Catat: Ini Daftar Pekerjaan yang Butuh Skill Excel

Siapa yang tidak kenal dengan aplikasi keluaran Microsoft Corporation bernama Microsoft Excel. Sedari di bangku sekolah dasar, aplikasi pengolahan angka atau yang biasa disebut spreadsheet ini sudah diperkenalkan.

Setiap dari kita pasti pernah menggunakan atau sekadar mempelajari Microsoft Excel. Namun, kemungkinan besar skill excel hanya digunakan untuk hal-hal dasar oleh kebanyakan orang. Padahal, Microsoft Excel dapat sangat menunjang pekerjaan dengan berbagai fasilitas yang disediakan seperti pengolah data tabel, rumus, grafik, database, dan lain sebagainya.

Selain karena fungsinya yang sangat kuat, ternyata skill excel sangat dibutuhkan di dunia kerja, lho! Yuk, langsung saja kita bahas lebih lanjut pentingnya skill excel di dunia kerja beserta daftar pekerjaan yang membutuhkan skill excel!

Pentingnya Skill Excel di Dunia Kerja

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, skill excel adalah keterampilan yang semakin diperhitungkan dalam dunia kerja. Bahkan tren yang ada sekarang, orang-orang dengan skill excel memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan posisi terbaik dengan gaji yang lebih baik pula.

Penyebab utama dari munculnya tren ini adalah karena Microsoft Excel mempercepat produktivitas dan memungkinkan pekerjaan menjadi lebih efisien. Terutama ketika berhadapan dengan sejumlah besar data dan perhitungan. Akurasi Microsoft Excel yang tinggi akan sangat membantu.

ilustrasi microsoft excel
Sumber: Unsplash

Daftar Pekerjaan yang Membutuhkan Skill Excel

Tertarik meningkatkan skill excel karena tergiur dengan prospeknya yang besar? Pertanyaan selanjutnya adalah pekerjaan apa saja sih yang sangat membutuhkan skill excel? Simak 14 daftar pekerjaan yang membutuhkan skill excel di bawah ini!

1. Financial Analyst

Seorang Financial Analyst diharapkan untuk menguasai Microsoft Excel di luar kepala. Hal ini dikarenakan pekerjaan yang mereka lakukan sangat lah krusial, berhubungan dengan keuangan.

Mereka diharapkan dapat membuat kesimpulan dan rekomendasi berdasarkan data keuangan. Meneliti, mengkonsolidasikan, dan menganalisis data numerik adalah bagian dari pekerjaan mereka untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat. Tentu saja akurasi Microsoft Excel yang sangat canggih akan sangat berperan di sini.

2. Financial Manager

Financial Manager bertugas untuk membuat laporan keuangan dan mengarahkan aktivitas investasi. Mereka mengembangkan rencana untuk tujuan keuangan jangka panjang.

Oleh karenanya, analisis data merupakan komponen vital dari seorang Financial Manager. Untuk mempermudah pekerjaannya, Financial Manager sering menggunakan Excel untuk membuat keputusan berbasis data yang kompleks. 

Seorang Financial Manager bekerja bersama dengan tim Financial Analyst-nya. Dengan begitu, Financial Manager dituntut untuk memiliki skill excel yang lebih tajam agar dapat memastikan akurasi data yang dilaporkan kepada mereka.

3. Retail Store Manager

Retail Store Manager memiliki tanggung jawab untuk memelihara dan menjalankan operasional harian toko. Memaksimalkan keuntungan dengan menganalisis tren konsumen dan penjualan, menyiapkan anggaran tahunan, dan menjadwalkan pengeluaran juga termasuk di dalamnya. Maka dari itu Microsoft Excel pasti dijadikan tools utama untuk mereka menjalankan tanggung jawab tersebut.

4. Asisten Administratif

Tugas harian dari seorang Asisten Administrasi adalah membuat pembukuan kecil, laporan, dan basis data klien. Selain itu, pekerjaan lainnya adalah mengatur sistem dokumen dan memelihara catatan komputer. Semua pekerjaan yang disebutkan sangat melibatkan Microsoft Excel.

Baca Juga: Manfaat Belajar Microsoft Excel yang Harus Kamu Tahu!

5. Manajer Logistik

Manajer logistik mengkoordinasikan aktivitas supply chain dalam produksi dan distribusi. Microsoft Excel biasa digunakan para Manajer Logistik untuk membantu melacak dan mengelola berbagai langkah proses penanganan material, membuat laporan inventaris, memprediksi perputaran stok, dan lain sebagainya.

6. Sales Manager

Sales Manager menggunakan Microsoft Excel sebagai salah satu dari banyak tools untuk mempermudah pekerjaannya. Salah satu fungsi Microsoft Excel dapat dilihat saat mereka memantau metriks penjualan dan mengelola seluruh proses penjualan.

7. Project Manager

Ada banyak daftar pekerjaan yang dilakukan oleh Project Manager. Mulai dari bekerja dengan pihak ketiga, mengalokasikan dan mengelola sumber daya, sampai membuat dokumen. 

Microsoft Excel akan sangat membantu dalam hal memvisualisasikan, merencanakan, dan memantau perkembangan dari suatu project.

8. Business Analyst

Business Analyst adalah seseorang dengan pekerjaan utama menganalisis organisasi atau bisnis, mendokumentasikan proses atau sistemnya, menilai kinerja bisnis, serta mengidentifikasi area dan solusi yang ditujukan untuk memaksimalkan nilai perusahaan. Tentu saja pekerjaannya sangat berkaitan dengan data. Itu lah mengapa skill excel masuk dalam kualifikasi wajib bagi orang-orang yang ingin menjadi Business Analyst.

9. Jurnalis Data

Dari title-nya saja, kita sudah dapat menilai pekerjaan utama Jurnalis Data Mereka adalah orang-orang yang pekerjaannya berkaitan dengan data dalam jumlah besar. Tugasnya adalah mengintegrasikan informasi yang kredibel ke dan menyajikannya dalam bentuk berita dan alat utama yang mereka gunakan untuk menganalisis data pada informasi yang diterima adalah Microsoft Excel.

10. Akuntan dan Auditor

Akuntan dalam pekerjaannya selalu melakukan perhitungan yang rumit, seperti tabel amortisasi, dan jadwal penyusutan. Sedangkan Auditor akan selalu memeriksa dan mengevaluasi catatan keuangan dan sistem pengendalian internal.

Dengan begitu, Microsoft Excel adalah alat yang ampuh untuk para profesional ini karena memungkinkan mereka menangani data dalam jumlah besar secara akurat. 

11. Market Research Analyst

Seorang Market Research Analyst setiap harinya berhadapan dengan banyak sekali jenis data. Bisa data penjualan, harga produk, dan lain sebagainya. Menggunakan Microsoft Excel untuk menganalisis data adalah kunci untuk mengubah semua data yang ada menjadi insight yang berguna.

12. Software Developer

Sebenarnya, Microsoft Excel bukanlah software utama yang sehari-hari digunakan oleh Software Developer. Namun, akan memiliki skill excel akan menjadi nilai tambah yang luar biasa. Selain itu, Microsoft Excel bisa memberikan kemudahan untuk Software Developer menyelesaikan pekerjaannya.

13. Quality Assurance Analyst

Sama halnya dengan Software Developer, Microsoft Excel bukanlah alat utama yang digunakan dalam pekerjaan seorang Quality Assurance Analyst. Namun, Quality Assurance Analyst yang mempunyai skill excel akan memiliki nilai tambah karena mampu menyelesaikan pekerjaannya secara lebih efisien dengan bantuan Microsoft Excel.

14. Ahli Statistik

Ahli statistik menggunakan skill excel yang dimiliki untuk secara signifikan meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerjanya. Salah satu kegunaan utama Microsoft adalah untuk memanipulasi dan memvisualisasikan data.

Tingkatkan Skill Excel di Kelas Microsoft Excel dari Kuncie x MyEduSolve

Selain 14 daftar pekerjaan di atas, sebenarnya masih banyak daftar pekerjaan lainnya yang membutuhkan skill excel. Bahkan, di perusahaan tertentu skill excel dasar menjadi hal yang diwajibkan untuk dimiliki setiap karyawannya.

Kabar gembiranya, sekarang sudah banyak kelas-kelas online yang menghadirkan materi Microsoft Excel yang bisa kamu ikuti. Salah satunya adalah kelas Microsoft Excel besutan Kuncie dan MyEduSolve.

Ayo daftar kelasnya dan tingkatkan skill excel untuk menunjang karier kamu! Informasi lebih lanjut bisa dilihat di halaman INI, ya!

Referensi:

https://www.investintech.com/resources/blog/archives/7410-7-ideal-jobs-for-excel-users.html
https://www.launchexcel.com/what-jobs-use-excel/

Artikel Terkait

Komentar