Tantangan Terbesar yang Dihadapi dalam Human Resource 2023

May 13, 2023
Category: Business

Bekerja tentunya tidak akan luput dari yang namanya tantangan. Hal ini tak terkecuali bagi para profesional yang bekerja dalam bidang human resource. Di tahun 2023, human resource mau tak mau harus menghadapi sejumlah tantangan kompleks. Oleh karenanya, mereka harus berinovasi agar perusahaan dapat menciptakan tempat kerja yang lebih berkelanjutan dan memastikan perusahaan tetap kompetitif dan sukses di masa depan.

Lalu, apa yang perusahaan perlu lakukan dengan tantangan ini? Tentunya mempersiapkan tim human resource yang siap menghadapi tantangan.

Sebelumnya, mari kita bahas 20 daftar tantangan terbesar yang dihadapi perusahaan terkait human resource di tahun 2023 ini. Ayo disimak!

Tantangan Terbesar yang Dihadapi Human Resource Tahun 2023

1.    Memikirkan kembali value proposition karyawan

Dewasa ini, ekspektasi karyawan terhadap perusahaan telah berubah. Mereka masih tetap mengharapkan gaji yang kompetitif, tunjangan yang menarik, serta pelatihan dan pengembangan. Namun ekspektasi tersebut dibarengi dengan harapan akan value proposition holistik, seperti pertumbuhan karier, pengembangan keterampilan, rasa kepemilikan, keadilan, kepercayaan, tujuan, budaya yang mendukung, dan kesehatan.

Perusahaan, terutama tim human resource, perlu memikirkan kembali value proposition seperti apa yang dapat ditawarkan kepada calon karyawan. Mengingat kepercayaan karyawan yang seringkali goyah, human resource harus mengembangkan pendekatan holistik yang dapat menangani masalah karyawan dan menciptakan pengalaman kerja yang menyenangkan bagi karyawan.

2.    Melibatkan kembali tenaga kerja

Setelah pandemi COVID-19, banyak perusahaan mengalami penurunan produktivitas dan kehilangan tenaga kerja. Tantangan HR adalah bagaimana mengembalikan tenaga kerja yang hilang, memastikan bahwa mereka merasa nyaman dan aman saat kembali ke lingkungan kerja, serta menemukan cara untuk mempertahankan produktivitas yang lebih baik daripada sebelumnya.

Selain itu, kebijakan kerja jarak jauh juga meningkat selama pandemi COVID-19. HR harus dapat memperbaiki strategi perekrutan dan mempertahankan karyawan dengan membangun lingkungan kerja yang dapat mendorong partisipasi karyawan, seperti memberikan pelatihan dan dukungan teknologi.

3.    Menarik bakat ke perusahaan

Perusahaan akan menghadapi kesulitan dalam merekrut bakat terbaik di tahun 2023 karena persaingan yang kian ketat di pasar tenaga kerja. HR harus dapat membuat program perekrutan dan promosi yang menarik dan kreatif serta fokus pada keterampilan yang diperlukan perusahaan. HR juga perlu mempertahankan citra perusahaan yang positif di kalangan pencari kerja dan mengoptimalkan strategi digital dalam pencarian bakat potensial.

4.    Memperkuat hubungan manajer-karyawan

Hubungan yang baik antara manajer dan karyawan merupakan faktor kunci dalam keberhasilan perusahaan. HR harus menciptakan iklim di mana manajer merasa terhubung dengan karyawan dan terlibat dalam pengembangan mereka, serta dapat memberikan umpan balik yang konstruktif.

Human resource diharapkan dapat mengidentifikasi masalah dan kebutuhan karyawan dengan membangun keterampilan manajerial di antara para manajer. Melalui pelatihan dan pembinaan, manajer dapat memahami kebutuhan karyawan serta memperkuat hubungan dan komunikasi yang efektif. Dengan demikian, dapat meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan serta menciptakan lingkungan kerja yang produktif.

5.    Mempromosikan mobilitas bakat dan pengembangan keterampilan

Dalam lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat, mobilitas bakat dan pengembangan keterampilan menjadi penting untuk mempertahankan bakat dan memberikan nilai tambah bagi perusahaan. HR harus menyediakan kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan keterampilan mereka dan menawarkan jalur karier yang jelas. HR juga harus berkolaborasi dengan manajer dan karyawan untuk menciptakan rencana pengembangan keterampilan yang efektif.

6.    Mempertahankan bakat dengan pengalaman karyawan (employee experience) yang lebih baik

HR harus mempertahankan bakat dengan menciptakan pengalaman karyawan yang lebih baik dan terintegrasi di perusahaan. Hal ini termasuk memberikan pelatihan dan pengembangan yang tepat, meningkatkan kesejahteraan karyawan, menciptakan budaya yang inklusif, serta mengembangkan program penghargaan dan pengakuan yang relevan dan bermakna.

7.    Mendorong kemajuan karyawan dengan program DEIB

Tantangan HR selanjutnya di tahun 2023 adalah untuk mendorong kemajuan karyawan melalui program Diversity, Equity, Inclusion, and Belonging (DEIB). Human resource perlu menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan produktif dengan memperhatikan keanekaragaman dan inklusivitas melalui program DEIB.

Ini dapat dilakukan dengan menyediakan pelatihan dan pendidikan yang berkelanjutan, mempromosikan budaya kerja yang inklusif, serta memastikan kebijakan perusahaan mendukung keragaman.

8.    Mengelola ketidakpastian

HR di tahun 2023 perlu mengelola ketidakpastian, seperti perubahan teknologi dan regulasi yang berdampak pada perusahaan. Dalam menanganinya, HR perlu menciptakan rencana pengembangan karyawan yang berkelanjutan dan fleksibel, serta memperhatikan kebutuhan bisnis dan karyawan dalam situasi yang tidak pasti di masa depan, sehingga sistem pengelolaan karyawan bisa beradaptasi dengan lebih mudah.

9.    Berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan karyawan

Semakin hari, semakin banyak pula karyawan yang memprioritaskan kesejahteraan dirinya, seperti menjaga dengan baik work-life balance (keseimbangan kerja & kehidupan personal). Oleh karena itu, HR di tahun 2023 perlu berfokus pada kesehatan dan kesejahteraan karyawan untuk meningkatkan produktivitas dan mempertahankan talenta terbaik perusahaan.

Tim human resource bisa mulai dengan membangun program kesejahteraan karyawan, seperti melakukan survey karyawan tentang keadaan tim & diri mereka di tempat kerja, serta memastikan karyawan dapat mengakses layanan kesehatan yang diperlukan.

10.                    Bersandar pada dampak strategis HR sebagai pemimpin SDM

Sebagai pemimpin dan pengelola SDM (Sumber Daya Manusia), HR harus bisa memahami dampak strategis yang tentunya akan mempengaruhi kesejahteraan karyawan. Setiap keputusan yang diambil oleh HR untuk perusahaan akan memberikan dampak untuk karyawan pula.

Oleh karena itu, HR di tahun 2023 harus bersandar pada dampak strategis keputusan mereka dan memastikan bahwa manajemen memperhatikan perubahan yang diperlukan. Sebagai pemimpin SDM, penting bagi HR untuk memastikan keputusan tersebut mendukung tujuan bisnis organisasi & kesejahteraan karyawan.

11.                     Menarik talenta terbaik

Tantangan HR di tahun 2023 selanjutnya adalah untuk menarik talenta terbaik ke perusahaan. Tim human resource perlu menciptakan program rekrutmen dan retensi yang efektif, mempromosikan nilai-nilai perusahaan, dan memperhatikan keseimbangan antara kebutuhan bisnis dan kebutuhan karyawan.

Hal ini menjadi sebuah tantangan karena tingginya persaingan dalam bidang perekrutan karyawan. Banyak talenta bagus di luar sana, namun belum tentu banyak dari mereka yang cocok dengan nilai dan budaya perusahaan. Itulah mengapa menarik talenta terbaik menjadi salah satu tantangan bagi human resource di 2023.

12.                    Manajemen perubahan

Perubahan kerap terjadi di perusahaan, salah satunya dalam bagian kebutuhan organisasi yang menyesuaikan dengan perkembangan bisnis. Perubahan ini juga menjadi tantangan bagi human resource. HR perlu mengidentifikasi kebutuhan organisasi secara berkala dan terus-menerus karena perubahan di dunia bisnis terus terjadi dan mempengaruhi pula keadaan karyawan dalam menyikapi perubahan tersebut.

Penting bagi human resource untuk mampu menciptakan rencana pengembangan karyawan yang berkelanjutan dan fleksibel, serta mempromosikan budaya kerja yang kolaboratif dan inklusif bagi karyawan agar bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Tim human resource bisa menyusun manajemen perubahan untuk mempersiapkan karyawan dalam menghadapinya.

13.                    Reskilling dan upskilling

Selain mengelola ketidakpastian dan mengubah manajemen, tim human resource juga harus memikirkan hal apa lagi yang bisa dilakukan untuk menyiapkan karyawan untuk bisa menghadapi perubahan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan kemampuan karyawan agar sesuai dengan perubahan teknologi dan persyaratan bisnis yang baru.

Dalam upaya ini, tim human resource perlu membangun program reskilling dan upskilling yang efektif sehingga karyawan dapat beradaptasi dengan perubahan tersebut dan dapat memenuhi kebutuhan bisnis. HR harus terus memperbarui kurikulum pelatihan dan pengembangan agar selalu sesuai dengan kebutuhan bisnis dan menciptakan lingkungan belajar yang kontekstual, terintegrasi, dan berkelanjutan.

14.                    Membangun ketangkasan digital

Dalam menghadapi pesatnya perkembangan digital, human resource perlu mengidentifikasi keterampilan yang dibutuhkan oleh organisasi dan karyawan, mengimplementasikan teknologi digital yang tepat, dan membangun budaya inovasi dan kolaborasi yang mendukung pengembangan digital.

Hal ini memungkinkan untuk dilakukan dengan cara mengelola transisi digital dengan bijaksana, termasuk mengatasi kekhawatiran dan kecemasan yang mungkin dirasakan karyawan.

15.                    Mengelola keragaman

Tantangan lainnya bagi human resource di tahun 2023 adalah mengelola keragaman di tempat kerja. HR harus mengembangkan strategi yang mendorong inklusivitas, mempromosikan kesetaraan dan keadilan, serta membangun lingkungan kerja yang mendukung keberagaman.

HR juga harus memastikan kebijakan dan prosedur yang adil dan dapat diakses oleh semua karyawan, termasuk yang berasal dari kelompok minoritas.

16.                    Pengembangan kepemimpinan

Sebagai salah satu unit penting di sebuah perusahaan, pemimpin harus bisa terus berkembang. Tidak jarang pula mengembangkan kepemimpinan yang efektif menjadi tantangan yang besar untuk tim human resource.

HR harus memastikan bahwa para pemimpin memahami peran mereka dalam membantu organisasi mencapai tujuan, memotivasi dan menginspirasi karyawan, dan membangun budaya yang mendukung pertumbuhan dan inovasi. HR juga harus memastikan bahwa pemimpin diberikan pelatihan dan pengembangan yang tepat untuk membantu mereka menjadi lebih efektif dalam peran mereka.

17.                    Manajemen tenaga kerja jarak jauh

Setelah pandemi COVID-19, terdapat beberapa budaya kerja yang berubah, salah satunya adalah situasi kerja dari jarak jauh. Nah, tantangan human resource selanjutnya di tahun 2023 adalah mengelola tenaga kerja jarak jauh yang jumlahnya semakin banyak ini.

Human resource harus bisa memastikan bahwa karyawan yang bekerja dari jarak jauh mendapatkan dukungan yang dibutuhkan, termasuk akses ke teknologi dan komunikasi yang diperlukan, serta memastikan bahwa karyawan tetap merasa terhubung dengan perusahaan. Penting bagi human resource untuk membangun kebijakan & prosedur yang mendukung tenaga kerja jarak jauh, seperti waktu kerja yang fleksibel dan peralatan kerja yang memadai.

18.                    Pengalaman karyawan

Pengalaman karyawan menjadi faktor penting bagi perusahaan dalam mempertahankan karyawan yang berkualitas dan menciptakan budaya kerja yang positif. Tantangan human resource di tahun 2023 adalah memberikan pengalaman karyawan yang positif dan berkesan melalui penggunaan teknologi dan inovasi dalam manajemen SDM.

Pengalaman karyawan ini bisa mencakup aspek-aspek seperti onboarding, pengembangan keterampilan, kesehatan dan kesejahteraan, serta peluang karir. Dalam hal ini, HR perlu terus mengikuti tren dan perkembangan teknologi untuk memberikan pengalaman karyawan yang unggul dan terintegrasi dengan perusahaan.

19.                    Mengukur efektivitas SDM

Mengukur efektivitas SDM juga menjadi penting bagi HR di tahun 2023 untuk memastikan bahwa investasi dan upaya yang dilakukan dalam manajemen SDM dapat memberikan hasil yang signifikan bagi perusahaan.

Dalam hal ini, HR perlu mengembangkan dan menerapkan sistem pengukuran yang akurat dan terukur untuk mengevaluasi kinerja karyawan, produktivitas, keterlibatan, kepuasan, dan dampak dari kebijakan dan program human resource. Pengukuran efektivitas SDM juga dapat membantu HR dalam mengambil keputusan yang strategis dalam pengelolaan karyawan dan mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan dalam manajemen SDM.

20.                    Kompensasi dan keuntungan

Kompensasi dan keuntungan tidak luput menjadi bagian dari tantangan bagi HR di tahun 2023 dalam menarik dan mempertahankan bakat, serta memotivasi karyawan untuk mencapai tujuan perusahaan. Tantangan bagi human resource dalam hal ini adalah mampu atau tidaknya HR menawarkan paket kompensasi dan keuntungan yang kompetitif dan sejalan dengan tren industri, sambil mempertimbangkan kondisi pasar tenaga kerja dan situasi keuangan perusahaan.

HR perlu memperhatikan banyak aspek, seperti fleksibilitas kerja, keamanan finansial, kesehatan dan kesejahteraan, serta kesempatan pengembangan karir dalam menawarkan paket kompensasi dan keuntungan yang menarik. Selain itu, HR juga perlu mengembangkan strategi kompensasi dan keuntungan yang berkelanjutan dan sejalan dengan nilai dan tujuan perusahaan.

Kelas Human Capital untuk Menghadapi Tantangan Human Resource di Tahun 2023

Saat ini, perkembangan teknologi semakin pesat dan memberikan dampak besar pada berbagai bidang, termasuk di bidang sumber daya manusia atau human resource. Untuk menghadapi tantangan di tahun 2023, tim human resource perusahaan perlu mengembangkan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam mengelola sumber daya manusia yang semakin kompleks dan dinamis.

Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan tim human resource adalah dengan mengikuti kelas atau pelatihan yang berkaitan dengan sumber daya manusia. Perusahaanmu bisa mendaftar di program Human Capital Management Kuncie x Universitas Gadjah Mada. Program ini dirancang untuk memperluas wawasan mengenai strategi pengelolaan sumber daya manusia yang efektif dan efisien, termasuk di dalamnya menghadapi tantangan di masa depan. Yuk, daftar sekarang!

Referensi:

https://www.linkedin.com/pulse/hr-challenges-2023-gtreecg
https://www.betterworks.com/magazine/8-of-the-biggest-challenges-for-hr/
https://whatfix.com/blog/hr-challenges/

Artikel Terkait

Komentar