Jenis-Jenis Sertifikasi Komputer bagi Pelamar Kerja

Dalam dunia kerja saat ini, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan semakin ketat. Kamu harus pintar dalam menunjukkan kelebihan serta kemampuan dirimu yang bisa membuatmu semakin ditengok oleh HRD atau rekruter.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan peluang diterima bekerja, salah satu caranya adalah kamu perlu memperhatikan sertifikasi komputer yang dimiliki. Sertifikasi komputer dapat menunjukkan kemampuan dan kualifikasi seseorang dalam bidang teknologi informasi (TI), yang menjadi bidang penting dalam hampir semua bidang pekerjaan.

Yuk, simak hal-hal yang diperlukan untuk melamar kerja hingga jenis sertifikasi komputer yang bisa kamu ambil!

Beberapa Hal yang Diperlukan untuk Melamar Kerja

Sebelum melamar kerja, kamu harus mengetahui dulu syarat-syarat dokumen yang dibutuhkan. Syarat administratif ini merupakan hal yang penting dan bisa kamu siapkan sejak awal. Beberapa hal yang kamu perlukan untuk melamar kerja adalah berikut ini:

  • Surat lamaran kerja atau cover letter
  • CV (Curriculum Vitae) atau portofolio yang menunjukkan pengalaman profesional serta sampel pekerjaanmu
  • Fotokopi dari ijazah dan transkrip nilai terakhir
  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga)
  • Pasfoto yang sesuai dengan syarat lamaran kerja, umumnya berukuran 2×3 atau 3×4
  • SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang bisa diurus di Polres setempat
  • Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas, klinik, atau rumah sakit
  • Surat Keterangan Pengalaman Kerja
  • Sertifikat yang berguna & relevan untuk melamar kerja

Contoh Sertifikat Komputer yang Berguna untuk Melamar Kerja

Sertifikasi komputer menjadi salah satu jenis sertifikat yang penting dan berguna untuk digunakan dalam melamar kerja. Pasalnya, kemampuan komputer seseorang pasti dibutuhkan di banyak bidang pekerjaan.

Sertifikasi komputer memiliki jenis yang banyak, sehingga kamu bisa mengikuti semua atau beberapa saja yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar. Beberapa contoh sertifikasi komputer yang berguna untuk melamar kerja adalah sebagai berikut:

1.    Microsoft Office Specialist

Sertifikat ini membuktikan bahwa pemegangnya memiliki kemampuan dalam penggunaan Microsoft Office, seperti Excel, Word, PowerPoint, dan lainnya. Sebagai software yang sering digunakan dalam pekerjaan, Microsoft Office tentunya menjadi hal yang penting untuk dikuasai.

Dengan memiliki sertifikat Microsoft Office, kamu tentunya bisa membuktikan kemampuanmu dalam mengoperasikannya.

CTA Sertifikasi Excel
Daftar Kelasnya dengan Klik Di Sini!

2.    Adobe Certified Association (ACA)

Bagi seorang desainer, sertifikat komputer untuk perangkat desain tentunya akan bermanfaat. Sertifikat Adobe Certified Association (ACA)  menguji kemampuan seseorang dalam mengoperasikan software Adobe, seperti Photoshop, Illustrator, dan InDesign.

3.    Microsoft Certified Professional Developer (MCPD)

Sertifikasi komputer yang satu ini sangatlah berguna untuk kamu yang ingin melamar kerja di bagian pengembangan produk (developer). Dengan memiliki sertifikat Microsoft Certified Professional Developer (MCPD), maka membuktikan kemampuan seseorang dalam mengembangkan aplikasi dengan menggunakan teknologi Microsoft.

4.    Google Certified Professional Cloud Architect

Sertifikat ini menguji kemampuan seseorang dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara aplikasi cloud di Google Cloud Platform. Jika kamu ingin berkarier atau melamar kerja menjadi developer atau pada bagian backend, sebaiknya ambillah sertifikasi komputer yang satu ini juga, ya!

5.    Microsoft Technology Associate (MTA)

Sertifikasi komputer ini juga bermanfaat bagi pelamar kerja untuk bagian IT. Pasalnya, sertifikat ini menguji kemampuan seseorang dalam dasar-dasar teknologi informasi, seperti jaringan, keamanan, dan sistem operasi.

6.    C/C++ Certifications

Jika kamu tertarik untuk melamar kerja pada bidang programming, data analis, data scientist, atau yang berhubungan dengan suatu program dan data, maka sertifikat komputer ini sangat bermanfaat untukmu. Sertifikat ini menguji kemampuan seseorang dalam pemrograman menggunakan bahasa C/C++.

7.    Certified Secure – Software Lifecycle Professional

Sertifikat ini membuktikan kemampuan seseorang dalam mengembangkan software yang aman dan terjamin keamanannya. Dengan memiliki sertifikat komputer ini, kamu bisa lebih menjual kemampuanmu dalam bidang software development.

8.    Cloudera Certified Developer for Apache – Hadoop (CCDH)

Dalam bidang data, terdapat banyak program software yang bisa digunakan, salah satunya Hadoop. Jika kualifikasi lamaran kerja yang kamu tuju membutuhkan kemampuan dalam bidang tersebut, kamu bisa mengambil sertifikasi komputer ini. Sertifikat ini membuktikan kemampuan seseorang dalam pengembangan aplikasi big data menggunakan Hadoop.

9.    Oracle Certified Java Certifications (OCP, OCM and OCE)

Kamu juga bisa mengambil sertifikasi komputer OCP, OCM and OCE untuk menguji kemampuanmu dalam pengembangan aplikasi menggunakan bahasa pemrograman Java.

10.                Google – Apps for Business Certified Deployment Specialists

Sertifikat ini menguji kemampuan seseorang dalam merancang, mengkonfigurasi, dan mengelola aplikasi Google Apps for Business, yang sering digunakan untuk pekerjaan yang berada di bidang teknologi.

Cara Memilih Sertifikat yang Berguna untuk Melamar Kerja

Kamu sudah mengenal berbagai contoh sertifikasi komputer yang bisa kamu ambil. Namun, bagaimana cara memilih sertifikasi komputer yang tepat untuk melamar pekerjaan? Yuk, simak caranya di bawah ini!

1.    Pilih sertifikasi yang diminta saat melamar pekerjaan

Sebelum memilih sertifikasi komputer yang ingin diambil, pelamar kerja perlu memperhatikan persyaratan pekerjaan yang dilamar. Beberapa pekerjaan mungkin meminta pelamar untuk memiliki sertifikasi tertentu sebelum diterima bekerja.

Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan persyaratan pekerjaan dan memilih sertifikasi yang diminta.

2.    Pilih sertifikasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar

Sertifikasi komputer tersedia dalam berbagai jenis dan tingkat kesulitan. Pelamar kerja perlu memilih sertifikasi yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dilamar. Misalnya, jika ingin melamar pekerjaan sebagai programmer, sertifikasi seperti Microsoft Certified Professional Developer (MCPD) atau Oracle Certified Java Certifications (OCP, OCM, and OCE) mungkin lebih relevan.

3.    Pilih sertifikasi yang menunjukkan kemampuan kamu

Sertifikasi komputer dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan seseorang dalam bidang IT. Karena itu, kamu perlu memilih sertifikasi yang dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki secara objektif kepada calon pemberi kerja.

4.    Pilih sertifikasi yang menunjukkan pencapaian dan prestasi kamu

Sertifikasi komputer juga dapat menunjukkan pencapaian dan prestasi seseorang dalam bidang IT. Jadi, pilihlah sertifikasi yang dapat menjadi bukti kredibilitasmu dan dapat membantu kamu untuk menjadi kandidat unggul.

Manfaat Memiliki Sertifikat yang Berguna untuk Melamar Kerja

Sertifikasi komputer dapat menjadi faktor penting dalam mencari pekerjaan di bidang IT. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kamu rasakan ketika memiliki sertifikasi komputer.

1.    Untuk membedakan kualifikasi antar kandidat pekerja

Sertifikasi komputer dapat membantu membedakan kualifikasi antara kandidat pekerja yang berlomba-lomba mendapatkan posisi yang sama. Dalam industri IT, sertifikasi komputer dapat menjadi faktor penting dalam menentukan apakah seorang kandidat memenuhi persyaratan minimum untuk posisi tersebut.

2.    Untuk menentukan job deskripsi masing-masing pekerja

Sertifikasi komputer juga dapat membantu menentukan deskripsi pekerjaan masing-masing pekerja. Dengan sertifikasi yang sesuai, perusahaan dapat menempatkan karyawan pada posisi yang tepat dan memastikan bahwa mereka memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk melakukan tugas mereka dengan efektif.

3.    Sebagai tolak ukur untuk menilai tingkat keahlian masing-masing pekerja

Sertifikasi komputer dapat menjadi tolak ukur untuk menilai tingkat keahlian masing-masing pekerja. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa seorang pekerja telah mempelajari dan memahami konsep dan praktik yang diperlukan untuk berhasil dalam posisi tertentu.

4.    Sertifikasi membuat seseorang lebih bernilai

Sertifikasi komputer dapat membuat seorang kandidat lebih bernilai di pasar tenaga kerja. Ini karena sertifikasi menunjukkan bahwa seorang pekerja memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk bekerja di industri IT.

Mulai Ambil Sertifikasi Microsoft Office di Kuncie!

Microsoft Office adalah salah satu software yang paling umum digunakan di seluruh dunia untuk keperluan bisnis dan pribadi. Oleh karena itu, memiliki sertifikasi Microsoft Office dapat menjadi keuntungan besar dalam mencari pekerjaan di hampir semua industri.

Kuncie menjadi tempat yang tepat untuk memulai perjalanan kamu dalam mendapatkan sertifikasi Microsoft Office. Kuncie menawarkan berbagai sertifikasi Microsoft Office, termasuk Microsoft Office Specialist (MOS) yang dapat menunjukkan kemampuanmu tingkat lanjut dalam penggunaan beragam program Microsoft Office.

Terdapat pula sertifikasi Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint yang disediakan secara terpisah. Pelatihan yang ditawarkan Kuncie tentunya komprehensif, intensif dan fleksibel. Sehingga kamu bisa mempelajari program Microsoft Office pada waktu yang sesuai dengan jadwalmu sendiri.

Dengan sertifikasi Microsoft Office dari Kuncie, tentunya akan meningkatkan peluang kamu untuk berhasil dalam melamar kerja. Yuk, segera mulai langkahmu upskill bersama Kuncie!

Referensi:

https://celotehdinihari.com/sertifikat-yang-berguna-untuk-melamar-kerja/
https://aliyhafiz.com/jenis-sertifikasi-it/
https://duta.co/jenis-jenis-sertifikasi-bidang-komputer
https://glints.com/id/lowongan/sertifikasi-it/#.ZBK383ZBxD8

Artikel Terkait

Komentar