ dan klik nomor halaman sebanyak dua kali. Lalu, buat format nomor halaman yang berbeda dengan mengklik ‘Format Page Numbers’ seperti di langkah sebelumnya. Maka, kamu sudah berhasil membuat nomor halaman yang berbeda dalam satu dokumen Microsoft. Word.

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda dengan Angka dan Romawi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam dokumen tertentu seperti skripsi, membutuhkan kombinasi penomoran angka dan romawi. Berikut cara membuat nomor halaman berbeda dengan angka dan romawi.

  1. Buka Dokumen

Buka dokumen yang akan kamu edit di Microsoft. Word. Arahkan kursor ke bagian paling bawah halaman pertama atau halaman cover dokumen.

2.    Pilih Menu Bar

Klik menu ‘Layout’ dan pilih opsi ‘Breaks.’ Lalu, klik menu ‘Next Page.’

Klik dua kali pada ‘Header’ atau ‘Footer’ pada halaman tersebut. Maka, akan muncul menu ‘Header & Footer.’ Klik ‘Link to Previous’ yang ada pada sub menu ‘Navigation.’

4.    Pilih Posisi

Klik ‘Insert’ dan ‘Page Number.’ Lalu, pilih posisi nomor halaman yang kamu mau, antara Top of Page, Bottom of Page, Page Margins, dan Current Position.

5.    Pilih Format

Klik ‘Format Page Number’ dan pilih angka romawi. Lalu, klik ‘Start at (i),’ maka seluruh halaman akan memiliki nomor romawi.

6.    Pilih Menu Layout

Untuk menambahkan format angka pada nomor halaman, kamu harus memulai langkah awal. Arahkan kursor pada awal halaman. Pilih menu ‘Layout,’ lalu klik ‘Breaks’ dan ‘Next Page.’

Klik dua kali di bagian atas atau bawah halaman untuk memunculkan menu ‘Header & Footer.’ Pilih ‘Page Number’ dan ‘Format Number,’ lalu pilih angka. Atur halaman pertama di menu ‘Start at.’ Klik ‘OK,’ maka dokumen yang kamu punya sekarang mempunyai nomor halaman berupa angka dan romawi.

Pilihan Posisi Nomor Halaman

Berikut penjelasan dari tiap pilihan posisi nomor halaman di Microsoft.Word.

  1. Top of Page: Posisi nomor halaman berada di bagian atas dokumen.
  2. Bottom of Page: Posisi nomor halaman berada di bagian bawah dokumen.
  3. Page Margin: Posisi nomor halaman berada di dalam margin kiri.
  4. Current Position: Posisi nomor halaman sesuai dengan keinginan penulis.

Nah, demikianlah penjelasan tentang cara membuat nomor halaman yang berbeda pada suatu dokumen di Microsoft Word. Microsoft Word tidak hanya harus dikuasai oleh mahasiswa, namun juga pelajar dan pekerja. Hal ini karena software ini dipakai di sekolah dan di kantor.

Belajar Microsoft Office Word dan Dapatkan Sertifikatnya

Jika kamu belum ahli dalam mengoperasikan Microsoft Word, kamu bisa berlatih sendiri dari buku atau internet. Akan tetapi, lebih baik jika kamu belajar sambil dibimbing oleh seorang ahli. Dengan bimbingan ahli, kamu bisa belajar secara lebih efektif.

Kabar baiknya, kamu bisa mempelajari Microsoft Word dengan bimbingan ahli dengan mengikuti program sertifikasi Microsoft Word di Kuncie. Di program ini, kamu tidak hanya belajar teori, namun juga praktik dan latihan menjawab soal sertifikasi.

Dengan adanya sertifikasi, kamu akan mempunyai nilai lebih di mata recruiter. Mereka akan lebih percaya bahwa kamu menguasai Microsoft Word, jika kamu mempunyai sertifikasi. Maka dari itu, sertifikasi menjadi hal yang sangat penting.

Di program sertifikasi Microsoft Word di Kuncie, kamu akan mendapat materi pembelajaran berupa video. Kamu bisa memilih paket bundling dengan sertifikasi atau video pembelajaran saja. Sertifikasi tersebut pun resmi dari Microsoft.

Dalam program sertifikasi Microsoft Word, Kuncie bekerja sama dengan MyEduSolve. Maka dari itu, kualitas materi dan mentor sudah tidak diragukan lagi. Selain Microsoft Word, terdapat pula Microsoft Excel dan Microsoft PowerPoint untuk semakin melengkapi skill-mu. Nah, tunggu apa lagi? Ayo, daftarkan dirimu sekarang!

Artikel Terkait

Komentar