Manfaat Big Data dan Analisis Data untuk Pembuatan Business Decision

May 26, 2023
Category: Business,Tech

Big Data kerap menjadi bahan diskusi dan topik pembicaraan, terutama di lingkup startup dan dunia profesional. Bahkan, muncul pepatah baru “Big Data is the new oil” sebagai representasi betapa pentingnya Big Data di perindustrian masa kini.

Namun, apa maksud dari Big Data itu sendiri? Mengapa Big Data dianggap sangat berharga? Dan, apa manfaat Big Data, serta manfaat analisis data tersebut untuk business decision? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Business Intelligence dan Peran Pentingnya untuk Perkembangan Perusahaan

Definisi Big Data & Analisis Data

Sebelum memahami makna dari analisis data, mari kita bahas definisi dari data, lalu makna dari Big Data. Data adalah kumpulan informasi/fakta yang terdiri dari angka, kata, atau simbol. Data bisa didapatkan melalui berbagai sumber, baik proses pencarian, riset, survei, atau pengamatan lainnya menggunakan pendekatan yang disesuaikan dengan sumber informasi.

Big Data adalah kumpulan grup-grup data dalam volume atau ukuran sangat besar, terdiri dari data terstruktur (structured), semi-terstruktur (semi-structured), dan tidak terstruktur (unstructured). Data-data ini dapat terus berkembang seiring waktu berjalan.

Analisis data dalam bisnis adalah suatu praktik menggunakan teknik, kompetensi, dan prosedur diaplikasikan untuk iterasi, eksplorasi, dan investigasi data bisnis terkini dan yang sudah lalu. Tujuannya tentu untuk mendapatkan insight bisnis yang bisa membantu Anda  mengambil keputusan yang tepat.

Pentingnya Analisis Data untuk Bisnis

Ini bukan pertama kalinya perusahaan atau bisnis mengambil keputusan berdasarkan data statistik. Lantas, apa perbedaannya?

Secara sederhana, analisis data menggunakan teknologi Big Data dan Machine Learning (ML) untuk menemukan pola dari data-data yang bisa saja tidak diindahkan. Pola ini membantu decision-makers membuat keputusan yang efektif dan mengoptimalkan proses pengembangan bisnis yang mendorong pertumbuhan perusahaan.

Pendekatan menggunakan Big Data, analisis data, dan Machine Learning mengubah proses pengambilan keputusan dari suatu proses yang lambah dan rumit menjadi proses yang lebih cepat dan tepat. Alhasil, kemajuan perusahaan dapat diraih lebih cepat.

Bagaimana Big Data Membantu Perkembangan Bisnis

big data analisis data
Sumber: Unsplash

Seperti yang sudah diulas, Big Data bisa memegang peran besar jika dimanfaatkan dengan tepat. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.     Pengoptimalan marketing funnel

Berkat insight yang dihadirkan, keputusan efektif yang diambil dapat menyempurnakan marketing funnel yang sudah ada.

2.     Penyederhanaan proses penjualan

Big Data bisa membantu Anda mengidentifikasi proses penjualan yang dapat ditingkatkan atau diotomatiasi. Alhasil, proses penjualan jadi lebih efektif dan sederhana.

3.     Peningkatan produktivitas

Pengambilan keputusan yang efektif berdampak langsung pada produktivitas di seluruh bisnis, karena memberikan fleksibilitas dan kelincahan untuk bergerak mengikuti laju pasar.

4.     Penyediaan agile pricing model

Agile pricing adalah sistem harga fleksibel yang menyesuaikan dengan permintaan dan kondisi pasar. Tanpa Big Data, sistem ini mudah dikorupsi. Namun, dengan adanya analisis Big Data, agile pricing bisa dilakukan dengan lebih efektif dan lebih aman.

5.     Identifikasi profil pelanggan optimal yang lebih baik

Data dan pola perilaku konsumen sangat berharga untuk memahami apa yang dicari pelanggan. Informasi ini membantu Anda membuat profil pelanggan yang lebih baik untuk meningkatkan strategi pemasaran.

Dampak Jika Perusahaan Tidak Menggunakan Big Data Analytics

Meski tidak terkesan penting, perusahaan Anda sangat membutuhkan Big Data Analytics untuk bisa mengikuti perkembangan pasar dan tetap memiliki daya saing. Selain itu, ada beberapa dampak lain yang akan terlihat di bisnis Anda jika tidak menggunakan Big Data Analytics, yaitu:

1. Ketidakmampuan mengoptimalkan proses pengambilan keputusan.

2. Hilangnya peluang bisnis.

3. Penggunaan sumber daya yang tidak efisien.

4. Risiko keamanan yang lebih tinggi.

Manfaatkan BI di Perusahaan Anda dengan Mengikuti Bootcamp Business Intelligence!

Pepatah “Big Data is the new oil” memang benar nyatanya. Dengan data yang dikumpulkan melalui sistem Business Intelligence, Anda bisa mengambil keputusan yang dapat membantu perusahaan Anda berkembang pesat! Untuk bisa mengimplementasikan Business Intelligence di perusahaan, mengikuti Kuncie Live MBA Business Intelligence by SBM ITB adalah salah satu solusinya!

Kuncie Live MBA Business Intelligence by SBM ITB adalah pelatihan intensif online yang dirancang untuk mendalami keterampilan dan pengetahuan tentang analisis data, pemodelan, dan penggunaan tools data analitik untuk pengambilan keputusan bisnis yang efektif dan strategis.

Bersama dengan Kuncie Live MBA Business Intelligence by SBM ITB, Anda akan belajar pengolahan data untuk mengidentifikasi tren, pembuatan report, serta visualisasi data bisnis yang dilakukan dengan software seperti Tableau, Power Query, dan Power BI.

Yuk, daftar Kuncie Live MBA Business Intelligence by SBM ITB sekarang!

Referensi:

https://www.forbes.com/sites/forbesbusinessdevelopmentcouncil/2022/08/29/using-big-data-and-data-analytics-for-better-business-decisions/?sh=66425b3c2777
https://www.bbva.ch/en/news/advantages-and-disadvantages-of-big-data/
https://technologymagazine.com/data-and-data-analytics/report-ignoring-data-can-have-consequences-businesses
https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-big-data/

Artikel Terkait

Komentar