8 Daftar Platform Terbaik untuk Pelatihan SDM

April 30, 2023
Category: Business

Semua bisnis, sekecil apa pun, pasti memiliki tantangan dalam pengelolaan sumber daya manusia atau Human Capital. Ketika banyak usaha kecil belum dapat mendukung departemen sumber daya manusia, fungsi SDM masih merupakan bagian penting dari setiap bisnis. Jika Anda merupakan bagian dari suatu perusahaan besar, tentunya perusahaan Anda memiliki departemen HRD yang mengelola fungsi SDM.

Namun, pengetahuan SDM tidak hanya perlu dimiliki oleh anggota departemen Human Resource Development. Nyatanya, semua profesional butuh untuk mengetahui ilmu-ilmu SDM. Mengapa demikian? Simak penjelasannya di sini!

Pentingnya Pelatihan SDM untuk Para Profesional

pelatihan sdm
Sumber: Shutterstock

SDM dalam suatu perusahaan meliputi faktor seputar perekrutan, pengembangan karyawan, upah, evaluasi, jaringan regulasi hukum, dan peraturan. Ada banyak hal teknis yang perlu diketahui, sehingga talenta di dalam suatu perusahaan pun perlu mengetahui faktor-faktor tersebut agar bisa menjadi bagian yang kondusif dari suatu perusahaan.

Pentingnya pelatihan dalam manajemen sumber daya manusia bukan tanpa alasan. Terlebih, terdapat risiko besar yang bisa dihadapi perusahaan jika terdapat kelalaian dalam pengelolaan sumber daya manusia. Misalnya, penyelewengan peraturan perusahaan, seperti terlibat dalam praktik fraud, praktik diskriminatif, atau pelecehan di tempat kerja.

Jika tidak ada pengetahuan dalam menghadapi kondisi yang berhubungan dengan sumber daya manusia tersebut, perusahaan Anda bisa dirugikan. Misalnya, mengakibatkan denda, tuntutan hukum, dan publisitas negatif untuk perusahaan Anda.

Jenis-jenis Platform Pelatihan SDM untuk Para Profesional

Setelah memahami urgensi dari pelatihan SDM untuk para profesional, mari simak platform-platform yang menyediakan pelatihan SDM untuk para profesional

1.    Kuncie

Kuncie merupakan platform online belajar di bidang bisnis dan mentoring pengembangan keterampilan kerja bagi talenta-talenta di Indonesia dengan belajar langsung dari para praktisi dan ahli di bidangnya.

Kuncie terus menambah dan memperluas perpustakaan ilmu mereka dalam bentuk kursus online, video pembelajaran, serta live webinar dan mentoring dengan topik Bisnis, Marketing, Development, Keuangan, Photography, Design, dan berbagai topik lainnya.

Kini, Kuncie menawarkan program LeaderSolve Solutions, yaitu program pelatihan untuk para profesional di perusahaan. Program ini berfokus pada pengembangan keterampilan kepemimpinan pegawai perusahaan, khususnya tingkat eksekutif tingkat menengah hingga senior.

2.    LinkedIn Learning

LinkedIn Learning adalah penyedia pembelajaran online, menyediakan kursus video yang diajarkan oleh pakar industri di bidang keterampilan perangkat lunak, kreatif, dan bisnis. Linkedin Learning adalah anak perusahaan dari LinkedIn. Semua kursus di LinkedIn terbagi dalam empat kategori: Bisnis, Kreatif, Teknologi, dan Sertifikasi.

3.    Society for Human Resource Management

Society for Human Resource Management adalah asosiasi keanggotaan sumber daya manusia profesional. SHRM mempromosikan peran SDM sebagai sebuah profesi dan memberikan pendidikan, sertifikasi, dan jaringan bagi para anggotanya. SHRM juga aktif berkontribusi mengangkat isu-isu yang manajemen tenaga kerja pada tingkat negara.

4.    Udemy

Udemy adalah sebuah perusahaan teknologi pendidikan yang menyediakan platform pembelajaran online dalam berbagai bidang. Kumpulan kursus bisnis dan teknis di Udemy dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan perusahaan, pemerintah, dan organisasi nirlaba yang membutuhkan program pelatihan.

5.    Alison

ALISON adalah platform pendidikan online untuk level pendidikan tinggi, mengajarkan keterampilan di tempat kerja, dan mengeksplorasi minat baru. Alison menyediakan kursus sertifikat dan kursus diploma terakreditasi.

6.    Coursera

Coursera adalah penyedia kursus daring terbuka. Coursera bekerja dengan universitas dan organisasi lain untuk menawarkan kursus online, sertifikasi, dan gelar dalam berbagai mata pelajaran.

7.    Oxford Home Study (OHSC)

Oxford Home Study adalah penyedia kursus profesional dengan metode pembelajaran jarak jauh. Oxford Home Study tidak terafiliasi dengan Universitas Oxford. OHSC didirikan oleh tim profesional dengan pengalaman lebih dari sepuluh tahun dalam memberikan program studi berbasis rumahan atau remote learning.

8.    FutureLearn

FutureLearn adalah platform pelatihan online yang menyediakan program khusus untuk bisnis. Dari pengadaan workshop skala kecil,hingga pembelajaran dan pelatihan untuk ribuan karyawan.

5 Faktor Penting Sebelum Memilih Platform Pelatihan untuk Para Profesional

Setelah melihat berbagai opsi untuk mengadakan pelatihan di perusahaan, kini saatnya Anda memilih program pelatihan SDM yang tepat untuk karyawan Anda. Namun, apa saja poin pertimbangan yang perlu diperhitungkan ketika memilih?

Simak penjelasannya di bawah ini!

●     Dibawakan oleh Ahlinya

Pengetahuan yang dibawakan dan diajarkan oleh ahlinya pasti jauh lebih komprehensif, berintegritas, dan memiliki metode pembelajaran yang bisa dipertanggungjawabkan. Maka dari itu, salah satu yang harus dipertimbangkan ketika memilih program pelatihan untuk karyawan Anda adalah siapa dan kapabilitas apa yang dimiliki oleh mentor/narasumber kelas tersebut.

●     Materi Sesuai Visi, Misi, & Kebutuhan Perusahaan

Tidak semua rangkaian kelas yang beredar di Internet membahas topik secara lengkap, mendalam, dan terarah khusus dengan visi dan misi perusahaan Anda. Karena itu, Anda perlu memastikan memilih program yang dapat disusun dan dimodifikasi agar bisa memenuhi kebutuhan ilmu serta skill yang sejalan dengan goals perusahaan Anda.

●     Metode Pembelajaran Variatif

Karena Anda memilih platform pelatihan untuk para profesional, Anda harus mempertimbangkan kapabilitas mereka untuk menerima informasi serta fleksibilitas waktu mereka untuk belajar atau mendapatkan materi.

Dengan memilih program yang menyediakan metode pembelajaran yang bervariasi, Anda memberi kesempatan bagi karyawan untuk belajar dengan cara di waktu mereka masing-masing.

●     Menyediakan Nilai Tambah

Nilai tambah pasti membuat program lebih berharga dan menarik untuk diikuti. Salah satu contohnya adalah kesempatan untuk peer learning atau belajar dari rekan, serta adanya ikatan alumni yang kuat untuk networking setelah rangkaian kelas selesai.

●     Disertai Sertifikat

Sertifikat yang didapatkan ketika Anda menyelesaikan kelas bisa digunakan sebagai tanda sertifikasi yang dimasukkan ke dalam CV/Resume Anda dan karyawan Anda. Tentunya ini menjadi nilai tambah yang berharga bagi karyawan Anda.

Dapatkan Pelatihan SDM Terbaik dari Para Ahlinya di Kuncie!

Agar dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu mengembangkan kemampuan dan keahlian karyawan di bidang SDM, Anda harus memastikan bahwa pelatihan karyawan yang Anda pilih didesain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan para pegawai.

Tak hanya itu, Anda pun harus memastikan bahwa materi yang disampaikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan topik yang diperlukan untuk mendukung perkembangan perusahaan. Kini, LeaderSolve Solutions menawarkan solusi bagi Anda yang ingin mengadakan pelatihan karyawan.

Penyusunan materi dan program pembelajaran Kuncie dibangun bersama praktisi ahli dari universitas terkemuka di Indonesia, seperti SBM ITB dan UGM. Keseluruhan program ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan goals perusahaan Anda.

Salah satu program LeaderSolve Solutionsadalah Executive Human Capital yang disusun dari kolaborasi bersama Universitas Gadjah Mada. Tentunya, program ini dilengkapi dengan pembelajaran real-time bersama praktisi ahli, modul pembelajaran komprehensif, dan beragam studi kasus nyata yang relevan dengan kondisi industri masa kini.

Dengan program pelatihan bersama Kuncie, Anda bisa mengambil langkah pasti dalam menciptakan sumber daya manusia perusahaan yang siap untuk menjadi pemimpin yang efektif dan kompeten bagi keberlanjutan masa depan perusahaan.

Referensi:

https://smallbusiness.chron.com/importance-human-resource-training-2551.html
https://teambuilding.com/blog/hr-training-programs

Artikel Terkait

Komentar